bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

10 Software Animasi 3D Yang Cocok Untuk Pemula

driacom.com - Pada zaman modern ini sudah banyak Software Animasi yang cocok untuk pemula. Baik software untuk animasi 3d maupun 2d. Namun perangkat lunak untuk desain 3D yang canggih ada yang gratis ada pula yang berbayar. Masing-masing dari software animasi 3D tersebut memiliki fitur yang berbeda-beda karena akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna. Bagi anda yang tertarik menggunakan software untuk membuat animasi 3D yang mudah perlu memilih software yang tepat.

Jangan khawatir, pada artikel kali ini saya akan menyajikan aplikasi pembuat animasi 3D terbaik untuk pemula yang cocok untuk dicoba. Simak penjelasan berikut ini.

10 Software Animasi 3D Yang Cocok Untuk Pemula

Software 3D

1. Blender

Blender merupakan aplikasi dari open source paling terkenal di dunia. Blender ini meskipun termasuk dalam software yang gratis, kualitasnya tidak kalah dengan software berbayar lainnya. Untuk seorang pemula ataupun sudah profesional sekalipun dimungkinkan untuk bisa membuat banyak konten yang beragam di blender ini.

2. Autodesk Maya

Autodesk Maya merupakan software yang disebut sebut aplikasi pembuat animasi 3D yang direkomendasikan. Kemunculannya sendiri sangat cocok untuk pemula. Didalamnya terdapat banyak fitur yang lengkap yang dapat membantu dan memudahkan Anda dalam membuat animasi 3D. Meskipun termasuk dalam kategori software yang berbayar, pemula masih bisa mendapatkannya secara gratis.

Bagaimana caranya? Anda bisa mendapatkan versi gratis melalui student version di program ini secara legal. Tak hanya itu, software ini telah laris digunakan oleh kalangan animator Hollywood. Tertarik untuk mencoba?

3. Autodesk 3Ds Max

Autodesk 3Ds Max ini sebenarnya adalah kakak dari Maya yang asalnya sama dari autodesk. Jika anda menyimak penjelasan software autodesk Maya tadi, penggunaan autodesk 3Ds Max ini ternyata lebih rumit dibandingkan autodesk Maya. Namun walaupun begitu, Aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk mode script di permainan. Sehingga anda juga dapat memanfaatkan software ini untuk membuat sebuah game.

4. Autodesk Mudbox

Software yang satu ini memiliki kegunaan yang beragam. Mulai dari modeling 3D, pahat, dan texturing. Sehingga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan anda untuk menghasilkan gambar animasi yang berkualitas sesuai dengan keinginan anda. Misalnya menciptakan karakter-karakter lucu dan menarik hasil dari imajinasi anda sendiri.

5. Zbrush

Kegunaan Zbrush sendiri hampir sama dengan autodesk Mudbox, yaitu untuk modeling 3D, pahat, dan texturing. Kualitas yang diberikan pun tidak kalah bagus dan cocok untuk memenuhi kebutuhan imajinasi anda. Ada banyak sekali fasilitas dan fitur yang lengkap yang bisa anda dapatkan dari software Zbrush ini. Sangat bisa diandalkan untuk semua kalangan termasuk Anda yang masih awam atau pemula dalam hal teknik pembuatan desain dan animasi.

6. Cinema 4D

Software yang satu ini paling direkomendasikan untuk seorang pemula. Mengapa demikian? Karena Cinema 4D ini tidak serumit aplikasi yang lainnya. Selain itu, anda tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi untuk dapat menggunakan software ini loh. Meskipun demikian kualitas hasilnya tidak jauh berbeda dengan software 3D terbaik yang lainnya. Percaya atau tidak, aplikasi ini memang cocok untuk para pemula.

7. 3D Slash

Apakah kalian pernah mendengar aplikasi 3D Slash ini? Yeah, aplikasi ini sangat populer dan mendapatkan banyak sekali pujian sebagai alat pemodelan animasi 3D termudah di pasaran. Bagaimana tidak, fitur interface (antarmuka) nya sangat unik. Anda akan menemukan seperangkat tools untuk dapat memulai berkarya membuat model dengan memotong kubus. Sangat menarik bukan?

8. Posser

Posser merupakan jenis perangkat lunak 3D yang dapat dimanfaatkan untuk membuat model karakter manusia. Hasil animasi yang dihasilkan pun sangat bagus dan lebih realistis dibandingkan aplikasi 3D yang lainnya.

Dari segi kemudahan fitur memang software yang satu ini tidak bisa diragukan lagi kehadirannya. Software ini menjadi salah satu yang paling layak untuk dicoba. Karena para pemula akan semakin dimudahkan dalam hal penggunaannya karena sangat praktis dan tidak rumit.

9. Bforartist

Aplikasi animasi 3D yang satu ini merupakan jawaban dari para pengguna aplikasi animasi 3 dimensi yang merasa kesulitan dalam hal pemanfaatan khususnya terkait user interface (antarmuka pengguna). Software ini mampu menjadi solusi yang praktis untuk para pemula yang bingung dengan banyaknya aplikasi.

Ada banyak alasan mengapa Bforartist mudah digunakan. Sebagai contohnya, di Bforartist mempunyai tema yang mudah dibaca sehingga mudah dimengerti. Hal ini dikarenakan sang pengembang sudah memilih dan menerapkan font baru yang bisa meningkatkan skema warna menjadi lebih kontras dan baik.

10. Carrara

Aplikasi terakhir pada daftar aplikasi 3D untuk pemula kali ini ialah Carrara. Carrara merupakan perangkat lunak keluaran dari DAZ 3D. Software yang satu ini dapat dikatakan berbeda dengan software 3D yang lainnya. Mengapa demikian? Karena software ini digunakan untuk membuat simulasi. Sebagai contoh simulasi bencana alam, simulasi kecelakaan, ledakan api dan lain sebagainya. Selain itu carrara juga mampu mengkomposisikan antara rekaman nyata dengan animasi simulasi loh, keren kan.

 

Itulah uraian informasi lengkap terkait 10 Software Animasi 3D Yang Cocok Untuk PemulaDari deskripsi singkat yang diberikan di atas, setidaknya Anda bisa mengetahui karakteristik masing-masing software, sehingga memudahkan Anda dalam memilih software yang tepat dalam memenuhi kebutuhan. Selamat mencoba.

1 komentar

1 komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)