bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

23 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android dan Laptop

Hallo Sobat Driacom, pada kesempatan kali ini Mimin mau bahas seputar tips dan trik untuk membuat sinyal WiFi di Android lebih kencang.

Tentunya kita ingin mendapatkan sinyal WiFi yang kuat agar aktivitas internetan bisa lancar dan memuaskan.

Kecepatan internet sebenarnya sangat tergantung dari jenis dan kualitas layanan yang digunakan. Nah, terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat sinyal WiFi.

Cara memperkuat sinyal WiFi, cara agar sinyal WiFi kenceng
Anda bisa memperkuat penerimaan sinyal jaringan WiFi dengan mudah. Langsung saja berikut di bawah ini cara meningkatkan sinyal Wifi:

1. Cari Tempat yang Pas

Sinyal WiFi tentunya tidak bisa terlihat, namun perlu diketahui bahwa sinyal sebenarnya bisa terhalang apabila terdapat banyak tembok disekitar router. Oleh karena itu, carilah posisi yang paling bagus untuk mendapatkan sinyal, yaitu posisi yang tidak terdapat penghalang.

2. Lakukan Restart Secara Berkala

Wifi dapat dikatakan memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dari perangkat smartphone, gadget, komputer dan lainnya. Dimana router bisa terkena masalah ketika sudah digunakan dalam waktu lama.

Sehingga, cara mengatasinya yaitu dengan me-restart atau reboot router, lakukan secara berkala, jangan malas untuk melakukannya agar peforma sinyal wifi yang ditangkap bisa selalu bagus.

Dengan melakukan reboot seperti itu maka sistem router akan me-refesh, yang akhirnya sinyal wifi yang lama-kelamaan lemah, bisa kembali kuat karenanya.

3. Gunakan Antena Sederhana Untuk Memperkuat Sinyal WiFi

Sinyal yang dipancarkan router WiFi akan terpancar ke arah yang tidak beraturan, untuk mengatasinya maka bisa dengan menggunakan antena sederhana yang dibuat, yang manfaatnya agar Anda memperoleh output sinyal yang lebih akurat.

Dilansir dari laman Ngelag.com menjelaskan tentang cara memodifikasi antena Wifi bawaan modem. Anda bisa memperkuat sinyal Wifi dengan extender buatan sendiri, berikut caranya:

Bahan dan peralatan yang diperlukan :
  • Penggaris
  • Sekrup
  • Sedotan
  • Cutter
  • Solder
  • Kawat Tembaga (bisa menggunakan kawat tembaga dari kabel UTP).

Langkah-langkah membuatnya :

1. Pertama-tama lepas antena WiFi, kemudian Anda kupas plastik atau karet pelindung pada antena modem tersebut.

Memperkuat Sinyal Wifi

2. Anda kupas hingga kawat dari bagian dalam antena bisa terlihat.

3. Siapkan sebuah sekrup dan kawat tembaga yang telah disiapkan sepanjang 7 cm.

4. Kemudian lilit kawat tembaga dengan sebanyak 7 lilitan (dengan bantuan sekrup). Untuk cara melilitnya, mulailah melilit 2 cm dari ujung kawat.

5. Jika sudah terbentuk lilitan maka lepas saja sekrup-nya.

6. Setelah itu, sambungkan kawat hasil lilitan tersebut dengan ujung kawat dari dalam antena (yang sebelumnya sudah dikupas).

7. Setelah itu, tutupi antena hasil modifikasi tersebut dengan menggunakan sedotan.

8. Setelah antena ditutupi dengan sedotan, kemudian hubungkan kembali antena hasil modifikasi pada modem wireless.

Hasil Akhir :


4. Jauhi dari Perangkat Elektronik Lain

Selain adanya router lainnya yang bisa mengganggu kekuatan sinyal yang didapat, juga perangkat elektronik bisa mengakibatkan terganggunya sinyal, perangkat elektronik tersebut seperti microwave. Oleh karena itu, usahakan untuk menjauhkan perangkat elektronik dari router.

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan router dual band untuk bisa memindahkan frekuensinya secara mudah.

