bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa Modal

Halo sobat Blogger, Cara meningkatkan pengunjung blog mungkin menjadi pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh para blogger khususnya blogger pemula.

Tak dapat dipungkiri, blog yang ramai pengunjung menjadi harapan para blogger untuk bisa mendapatkan uang dari blog.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada blog. Pada intinya, kamu harus bisa mengoptimasi blog secara maksimal agar blog yang kamu kelola bisa ditemukan banyak orang, entah itu melalui pencarian google, media sosial dan lain sebagainya. 

7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa Modal

Meningkatkan Pengunjung blog

1. Melakukan Optimasi Pada Blog

Salah satu cara yang mudah dan cocok untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada blog ialah melalukan optimasi blog. Karena optimasi mempunyai tujuan untuk meningkatkan pengunjung secara organik. Terlebih, adanya optimasi bisa membantu kalian mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Cara melakukan optimasi pada blog bisa dicoba melalui studi keyword. Studi keyword akan membantu kalian untuk menggunakan keyword yang banyak dicari. Hasilnya, konten kalian bisa banyak dinikmati oleh pembaca. Kalian bisa melaksanakan studi keyword dengan metode manual maupun mengenakan tool.

Saat ini ada banyak tool yang bisa membantu kalian menghasilkan keyword populer. Terlebih, studi yang kalian lalukan ini pula tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak heran apabila banyak yang menggunakan tool untuk mendapatkan keyword yang sesuai.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Template blog AMP

2. Konsisten Membuat Konten yang Berkualitas

Jika berbicara tentang mutu atau kualitas, umumnya orang- orang akan berfikir tentang tulisan yang sempurna dan terkesan membutuhkan pengetahuan yang tinggi dalam menulis sehingga banyak orang menyerah untuk membuat suatu postingan yang berkualitas di blognya. Jadi singkatnya adalah konten yang bermutu merupakan postingan yang ditulis sendiri serta original, murni hasil karya sendiri serta bukan hasil copy paste.

Apabila kita kesusahan menemukan ide untuk membuat konten yang original, cobalah mengosongkan waktu sejenak untuk membaca sebagian tulisan orang lain. Jika terdapat bahan yang dirasa menarik untuk dijadikan sebuah konten, coba modifikasi konten tersebut memakai bahasa serta style penyusunan kita sendiri. Ganti serta tambah sebagian kalimat dengan pengetahuan yang kita miliki tentang konten tersebut. Hal ini lebih baik dibandingkan kita mencuri dengan cara meng-copy paste secara keseluruhan.

3. Membuat Artikel yang Tertarget

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pengunjung yaitu dengan cara membuat artikel yang tertarget (sesuai target keyword yang diinginkan). 

Jika kamu menemukan banyak informasi di internet, kamu bisa memanfaatkannya dengan cara merangkumnya menjadi satu konten yang berbobot. Metode semacam ini mampu mendatangkan banyak pengunjung yang organik, karena para pengunjung biasanya suka dengan konten yang mempunyai ulasan lengkap, unik serta menarik.

4. Publish Artikel Secara Rutin

Selanjutnya cara lain yang kerapkali di gunakan oleh blogger untuk meningkatkan pengunjung blog dengan cara meng-update artikel secara rutin. Dengan begitu, pengunjung setia blog kamu akan selalu mendapatkan informasi terbaru yang mereka butuhkan. Tidak hanya itu, meng-update postingan secara teratur juga dapat menurunkan rank Alexa web kamu secara global. Jadi intinya, semakin kamu sering meng-update artikel maka semakin bagus pula posisi blog kamu di SERP engine google.

5. Melakukan Guest Post

Salah satu cara untuk menaikkan jumlah pengunjung pada blog ialah dengan melakukan guest post. Guest post ialah strategi untuk menerbitkan konten di web maupun blog milik orang lain. Cara ini terbilang cukup ampuh buat menaikkan visitor dalam waktu pendek.

Terlebih melakukan guest post bisa membantu kalian untuk membangun koneksi dan keakraban. Tidak cuma itu, kalian bisa memberikan external link yang mengarah ke blog kalian, dengan begitu kamu bisa mendapatkan pengunjung secara organik dari hasil guest post tersebut.

Namun, ada hal yang harus kalian perhatikan saat ingin melakukan guest post. Mulai dari mengenali tipe konten, melihat contoh guest post, serta membaca syarat dan ketentuan. Karena masing-masing blog mempunyai ketentuan dan tipe yang berbeda.

6. Melaksanakan Blogwalking

Apakah kamu pernah mendengar blogwalking? Dalam dunia blogger, tampaknya kegiatan ini tidak asing dan sudah sering dicoba. Nah, kalian bisa melakukan cara ini untuk membantu menaikkan jumlah pengunjung pada blog. Blogwalking artinya jalan- jalan ke blog milik orang lain dengan memberikan komentar di kolom yang tersedia.

Namun, komentar yang diberikan biasanya harus saling berhubungan dengan konten yang dibuat pada sebuah blog. Apabila tidak, komentar kita akan di anggap sebagai spam

7. Promosi di Media Sosial

Cara selanjutnya yang bisa kalian coba yaitu melakukan promosi di media sosial. Karena seperti yang kita tahu bahwa media sosial menjadi sumber trafik terbanyak. Tapi perlu diingat, saat melakukan promosi kalian tidak hanya sekedar membagikan link konten saja, namun kalian harus menciptakan deskripsi yang menarik.

Mengapa demikian? Karena jika kalian hanya membagikan konten berupa link saja, belum tentu orang akan langsung mengekliknya. Beda halnya jika kalian menggunakan caption maupun deskripsi, biasanya orang akan cenderung merasa tertarik ketika membaca caption yang berhubungan.

Penutup

Nah jadi itulah beberapa cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada blog tanpa modal, kalian bisa mencoba beberapa tips diatas agar pengunjung blog kamu lebih ramai dari sebelumnya.

Jika ada yang kurang dimengerti, kamu bisa kirimkan komentar pada kolom yang tersedia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)