bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Cara Agar Artikel Blog Terindex Google Dengan Cepat

Cara Agar Artikel Blog Terindex Google Dengan Cepat - Sebagai seorang blogger tentu menginginkan artikel yang dibuatnya bisa cepat Terindex sehingga bisa segera muncul di halaman pencarian Google, syukur-syukur muncul pada halaman pertama Google.

Namun bagi sebagian orang, mungkin mereka terkendala dengan masalah index artikel pada blog yang mereka kelola. Dengan demikian, tak jarang artikel yang mereka buat sulit untuk muncul di halaman pencarian Google. Sehingga kadang menyebabkan mereka putus asa dalam mengembangkan blog dengan baik.

Nah, dengan sedikit pengalaman yang telah dialami, kami ingin membagikan tips atau cara agar artikel bisa cepat terindex oleh google. Tanpa berlama-lama langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Cara Agar Artikel Blog Terindex Google Dengan Cepat

Index Artikel Blog

1. Daftarkan Blog ke Google Search Console

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar blog yang kamu kelola muncul di halaman Google ialah Kamu wajib mendaftarkannya terlebih dulu ke Google Search Console ataupun yang biasa kita sebut Google Webmaster Tools.

Tujuan mendaftarkan blog Kamu ke webmaster tool ini ialah untuk memverifikasi kalau Kamu merupakan pemilik asli blog tersebut.

Jika Kamu telah sukses memverifikasi blog, kamu hanya tinggal menunggu beberapa waktu saja hingga blog kamu muncul di halaman Google.

2. Melakukan Submit URL ke Google Search Console

Akhir-akhir ini untuk mempercepat postingan agar dapat terindex di google dapat dilakukan dengan cara submit URL di google search console.

Tapi saat ini pengindeksan tidak secepat dulu, dulu setelah submit URL postingan akan muncul dan terindex dalam hitungan detik ataupun menit, tetapi saat ini butuh waktu berhari-hari supaya postingan terindeks oleh google.

3. Membuat Artikel secara Rutin

Cara selanjutnya agar artikel bisa terindeks oleh mesin Google yaitu dengan cara membuat konten dan selalu di update secara berkala. Hal ini bertujuan supaya mesin pencari Google mengenali jika blog kamu mempunyai konten yang segar dan terbaru untuk para pengunjung.

Tidak hanya itu konten atau postingan yang di buat juga tidak boleh asal dan wajib bersifat informatif yang mempunyai jumlah kata sesuai dengan kriteria postingan tersebut. Contoh apabila kita mau menulis informasi singkat hingga sedang idealnya (300 - 400 kata), apabila postingan menjelaskan panduan edukatif idealnya ( 500 - 800 kata), informasi secara detail ( 800 - 1200 kata) serta penyusunan ilmiah(+1600 kata).

Dan harap diperhatikan, konten yang mempunyai tulisan postingan panjang diharapkan mempunyai jeda (pemisah) masing-masing paragrafnya supaya pengunjung blog tidak merasa bosan. Tidak hanya itu sisipkan juga Heading serta Bullet & Numbering supaya tulisan kita terlihat lebih profesional serta meningkatkan kualitas tulisan sehingga dapat cepat di indeks oleh mesin pencari Google.

4. Membuat Meta Deskripsi

Cara selanjutnya agar artikel bisa terindeks oleh mesin Google yaitu dengan cara membuat meta deskripsi penelusuran. Meta deskripsi sendiri merupakan suatu tag html yang umumnya di taruh pada bagian <head>, Meta deskripsi ini mencakup ringkasan pada suatu halaman ataupun postingan blog serta terdiri dari 20-30 kata saja.

Sehingga nantinya meta deskripsi akan muncul dibawah nama alamat blog ataupun dibawah judul postingan blog sehingga mampu memberikan ringkasan informasi kepada pengunjung yang sedang melakukan browsing.

5. Membuat Label Kategori Pada Setiap Artikel

Cara selanjutnya agar artikel bisa terindeks oleh mesin Google yaitu dengan cara membuat label kategori pada setiap postingan artikel. Hal ini di perlukan apabila blog yang kita kelola telah memiliki banyak postingan, sehingga akan mempermudah pengunjung blog dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. Kita dapat membuat label sesuai dengan jenis tema postingan Contohnya tema kesehatan, bimbingan, pc, sport, tekno dll.

Tidak hanya itu dengan membuat label kategori ini, dapat membuat mesin crawling Google (Googlebot) bisa lebih gampang mendeteksi sebagian judul postingan dengan tema yang sama disaat melakukan perayapan, sehingga postingan jadi lebih cepat terindex.

6. Membangun Backlink Berkualitas

Cara selanjutnya agar artikel bisa terindeks oleh mesin Google yaitu dengan cara membangun Backlink yang berkualitas. Backlink sendiri merupakan suatu link yang terpasang pada blog dimana nantinya link tersebut akan menuju ke link blog milik kita, baik link postingan ataupun link halaman beranda blog.

Untuk membangun sebuah backlink bisa dilakukan dengan cara guest post atau content placement di blog ternama. Namun harus diperhatikan, terkadang sebuah blog yang ingin kita jadikan guest post memiliki syarat dan ketentuan untuk bisa memberikan backlink. Ada gratis dan ada juga yang berbayar.

Tetapi seiring dengan perubahan algoritma Google yang semakin ketat, para blogger saat ini tidak dapat membuat backlink sembarangan. Sehingga pengguna wajib membuat backlink yang relevan antara blog yang memberikan backlink dengan postingan yang kita miliki.

7. Share Postingan Ke Media Sosial

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar artikel bisa terindeks oleh mesin Google yaitu dengan cara membagikan URL postingan yang kita buat ke media sosial. Tidak hanya efisien untuk mempercepat pengindeksan oleh Google, metode ini teruji ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog kita.

Walaupun traffic pengunjung yang bertambah cuma sesaat, paling tidak itu merupakan pengunjung organik yang sangat di gemari oleh algoritma Google. Sehingga nantinya Google akan terus menjadi yakin dengan halaman blog kita dan juga kedepannya postingan yang kita buat akan cepat terindeks Google.

Saat sebelum memberikan link postingan blog ke media sosial yakinkan postingan yang kita buat relevan dengan calon pembaca. Contohnya apabila kita ingin memberikan postingan tentang teknologi, kita harus memberikan artikel yang berkaitan dengan teknologi, seperti informasi android, komputer, jaringan dll. 

Penutup

Demikianlah uraian singkat terkait Cara Agar Artikel Blog Terindex Google Dengan Cepat. Dengan membaca uraian di atas kita tidak akan bingung lagi kenapa postingan artikel blog kita tidak muncul di Google. Jika ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa kirimkan komentar pada kolom yang tersedia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

driacom.com


4 komentar

4 komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)
  • Abdul
    Abdul
    30 Juli, 2022 18:52
    mantap
    • Abdul
      Admin
      01 Agustus, 2022 02:07
      Semoga bermanfaat 🙏
    Reply
  • Pipit pitriono
    Pipit pitriono
    20 September, 2021 14:17
    Terimakasih banyak Infonya Mas ..
    • Pipit pitriono
      Admin
      20 September, 2021 14:25
      Siap sama-sama bang,, semoga bermanfaat 🙏
    Reply