5. Gunakan Aplikasi DD-WRT Firmware

Anda bisa menggunakan aplikasi DD-WRT firmware untuk memperkuat sinyal WiFi. Aplikasi ini bekerja untuk meng-hack router agar kekuatan pemancar sinyalnya bisa menjadi lebih kuat.

Walaupun cara ini bisa dikatakan cukup berbahaya untuk router, tetapi manfaatnya adalah Anda dapat menaikannya hingga 70 mW. Yang berarti, jangkauan sinyal router bisa bertambah hingga dua kali lipat atau lebih. 

Selain itu, pada aplikasi DD-WRT firmware ini terdapat fitur-fitur untuk keamanan bagi router. Silahkan cari aplikasinya di mesin pencari Google.

6. Usahakan Memilih Channel yang Kosong


Apabila di tempat Anda berada terdapat banyak orang yang memakai router WiFi, sehingga kondisi ini memungkinkan Anda berada di channel yang sama dengan router lainnya, hal ini menyebabkan kualitas sinyal menjadi menurun. 

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih channel WiFi yang kosong atau sedikit penggunanya, sehingga Anda bisa terhindari dari masalah sinyal yang terganggu. 

Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi inSSIDer untuk melakukan cara ini. InSSIDer merupakan aplikasi yang bisa berfungsi untuk memindai dan capture jaringan dengan parameter utama SSID, melacak kekuatan sinyal secara resl time, pengaturan keamanan, dan mengetahui secara cepat apakah suatu jaringan dilindungi oleh password atau tidak.

Aplikasi inSSIDer bisa digunakan untuk melacak area hotspot, dengan menampilkan grafik amplitudo dari access point secara real time, sehingga hal ini membuat Anda bisa mengetahui kualitas dan kekuatan sinyal Wi-Fi tersebut. 

Excellent: (>-51, -53, -57, -59, -61)
Good: (-63, -65, -67, -69, -71, -73)
Fair: (-75, -77, -79, -81, -83, -85)
Poor:  (-87, -89, -91, -93, -95, -97)
Very Poor: (-99, -101, -103, -105, -107)

Menurut data di atas, tujuan yang harus dicapai supaya mendapatkan kualitas jaringan yang bagus, yang membantu Anda agar bisa memposisikan akses point pada tempat yang tepat, sehingga RSSI (Received Signal Strength Indication) yang diterima dalam kondisi yang kuat (good dan excellent).

Hanya saja aplikasi inSSIDer tidak memiliki kemampuan untuk mengatahui IP address mana saja yang sedang terhubung dengan access point.

7. Perhatikan Sistem Keamanan

Walaupun Anda mungkin telah mengambil paket internet yang yang super cepat, akan tetapi masih saja lambat sehingga mencewakan. Maka coba cek apakah ada orang lain yang juga memakai koneksi WiFi milik Anda, tanpa sepengetahuan Anda sediri.

Dengan kata lain ada kemungkinan orang lain yang mencuri data internet Wifi Anda, sehingga cegah hal ini dengan menggunakan password rumit, dan gunakan sistem keamanan enkripsi WPA2.

8. Membuat Antena Penguat Sinyal WiFi dari Botol Minuman Bekas

Siapkan bahan dan alat:

  • Lem
  • Gunting
  • Spidol
  • Botol Plastik Bekas Minuman
  • Aluminium Foil

Cara Membuatnya:

1. Ambil sebuah sebuah botol (pastikan kondisinya bersih dan kering).

2. Lepaskan label kemasan botol tersebut.

3. Kemudian buat garis panduan untuk memotong (agar memotong bisa lebih mudah).

Memperkuat Sinyal Wifi

4. Nah, potong secara perlahan sesuatu panduan garis, hingga pastikan bentuk botol menjadi seperti gambar dibawah:

Memperkuat Sinyal Wifi

5. Kemudian buatlah sebuah lubang secukupnya pada tutup botol, hal ini nantinya agar antena wireless bisa masuk ke dalam lubang.

6. Botol yang telah dipotong tadi, maka ditutup dengan menggunakan Aluminium foil pada bagian dalamnya, untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini:

Memperkuat Sinyal Wifi

7. Selesai.

9. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

Saat ini terdapat empat jenis teknologi wireless, yaitu A, B, G, dan N. Teknologi A, B, dan G merupakan teknologi terdahulu dengan kecepatan yang biasa saja. Adapun N merupakan teknologi terbaru yang memiliki kecepatan yang tinggi.

Oleh karena itu, hendaknya Anda memilih teknologi terbaru (versi N) untuk bisa memperoleh kecepatan yang tinggi.

10. Manfaatkan Kaleng Bekas

Perlu diketahui bahwa sinyal WiFi menggunakan udara sebagai penghantarnya, dengan begitu supaya sinyalnya tidak menyebar kemana-kemana maka bisa diatasi dengan menggunakan kaleng bekas.

Kegunaannya untuk “menjaga” tangkapan sinyal yang maksimal. Selain kaleng, Anda bisa juga memakai panci atau aluminium foil.

11. Kontrol Bandwidth


Apabila selama ini Anda tidak sendiri menggunakan suatu jaringan WiFi, maka bisa saja suatu ketika mengalami kecepatan yang lambat karena pihak lain.

Untuk mengantisipasi hal ini berulang terjadi maka Anda perlu men-setting batasan penggunaan bandwidth, sehingga mencegah penggunaan bandwidth yang terlalu banyak oleh orang-orang. Hal ini penting untuk mencegah koneksi lemot.

12. Gunakan WiFi Repeater

Repeater adalah suatu alat yang berfungai untuk menerima sinyal WiFi, lalu memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Penggunaan alat ini cocok sekali bagi Anda yang kondisi penerimaan sinyal WiFi-nya lemah.

13 . Memperkuat Sinyal WiFi dengan Kaleng Soda Bekas

Untuk melakukannya sangat mudah dan simple, dimana Anda cuma perlu menyediakan 2 buah kaleng soda bekas, yang nantinya bisa digunakan untuk memperkuat sinyal WiFi.

Memperkuat Sinyal Wifi

Cara membuatnya :

1. Siapkan sebuah kaleng bekas minuman bersoda, kemudian Anda copot (cabut) tuas pembukanya. Lihat gambar di bawah.

Memperkuat Sinyal Wifi

2. Setelah itu, potonglah kaleng memakai gunting (cutter), hingga nantinya terbelah. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Memperkuat Sinyal Wifi

3. Dengan begitu, alat dari kaleng bekas ini siap untuk ditancapkan pada antena wireless milik Anda. Lihat gambar dibawah untuk hasilnya.

15. Setting Pengaturan

Anda bisa membuat pengaturan WIFI di smartphone, pengaturan ini adalah hal yang tampaknya perlu dilakukan. Dimana Anda perlu menghindari koneksi WiFi yang buruk, sehingga Anda bisa memperoleh kualitas sinyal jaringan yang bagus.

Cara menyettingnya, pergi ke menu Settings => Wi-Fi => Advanced. Kemudian periksa pada “Avoid Poor Connection”, disana Anda lakukan centang pada kotak yang disediakan.

Dengan melakukan pengaturan ini, maka saat ponsel mencari koneksi WiFi yang tersedia otomatis, maka akan menghindari jaringan WiFi yang koneksinya buruk.

16. Hapus Old Connection yang Sudah Tidak Digunakan

Dengan melakukan ini, dimana jika Anda pernah menggunakan WiFi pada banyak lokasi. Maka Anda dapat melakukan tindakan untuk menghapus daftar WiFi yang sebelumnya pernah dipakai.

Untuk melakukannya, yaitu dengan masuk ke menu Settings => Wi-Fi => Saved Networks, kemudian tap pada nama koneksi yang ingin dihapus, lalu pilih "Forget”.

Melakukan hal ini berguna untuk meringankan kerja sistem smartphone Anda dalam mencari jaringan Wifi.

17. Upgrade Antena

Apabila antena router Anda ternyata bisa dilakukan upgrade padanya, sehingga disarankan bagi Anda agar mengganti dengan antena yang lebih besar dan berkualitas.

Dimana nantinya melakukan hal ini bermanfaat agar kekuatan sinyal yang diperoleh bisa lebih besar.

18. Cari Tahu Penyebab Turunnya Kecepatan Internet

Ada kemungkinan, kecepatan WiFi menjadi turun karena terdapat aplikasi atau perangkat lain yang memakan bandwith milik Anda. Oleh karena itu, hendaknya memeriksa segala aplikasi yang ada dan mencegahnya untuk menggunakan data internet seenaknya. Periksa segala hal yang menjadi penyebab masalah pada jaringan dan kecepatan internet.

19. Jauhkan Router dari Tanah

Biasakan agar meletakan router tidak sejajar dengan kaki kita (lantai). Dimana material lantai ini dapat mengambat penyebaran sinyal ke seluruh bagian ruangan. Apalagi, umumya perangkat antena router memancarkan sinyal ke arah bawah. Oleh karena itu hindari meletakan router di lantai.

20. Arahkan Antena Ke Arah yang Berbeda-Beda

Biasanya router WiFi mempunyai dua antena di bagian belakangnya. Nah, Anda bisa mengoptimalkannya pada sinyal pancarannya ini. Caranya dengan memposisikan salah satu arah antena berlawanan dengan arah antena yang lainnya. Dengan begitu, masing-masing antena nantinya akan bekerja untuk meng-cover berbagai sudut.

21. Gunakan Peralatan Eksternal

Menggunakan peralatan eksternal bisa membuat Anda akan memperoleh jaringan Wi-Fi yang lebih luas dan kuat. Anda bisa memakai eksternal antena, antena yang paling sering digunakan yaitu Rubber Duck Antena yang menggunakan router Wi-Fi. Dengan antena ini maka bisa meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi.

Penggunaan peralatan eksternal umumnya dilakukan di perkantoran, rumah-rumah besar, dll. Untuk memperoleh produk seperti ini maka bisa diperoleh di toko-toko peralatan elektronik yang mudah ditemukan. Adapun harganya secara umum sangat terjangkau.

22. Memperkuat Sinyal Wifi Khusus Pada Android

Pada platform android, pengguna dapat melakukan cara-cara seperti dengan bantuan aplikasi dan lainnya untuk bisa memperkuat sinyal WiFi.

Anda bisa mengubah pengaturan frekuensi Wifi di Android menjadi 5 GHz. Dimana pada perangkat gadget Android keluaran lama, ummunya frekuensi WiFi hanya berada pada 2.4 GHz.

Adapun sekarang telah banyak perangkat Android yang bisa menerima sinyal pada frekuensi 5 GHz, lebih tinggi dari sebelumnya, dan ini berarti bahwa spektrum sinyal yang ditransmisikan nantinya lebih beragam.

Oleh karena itu, pastikan settingan WiFi frekuensinya setara, apabila kurang yakin maka bisa melakukan tutorial seingkat ini: Pertama-tama buka menu Settings, lalu pilih Wi-Fi => Advanced => Wi-Fi frequency band, kemudian pilih Auto.

Dengan melakukan setting ini maka perangat android bisa bekerja secara otomatis untuk menggunakan Frekuensi 5 GHz, ketika ada frekuensi modem sinyal wifi yang sekelas.

Untuk memperkuat sinyal wifi Andorid, maka Anda juga bisa melakukannya dengan melihat statistik sinyal Wifi, tujuannya untuk mencari spot terbaik.

Ketika terkoneksi WiFi, Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi yang bernama WiFi Signal Strength, kegunaan dari aplikasi ini yaitu untuk bisa melihat kekuatan sinyal pada titik tertentu di dalam sebuah ruangan. Aplikasi ini berlisensi gratis.

Nah, ketika telah memasang aplikasi ini pada Android, maka silahkan digunakan dengan cara berpindah-pindah titik / tempat hingga akhirnya bisa menemukan posisi dengan kondisi sinyal yang terkuat.

Periksa pada casing smartphone Android Anda. Lakukanlah sebuah percobaan menggunakan bantuan fitur Speedtest.net. Pada percobaan pertama lakukan tes koneksi dengan menggunakan casing. Pada percobaan kedua lakukan tes koneksi tanpa menggunakan casing.

