bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Domain Rating (DR)

Sumber : freepik.com

Untuk Anda yang memiliki website, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Domain Authority (DA) dan Domain Rating (DR). Sebagian mungkin menganggap bahwa kedua istilah ini sama, namun tentu saja punya perbedaan yaitu terletak pada fungsinya. Dimana DA, menyimulasikan kekuatan ranking website sedangkan DR memberitahukan kekuatan backlink sebuah website. Lalu bagaimana cara meningkatkan Domain Authority dan Domain Rating? 

Pengertian Domain Authority

Domain Authority adalah merupakan salah satu indikator agar website bisa mendapatkan ranking tinggi di Google. Jika DA tinggi, maka website akan muncul pada pencarian teratas dalam waktu yang termasuk singkat dan juga trafik pengunjung website, bisa meningkat karena website ada di ranking teratas pada SERP. DA disebut juga sebagai skor peringkat pada mesin pencari yang menunjukkan kualitas dari sebuah website. Jadi secara otomatis, jika website punya skor yang tinggi maka kualitasnya juga tinggi dan berada pada halaman pertama di mesin pencari. DA ini dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak ternama yaitu Moz. DA tidak hanya memperhitungkan tinggi website dengan hanya melihat satu aspek saja, namun berdasarkan keseluruhan aset aspek dari website itu sendiri. Jadi bisa dibilang bahwa skala yang diperhitungkan adalah skala yang besar.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Ada beberapa faktor penentu peringkat website mulai dari jumlah pengunjung, kualitas konten, adanya link internal dan link eksternal, jumlah konten dan juga engagement rate serta SEO friendly. Untuk Anda yang ingin meningkatkan Domain Authority website yang dimiliki, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba. 

Konten yang Berkualitas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kualitas konten itu sendiri, mulai dari desain yang menarik. Desain menarik bisa dibuat dengan membuat penampilan website nyaman dilihat. Misalnya dengan menggunakan beberapa warna yang satu tone saja, agar website terlihat lebih simple. Bahkan belakangan ini banyak orang lebih tertarik dengan website yang simpel dengan warna putih atau warna serta jenis font yang terbaca dengan baik. 

Sebaiknya menghindari warna yang mencolok dan bertabrakan karena cukup mengganggu pemAndangan. Kemudian konten yang berkualitas tentu saja dilihat dari isi konten tersebut, apakah bermanfaat atau tidak. Sebaiknya buat konten pada website dengan tidak hanya mengandung asumsi dan opini namun mengandung fakta untuk meningkatkan kredibilitas dari artikel yang ada di website. Jadi bisa dibilang bahwa isi dari konten yang ada di website bermanfaat bagi pengguna yang sedang mencari informasi.

Konsisten Membuat Konten

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan DA dengan membuat website tetap aktif. Anda harus terus mengunggah konten baru dan juga memperbarui versi website, agar konten yang dibuat bisa berdampak pada peningkatan pengunjung. Sehingga secara otomatis website akan masuk dalam indeks database mesin pencari dan berdampak pada SEO. 

Jika hal ini Anda lakukan secara konsisten, tentu saja dapat meningkatkan Domain Authority lebih tinggi. Terlebih jika rajin memperbarui website, maka mesin pencari tidak akan menganggap bahwa website Anda ketinggalan zaman. Perlu diketahui bahwa website yang sudah lama atau tidak pernah diperbarui, maka tidak akan muncul pada peringkat pertama di halaman mesin pencari.

Menggunakan Link Internal dan Backlink

Berikutnya cara untuk meningkatkan daya adalah dengan memasukkan link dari halaman website dengan topik yang relevan. Anda bahkan bisa memasukkan link internal 2 sampai 3 link untuk menaikkan skor pada peringkat mesin pencari. Umumnya website yang tidak memasukkan link internal akan berada pada urutan paling bawah atau bisa disebut skor DA akan menurun. 

Selain memasukkan link internal Anda juga wajib memanfaatkan backlink atau link eksternal. Namun pastikan menggunakan backlink yang berkualitas agar membuat website Anda lebih dipercaya. 

Pengertian Domain Rating

Sumber : freepik.com

Setelah membahas apa itu DA dan cara meningkatkan Domain Authority, Anda juga wajib tahu apa itu pengertian domain rating dan cara meningkatkannya. Domain Rating merupakan matriks yang dipakai untuk mengukur kekuatan dan otoritas suatu domain. DR dikembangkan oleh Ahrefs yang merupakan salah satu SEO terkemuka, yang menyajikan data dan wawasan tentang kinerja sebuah. Sama dengan DA, di mana DR diberikan pada skala 0 sampai 100 sehingga nilai yang lebih tinggi akan menunjukkan otoritas yang lebih besar.

Domain Rating cukup penting karena dapat mengukur kekuatan sebuah domain berdasarkan beberapa faktor seperti kualitas konten, backlink dan juga interaksi pengguna. 

Cara Meningkatkan Domain Rating

Untuk meningkatkan Domain Rating sebenarnya hampir sama dengan cara menaikkan DA, berikut ini akan dijelaskan secara singkat. 

Kualitas Konten 

Untuk meningkatkan Domain Rating, maka wajib membuat sebuah konten yang kualitasnya bagus artinya bermanfaat bagi para pengguna, informatif dan sudah pasti harus original. Perlu diketahui pula bahwa sebuah konten yang unik dan relevan, tentu saja akan meningkatkan pengunjung dan berpotensi mendapatkan lebih banyak tautan. Jadi jika ingin sebuah website memiliki DR yang tinggi, maka pastikan konten tersebut bermanfaat dan menjadi solusi dari masalah pengguna. 

Membangun Backlink

Berikutnya untuk meningkatkan DR adalah dengan membangun backlink. Cara mendapatkan backlink bisa dilakukan adalah dengan melakukan kerjasama dengan mitra industri atau melakukan kerjasama tamu atau guest posting dan juga memperluas jaringan proporsional di bidang yang relevan. 

Optimalisasi SEO On Page

Optimalisasi SEO pada sebuah website juga sangat penting agar bisa meningkatkan DR secara otomatis. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan, mengoptimalkan sebuah judul dan deskripsi halaman, menggunakan tag heading yang tepat dan juga struktur URL yang mudah dibaca. Jika sudah mengoptimalkan SEO On Page, maka dapat membantu mesin pencari memahami konten situs web Anda. 

Menaikkan Kecepatan Website

Domain Rating bisa naik dengan cara meningkatkan kecepatan sebuah website. Jadi pastikan website Anda bisa loading dengan cepat, agar pembaca tidak beralih ke website lain. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoptimalkan ukuran file, menggunakan caching browser dan juga mempertimbangkan hosting. 

Interaksi dengan Pengguna

Apakah menurut Anda jika memiliki website maka membuat konten yang baik saja sudah cukup untuk dapat membuat website Anda ada pada peringkat atas mesin pencari? Tentu saja tidak, apalagi jika Anda ingin meningkatkan DA maupun DR. Cara yang cukup efektif juga untuk meningkatkan domain rating adalah berinteraksi dengan pengguna. Anda bisa terlibat dengan para pengunjung website lewat kolom komentar, tanggapan dan juga berbagi konten di media sosial.

Cara ini terbilang cukup efektif untuk membangun komunitas yang loyal dan secara otomatis dapat meningkatkan otoritas domain. 

Jadi itu tadi beberapa cara meningkatkan Domain Authority dan juga Domain Rating pada sebuah website. Untuk Anda para pemula yang baru membuat website dan ingin websitenya meningkat atau masuk ranking teratas pada mesin pencari, pastikan menerapkan beberapa cara di atas. Selain itu tentu juga wajib membuat konten SEO yang berkualitas. 



Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)