bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

9 Tips Merawat Earphone Yang Benar Terbaru

9 Tips Merawat Earphone Yang Benar TerbaruEarphone adalah salah satu benda elektronik yang selalu ada dalam tas bawaan bagi sebagian orang. Bersama handphone, benda ini ibarat dua sejoli yang menemani aktivitas kita setiap hari. Kita akan menggunakanya untuk mendengarkan musik, menelpon, atau sekedar tutup telinga.

Agar kita mempunyai earphone yang awet, kita harus tahu Tips Untuk Merawat Earphone. Penasaran? Yuk kita intip apa saja tips nya.

9 Tips Merawat Earphone Yang Benar Terbaru 

Cara merawat Earphone, tips agar headset awet, tips agar earphone awet, tips merawat headset, tips merawat Earphone

1. Pilih earphone model L yang biasanya lebih tahan banting

Earphone itu tersedia dalam dua tipe colokan, berbentuk lurus dan L. Nah jika sekarang kita sedang berburu earphone baru, maka pilihlah dengan model L yang biasanya lebih awet.
Kenapa lebih awet ? Ini jawabnya.  Pasalnya colokan yang berbentuk lurus bisa lepas saat kabel terjepit atau tertarik benda lain. Sedangkan earphone dengan colokan berbentuk L bisa berumur panjang karena jek kabel lebih kencang dan tidak mudah lepas. Dengan begitu, kemungkinan rusak karena tertatirk kemana-mana jauh lebih rendah.
Cara merawat Earphone, tips agar headset awet, tips agar earphone awet, tips merawat headset, tips merawat Earphone

2. Berhenti memilih volume terlalu keras

Terbiasa menggunakan earphone saat diremaian seringkali membuat kita menyetel volume gadget secara maksimal. Padahal hal ini tidak baik untuk earphone kita apalagi telinga kita. Sering menyetel dengan volume keras juga membuat komponen earphone mudah rusak dan suara menjadi tidak jernih.
Selain itu perlu diingat, suara terlalu keras juga akan membuat kesehatan telinga kita terganggu. Hal ini bisa memnyebabkan telinga kita menjadi tidak peka terhadap suara yang pelan. Jika ingin menjaga kesehatan telinga dan earphone tetap sehat, alangkah baiknya jika kita menyetel hingga 75% saja.

3. Letakkan handphone didekat telinga

Kerusakan earphone bisa terjadi saat kita terlalu sering menarik kabelnya, hal ini membuat komponen dan jek jadi mudah lepas. Agar hal itu tidak terjadi, coba letakan handphone kita tidak jauh dari telinga. Kita bisa meletakan di saku baju, saku lengan, atau saku jaket.

4. Keringkan telinga kita sebelum menggunakan

Air adalah salah satu biang keladi yang bisa membuat earphone kita cepat rusak. Dan secara tidak sadar, kadang kita menggunakanya saat basah. Jadi tidak heran jika earphone kita cepat masuk gudang.
Agar hal ini tidak terjadi lagi, sekarang kita bisa melakukan kebiasaan baru. Saat kita selesai mandi, setelah wudhu, atau selesai cuci muka sebaiknya lap telinga kita menggunakan handuk atau tissu. Jika sudah kering barulah kita gunakan earphone kita lagi.

5. Bersihkan kepala earphone

Suara sumbang atau suara yang tidak jernih kadang bisa disebabkan oleh debu yang terperangkap dikepala earphone. Agar suara tetap nyaring, kita bisa membersikan earphone dengan sikat gigi. Pastikan sikat gigi yang kita gunakan dalam kondisi kering.

6. Bersihkan earphone dengan cutton bud yang dicelupkan pada alkohol 70%

Selama berbulan-bulan mungkin kita tidak pernah membersikan earphone yang kadang dipinjam orang. Hal ini akan mengurangi kenyamanan kita. Membersihkan earphone sebenarnya mudah. Kita cukup menggunakan cutton bud yang dicelupkan dalam alkohol 70%, lalu oleskan pada permukaan earphone agar kembali bersih. Tenang, alkohol lebih cepat menguap daripada air. Dengan cara ini, earphone kita tetap steril meskipun dipinjam berkali-kali.

7. Perhatikan lipatan kabel

Earphone menjadi mudah rusak karena kita sering meletakan sembarangan. Hal ini akan membuat earphone tertarik kesegala arah dan membuat kabel terlilit. Akibatnya kabel lepas dan suara menjadi tidak jelas. Untuk menghindari itu sebenarnya mudah menyimpan earphone secara benar.
Caranya, lilitkan kabel earphone pada tiga jari tangan kita dengan pola seperti angka depalan. Sisakan beberapa bagian, lalu lilitkan pada bagian tengah. Setelah itu, masukan ujung colokan pada lubang lilitan. Earphone siap disimpan. 

8. Gunakan tempat khusus untuk menyimpan earphone

Tidak sedikit dari kita yang menyimpan earphone bercampur dengan kabel lainya. Hal ini bisa menjadi bencana bag earphone kita.
Selain menyimpan dengan kondisi lilitan yang benar, kita juga bisa menerapkan tips menyimpan earphone dalam kotak kemasan. Kita bisa memanfaatkan kotak bekas permen atau kantong khusus untuk meletakan earphone kita. Cara ini akan mengurangi resiko kerusakan karena kabel yang terlilit berantakan.

9. Jangan biarkan earphone dipinjam ketika kita sering membutuhkan

Selain menjaga dengan perawatan diatas, kita juga bisa menjaga earphone dengan cara mengurangi frekuensi pinjaman ke orang lain. Bukan berarti pelit, earphone itu layaknya sikat gigi yang tidak baik jika dipakai oleh banyak orang.

Itulah 9 Tips Untuk Merawat Earphone yang Driacom berikan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat driacom semuanya. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)