Pada kedua tes tersebut, maka bandingkan hasilnya, apakah hasilnya lebih baik pada tes ketika tanpa menggunakan casing?

Antena WiFi pada perangkat Android umumnya teletak di bagian belakang atau di bagian sisi, jika ketika membuka tutup baterai maka kualitas koneksi internet meningkat, hal ini menunjukan casing smartphone android Anda terlalu tebal, atau mengandung material yang bisa menyebabkan terhalangnya sinyal WiFi.

23. Memperkuat Sinyal Wifi Khusus Pada Laptop

Hendaknya Anda mengetahui tentang hardware WiFi yang digunakan di laptop, dapat dilakukan dengan membuka device manager yang ada di properties my computer. Kemudian lihat di bagian Network Adapters, biasanya mengandung kata “Wireless”, kemudian lakukan update padanya, atau bisa dengan mencari hardware driver tersebut di official website produsennya, yang biasanya menyediakan untuk diunduh.

Untuk memperkuat sinyal wifi di laptop, Anda juga bisa mengunakan external wifi receiver. Terdapat banyak external Wifi Receiver yang dijual di toko, sehingga Anda bisa mencarinya dengan mudah. Produknya seringnya dilengkapi dengan kabel, hal ini agar mempermudah pengguna dalam memilih posisi terbaik, yaitu posisi yang memiliki sinyal terkaut dan stabil.

Hal lainnya, Anda juga perlu memastikan bahwa hardware bekerja dengan baik. Rutinlah untuk melakukan pengecekan pada hardware laptop milik Anda, pastikan kondisi sirkulasi udara dan listrik agar tetap baik.

Apabila terdapat masalah pada aliran listrik ke hardware penerima sinyal WiFi, maka hal ini bisa mengakibatkan tidak optimalnya sinyal wifi. Bahkan lebih buruk lagi, WiFi adaptor bisa mengalami kerusakan fatal.

Konfigurasi Wifi Laptop Untuk Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi

Pertama-tama buka konfigurasi dari jaringan wireless di laptop Anda, caranya: klik icon Wifi yang ada di sudut kanan bawah layar, kemudian pilih menu “Open Network and Sharing Center”.

Nantinya akan muncul jendela baru, lalu klik pada opsi “Change Adapter Settings” yang terletak di sidebar kiri jendela Network and Sharing Center tersebut.

Kemudian akan terbuka jendela Network Connection, lalu klik kanan pada icon “Wireless Network Connection”, lalu pilih opsi Properties.

Pada jendela pop up yang tampil, maka carilah dan klik tombol yang bertuliskan Configures.

Maka akan muncul jendela pop up baru, setelah itu Anda akan melihat beberapa deretan tab. Klik pada tab yang bertuliskan Advance.

Kemudian Anda lakukan setting pada beberapa menu berikut ini:

Roaming Aggressiveness => Pada menu ini disarankan agar meningaktkan nilainya menjadi lebih besar. Dimana dengan nilai yang semakin besar maka laptop semakin kuat untuk menangkap sinyal dari hotspot wireless. Fungsi dari menu ini untuk meningkatkan roaming dari perangkat Wifi, dengannya Anda dapat mengontrol kekuatan dari koneksi jaringan wifi dari laptop ke hotspot atau access point.

Throughout Enhancement => Pada opsi ini ubah pada valuenya menjadi Enable. Dimana kegunaannya agar “memaksa” adapter wifi pada laptop supaya memakai mode packet burst. Dimana fungsi dari packet burst ini cocok bagi mereka yang lebih sering menggunakan internet untuk kegiatan mendownload atau streaming.

Transmit Power => Pada opsi ini disarankan agar mengubah valuenya menjadi Highest. Seringnya pada setiap adapter wireless di laptop mempunyai nama yang bermacam-macam untuk opsi ini. Tetapi sebenarnya mudah, dimana Anda tinggal mencocokan saja.

Nah sobat driacom, itulah penjelasan mengenai tips dan trik untuk memperkuat sinyal WiFi. Bagaimana tutorial nya sangat lengkap bukan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat driacom semuanya. Terimakasih.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment