bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Kenapa Blog Tidak Muncul Di Google, Ini Penyebabnya

driacom.com - Satu pertanyaan yang sering muncul dikalangan sobat blogger yaitu kenapa blog saya sulit dicari dan tidak muncul di google. Padahal artikel nya sudah banyak dan usia blog nya pun sudah cukup lama. Tapi kenapa blog dan artikel saya sulit sekali ditemukan di Google.

Memang tidak mudah untuk bisa memasuki hasil SERP (Search Engine Results Pages) di google atau mesin pencari lainnya. Apalagi mengharapkan blog kita bisa menduduki ranking teratas di hasil pencarian google. Tidak ada yang mustahil memang, tetapi untuk bisa muncul di hasil pencarian google butuh proses yang tidak mudah.

Nah, agar blog Anda dapat lebih mudah ditemukan di hasil pencarian google, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain pemakaian template yang ringan dan friendly, pemilihan judul dan isi artikel yang Anda buat juga menjadi fokus utama.

Nah pengunjung akan datang ke blog kita melalui kata kunci yang mereka ketikan di mesin pencari. Jadi jika judul kita relevan dengan kata kunci yang mereka cari, maka blog atau Artikel kita akan lebih mudah dicari di mesin pencari google.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami ingin merangkum beberapa alasan yang menyebabkan blog tidak muncul di google. Simak baik-baik ya sobat blogger.

Kenapa Blog Tidak Muncul Di Google, Ini Penyebabnya !

Penyebab pengunjung blog sedikit

1. Pemilihan Judul Yang Tidak Relevan dan Tidak Tertarget.

Sebuah blog dapat ditemukan di hasil pencarian google, itu karena blog sudah di indeks dan dikenali oleh mesin pencari. Judul dan isi artikel yang relevan dengan kata pencarian yang diketikan oleh pencari akan membuat blog anda dapat bersaing dengan blog orang lain.

Oh ya sobat blogger, perlu kalian ketahui, penulisan judul artikel yang terlalu panjang bisa mengakibatkan judul artikel akan terpotong di hasil SERP google atau mesin pencari lainnya, lho. Sehingga sering diabaikan dan bahkan tidak dilirik oleh pengunjung karena tidak terbaca secara keseluruhan.

Jadi pilihlah judul artikel yang singkat, padat dan jelas, yang bisa mewakili isi dari artikel yang akan dibahas. Tentu pemilihan judul yang tertarget akan semakin SEO friendly, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk bersaing di hasil pencarian google.

2. Artikel Yang Dibuat Terlalu Singkat

Artikel yang terlalu singkat merupakan salah satu penyebab blog sulit dicari oleh mesin pencari. Salah satu faktor SEO kali ini sangat memperhatikan jumlah kata dalam satu artikel. Semakin banyak jumlah kata dalam artikel tersebut semakin besar juga peluang untuk ditemukan di hasil pencarian google.

Tidak hanya melihat dari segi SEO friendly saja, tetapi harus memperhatikan segi Human Friendly. Dimana artikel yang Anda buat harus bisa membuat nyaman dan bermanfaat untuk setiap pengunjung blog Anda.

Artikel yang singkat akan membuat pengunjung blog Anda bosan dan segera meninggalkan blog Anda, pasalnya mereka tidak menemukan apa yang mereka butuhkan di blog Anda.

Tetapi perlu diingat, jangan sampai Anda membuat artikel yang panjang namun didalamnya terdapat banyak kalimat yang kesannya basa-basi. Itu sama saja akan membuat pengunjung bosan dan tidak nyaman.

3. Judul Artikel Memiliki Persaingan Yang Tinggi

Sangat sulit memang sebuah blog baru untuk bisa bersaing dengan blog lama. Kenapa? Karena blog baru memiliki reputasi yang kecil sehingga belum dikenal baik oleh mesin pencari. Mesin pencari akan memprioritaskan artikel dari blog-blog yang sudah sangat dikenal dan memiliki reputasi baik di mesin pencari.

Jadi sebaiknya jika Blog Anda masih tergolong baru, pilihlah judul yang memiliki persaingan rendah. Semakin rendah persaingan keyword, semakin tinggi kesempatan blog Anda untuk bisa bersaing di hasil pencarian google.

4. Blog belum terdaftar di Google Search Console

Google search console atau dulu dikenal sebagai google webmaster tools ini merupakan tools yang sediakan oleh google yang berfungsi untuk memberikan kesempatan kepada pebisnis online termasuk blogger untuk mendaftarkan blog atau website mereka ke mesin pencari (dalam hal ini Google).

Dengan mendaftarkan blog Anda ke Google Search Console ini akan membuat blog anda lebih cepat untuk di index dan di crawl oleh googlebot. Tentu hal ini sangat membantu blog Anda untuk bisa lebih mudah muncul di halaman pencarian google.

5. Tidak menerapkan SEO

Untuk Anda yang menginginkan pengunjung dari mesin pencari, peranan SEO sangatlah penting. Sehingga harus selalu dipelajari dan dilibatkan dalam setiap artikel yang anda buat. Sehingga artikel anda memiliki banyak peluang untuk dapat muncul di mesin pencari.

Untuk SEO ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu On Page Seo dan Off Page Seo. Untuk On Page Seo Anda bisa mencoba nya dengan cara riset keyword, penggunaan meta tag, dan penggunaan internal link. Sedangkan untuk Off Page Seo ini, salah satunya Anda bisa menanam backlink di blog-blog besar yang memiliki kualitas yang tinggi.

Tidak mudah memang untuk terus belajar menerapkan SEO, apalagi bagi kalian yang baru terjun di dunia blogging. Tapi percayalah, semakin kalian konsisten maka semakin semangat juga motivasi kalian untuk terus belajar.

 6. Template Blog Anda Kurang SEO Friendly

Selain tampilan yang bagus, template anda juga harus lebih ramah di mata mesin pencari sehingga blog akan lebih mudah dicari di mesin pencari.

Pilih template blog yang responsif, agar ketika pengunjung datang ke blog Anda, mereka akan merasa nyaman. Hal ini juga dapat mempengaruhi hasil SERP di google, dan tidak menutup kemungkinan blog Anda akan mendapat ranking di hasil pencarian.

Nah, itu lah informasi singkat mengenai  penyebab blog tidak muncul di mesin pencari google sehingga sangat sulit untuk dicari dan ditemukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kita sebagai pemula agar tidak cepat menyerah dan tetap semangat dalam membuat blog yang berkualitas.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment