bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

5 Cara Mencegah Akun WhatsApp Kena Blokir, Lakukan Sebelum Terlambat!

Pernahkah kamu melihat orang2 curhat ke grup mengenai akun WhatsApp mereka yang terblokir seperti di bawah ini?

Akun WhatsApp terblokir

Jika iya, maka pastikan kamu tidak mengalami masalah seperti mereka, dimana akun WA kena blokir. Terlebih lagi jika WA mu adalah WA penting yang biasa digunakan untuk komunikasi sehari-hari.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mencegah agar akun WhatsApp tidak kena blokir.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan gimana aja cara mencegahnya. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mencegah Akun WA Terblokir

whatsapp


1. Gunakan Aplikasi WA yang Resmi, Jangan Pake WA Mod

Pertama dan yang paling utama adalah menggunakan aplikasi WhatsApp resmi yang kamu install dari app store terpercaya seperti Google Play atau Apple App Store.

Ini karena pihak WhatsApp sendiri melarang untuk menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi, seperti WA mod, WhatsApp GB, dan nama2 lainnya.

Dalam FAQ mereka, WhatsApp menjelaskan bahwa aplikasi WA yang tidak resmi yang dikembangkan oleh 3rd party itu melanggar ketentuan layanan WhatsApp.

Juga, biasanya aplikasi WA mod tidak bisa menjamin keamanan data. Bayangkan isi chatting mu bisa dilihat oleh developer aplikasi mod tersebut, sudah tentu ini tidak akan aman.

So, pakailah aplikasi WA yang resmi2 aja, download dari Playstore agau Apple Store, itu lebih aman.

2. Jangan Melakukan Spam

Spam. Contohnya adalah mengirim chat secara massal ke banyak nomor atau grup. Dan spam ini yang menjadi penyebab terbanyak kenapa akun WA terblokir, entah itu kena blokir sementara atau permanen.

Jika kamu pake WA untuk promosi produk, menyebar berita atau hal lainnya ke banyak orang, lebih baik dilakukan dengan hati-hati, jangan serakah dan kirim ribuan chat setiap harinya.

WhatsApp bisa saja menandai akun mu sebagai spam dan memblokirnya. Jika spamnya ringan, maka biasanya hanya terblokir sementara. Tapi jika sudah parah, maka biasanya kena blokir permanan.

So, hati-hati. Jika kamu memang ingin mengirimkan pesan ke banyak orang secara massal, maka saya sarankan jangan pake akun WA private yang digunakan untuk sehari-hari. Gunakanlah nomor Hp baru yang bisa dibuang kapan saja, itu lebih bijak.

3. Jangan Menambahkan Kontak Tak Dikenal ke Grup

Saya sering sekali melihat orang2 yang menawarkan kerjaan freelance di FB. Dan saya pernah coba iseng tertarik untuk kerja freelance dengan mereka.

Singkat cerita, kerjaan freelance tersebut adalah menambahkan kontak ke grup-grup whatsapp. Daftar kontak sudah disediakan oleh mereka, begitu juga dengan grup nya. Jadi kita cuman add aja, lalu duit cair.

Memangnya semudah itu? Ya memang mudah kalau akun WA kita tidak kena blokir karena spam.

Karena membuat grup dan menambahkan banyak kontak yang tidak dikenal secara masal dapat menyebabkan akun mu terblokir. Ini masuk kategori spam, seperti yang saya jelaskan pada poin nomor 2 tadi.

Jadi pastikan kamu tidak melakukan spam semacam ini ya. Jika memang kepepet butuh duit, sebaiknya gunakan nomor HP baru yang bisa dibuang kapan saja.

4. Hati-hati dengan Login Berulang

Login ke akun WhatsApp di hape yang berbeda-beda, terutama yang memiliki alamat IP yang berbeda, dapat menimbulkan risiko pemblokiran.

Jadi jangan sering- sering ganti ponsel atau sering buka login WhatsApp dengan HP berbeda ya. Karena WhatsApp sudah memperingatkan agar tidak login berulang kali di HP yang berbeda-beda.

5. Jangan Sampai Direport Oleh Banyak Orang

Salah satu alasan akun WhatsApp bisa kena blokir adalah akibat adanya jumlah laporan yang signifikan dari pengguna lain, alias kena report secara massal.

Pengguna bisa melaporkan aktivitas yang mereka anggap melanggar norma atau aturan layanan. WhatsApp kemudian akan meninjau report tersebut dan menentukan apakah ada pelanggaran.

Untuk menghindari pemblokiran karena alasan ini, pastikan kamu tidak mengirimkan pesan sara, konten ilegal atau hal-hal lain yang bikin orang lain ngereport akun mu.

Selain itu, perlu diwaspadai bahwa laporan palsu atau yang dilakukan dengan maksud buruk juga dapat berkontribusi pada pemblokiran akun.

Oleh karena itu, bijaklah dan menghindari konflik yang bisa memicu laporan yang tidak perlu.

Nah, demikianlah penjelasan saya mengenai 5 cara agar akun WA tidak terblokir. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)