bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

7 Kesalahan Fatal Blogger Pemula 2021

driacom.com - Saat ini dunia blogging tidak hanya sebatas penyaluran hobi saja. Namun banyak juga yang menjadikan kegiatan menyenangkan ini sebagai bisnis untuk mendapatkan keuntungan bahkan penghasilan. Bahkan tidak sedikit orang yang sudah lama menekuni bidang blogging ini mendapatkan penghasilan utamanya dari blog yang mereka kelola.

Hal ini tentu saja membuat beberapa orang semakin tertarik untuk mencoba terjun di dunia blogging. Dan sangat berambisi untuk meraup pundi-pundi rupiah, namun pada kenyataannya tidak semudah itu, untuk bisa mendapatkan penghasilan itu butuh yang namanya proses.

Proses yang dibutuhkan tidak sebentar, butuh beberapa waktu agar bisa berkembang. Ibarat menanam pohon, untuk menghasilkan buah itu tidak cukup satu dua hari, namun butuh beberapa hari itupun harus selalu dirawat dengan baik.

Begitu juga dengan blog. Untuk mencapai kesuksesan, blog perlu dirawat untuk bisa berkembang. Untuk merawatnya pun harus benar-benar rajin dan tekun, jangan sampai melakukan kesalahan yang bisa menyebabkan blog Anda tidak berkembang bahkan bisa gagal. Perlu kalian ketahui bahwa cukup banyak kesalahan yang sama yang dilakukan oleh para blogger pendatang baru.

Oleh karena itu, disini saya akan menuliskan beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan Blogger Pemula.

7 Kesalahan Fatal Blogger Pemula 2021

Kesalahan blogger pemula

1. Berorientasi Pada Hasil (Uang)

Ini merupakan kesalahan yang paling sering saya temui, termasuk saya pun pernah mengalaminya. Tidak ada salahnya berharap mendapatkan penghasilan dari blog yang Anda kelola dan melihat blog para senior yang sudah sukses yang bisa menghasilkan uang ratusan ribu bahkan jutaan perbulan memang menjadi motivasi yang baik untuk diri sendiri agar lebih semangat.

Namun kalian juga harus menyadari bahwa semua itu tidak dapat dicapai dengan waktu yang singkat. Semua nya butuh proses, mereka yang saat ini sukses pun pernah mengalami kegagalan sampai akhirnya menemukan kesuksesan dengan cara mereka sendiri.

Jika Anda seorang blogger pemula yang sangat berambisi dan berorientasi pada uang, maka kemungkinan besar 3 hal ini akan terjadi pada diri Anda :

1.1 Tidak peduli dengan kualitas artikel

Karena dipikiran Anda dari awal hanya uang dan uang, maka kamu akan menyepelekan kualitas artikel. Akibatnya artikel yang anda buat tidak relevan dan kurang diminati oleh pengunjung. Dimana hal ini akan menyebabkan blog anda sepi pengunjung.

1.2 Melakukan Berbagai Cara Yang Menyimpang

Hal ini dilakukan agar bisa sesegera mungkin mendapatkan penghasilan (uang), bisa dengan melakukan kecurangan atau hal lain yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

1.3 Putus asa

Ketika Anda berorientasi pada uang dan berharap mendapatkan uang banyak, namun pada kenyataannya blog yang Anda kelola selama beberapa bulan hasilnya NOL BESAR alias tidak mendapatkan penghasilan tentu saja hal ini dapat membuat Anda kecewa dan putus asa. Dan mungkin Anda akan berhenti jadi seorang blogger.

2. Hanya berfokus pada Google Adsense

Sering kami temukan baik dari grup blogger ataupun forum blogger, ada beberapa blogger pendatang baru memberikan beberapa pertanyaan mengenai cara agar cepat diterima google adsense. Perlu Anda ketahui, Google Adsense hanyalah 1 dari banyaknya sumber penghasilan yang bisa anda dapatkan dari blog yang anda kelola. 

Ketika artikel yang anda buat baik dan berkualitas serta tidak melanggar aturan dan kebijakan yang dibuat oleh Google Adsense, pastinya pihak dari Google Adsense akan senang hati dan membuka pintu lebar-lebar untuk menerima blog kita sebagai mitra mereka (publisher). Jadi kunci nya jangan hanya berfokus pada adsense, tetapi fokuslah pada artikel yang Anda buat agar artikel anda berkualitas dan bermanfaat bagi yang membacanya.

3. Salah memilih niche blog

Pengertian singkatnya niche adalah sebuah tema atau topik yang akan Anda sajikan pada blog yang anda kelola. Banyak para pemula yang memulai membangun blognya dengan menulis sebuah niche yang bahkan tidak mereka sukai bahkan mereka tidak menguasai niche tersebut.

Kebanyakan mereka menulis tulisan tersebut karena semata-mata memiliki nilai CPC yang tinggi atau karena mendengarkan orang lain yang menyebut niche tersebut akan mengundang banyak pengunjung dan lebih mudah menghasilkan uang.

Padahal itu adalah langkah pertama yang salah jika anda seorang blogger pemula. Jika anda baru saja membangun sebuah blog, pilihlah niche yang Anda sukai dan anda kuasai. Sehingga jika niche tersebut mampu anda kuasai maka anda akan dengan mudah membuat artikel yang berkualitas.

Artikel yang baik dan berkualitas akan lebih mudah mendatangkan pengunjung dari google. Nah jika Anda merasa sudah benar-benar menguasai niche tersebut, barulah anda bisa melirik dan mempelajari niche yang lain agar blog Anda terus mengalami perkembangan.

4. Memilih desain blog yang tidak enak dipandang

Tujuan orang-orang berkunjung ke blog kalian untuk membaca artikel yang kalian tulis. Jadi buatlah tampilan blog yang menarik dan enak dipandang agar para pengunjung blog akan betah berlama-lama di blog kalian. Jauhi pemilihan warna yang kontras dan menyilaukan mata, serta kurangi penggunaan widget agar loading blog kalian ringan.

Jadi bagaimana contoh template atau tampilan blog yang enak dipandang? Untuk contohnya kalian bisa lihat tampilan di blog driacom.com ini, desain blog yang baik menurut saya sendiri memiliki kriteria seperti dibawah ini.

  • Tidak menempatkan iklan secara berlebihan.
  • Loading blog yang tergolong ringan dan cepat.
  • Paduan warna yang tidak menyilaukan mata.
  • Meminimalisir penggunaan widget (gunakan sesuai kebutuhan).
  • Pembuatan menu navigasi yang terarah yang dapat memudahkan para pengunjung.

5. Tidak mau belajar membuat artikel yang baik dan berkualitas

Apa yang disajikan oleh para blogger di blog mereka adalah sebuah konten, dan kebanyakan dari konten tersebut berupa tulisan artikel. Jadi jika anda tidak mau belajar menulis artikel yang baik dan berkualitas tentunya ini akan menjadi penghambat untuk perkembangan blog Anda.

Akibatnya jika anda malas dan tidak mau belajar menulis artikel dengan baik, hal yang dikhawatirkan ialah Anda akan menjadi tukang copas (copy paste) artikel orang lain. Tentu hal itu sangat tidak disarankan.

6. Kurang konsisten dalam pembuatan konten / artikel

Kesuksesan sebuah blog tercapai karena sikap konsisten pemilik nya. Karena sepintar apapun Anda dalam menulis sebuah artikel dan melakukan optimasi sebuah blog, hasilnya sama sekali tidak akan maksimal jika Anda tidak konsisten menekuninya.

Dengan konsisten, maka blog Anda akan mudah dikenal oleh para pengunjung bahkan dikenali oleh mesin pencari seperti google. Jika sudah seperti ini, maka akan mudah untuk Anda mengembangkan blog Anda. Begitu pula sebaliknya.

7. Mudah Menyerah

Nah jika kalian sudah melakukan kesalahan no 1-6, kemungkinan besar juga Anda melakukan kesalahan yang terakhir ini, yaitu mudah menyerah. Mengapa demikian? Karena jika sudah melakukan kesalahan di atas kemungkinan blog Anda tidak akan diterima oleh google adsense, tidak kunjung mendapatkan visitor, dan tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Hal itulah yang akan menyebabkan Anda putus asa dan mudah menyerah.

Oleh sebab itu, sikap pantang menyerah wajib anda tanamkan dalam diri Anda sebagai seorang blogger. Saya sendiri belum mendapatkan penghasilan dari blog yang saya kelola, namun saya yakin suatu saat saya bisa menuai hasil dari kerja keras yang saya lakukan selama ini.

Karena saya yakin usaha yang sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang luar biasa dan lebih dari ekspetasi yang kita bayangkan, itulah sugesti yang selalu saya tanamkan agar selalu menjadi motivasi saya untuk terus berkembang.

Nah, jadi itulah informasi singkat mengenai 7 Kesalahan Fatal Blogger Pemula yang sering dilakukan. Jadi buat anda yang baru terjun di dunia blogging, coba lihat diri anda apakah memiliki salah satu sifat di atas ini? Jika ya, pikir kembali apa tujuan awal kita membuat blog, agar tidak keluar jalur dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan.

Jika ada yang kalian ingin tambahkan atau koreksi, kalian bisa komentar di bawah ini yaa.. sekian semoga bermanfaat dan semangat selalu.

Related Posts

Related Posts

2 comments

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)