bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Hp Rusak Kemasukan Air? Jangan Lakukan Ini !

driacom.com - Jika HP Anda kemasukan air, ada beberapa hal penting yang tidak boleh anda lakukan. Karena jika Anda melakukan hal ini, kemungkinan besar hp anda akan menjadi rusak. Terkadang kita selalu mengikuti insting untuk mengeringkan dan mengeluarkan air dari ponsel, namun tidak semua cara tersebut baik dan berhasil. 

Malah sebaliknya, cara tersebut bisa menimbulkan resiko yang besar yang bisa merusak ponsel anda lebih parah. Lalu pertanyaannya, hal apa yang tidak boleh dilakukan saat HP kemasukan air?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tuntas mengenai hal-hal yang harus dihindari saat HP kemasukan air. Tanpa berlama-lama, langsung saja simak penjelasan di bawah berikut ini.

Hp Rusak Kemasukan Air? Jangan Lakukan Ini !

Hp Kecebur Air

1. Dilarang Langsung Menyalakan Ponsel

Mungkin beberapa orang pernah melakukan hal ini karena panik, sehingga refleks menyalakan ponsel. Tak dapat dipungkiri hal ini anda lakukan karena ingin memastikan apakah ponsel anda baik-baik saja dan berfungsi dengan normal.

Namun sayangnya, hal fatal ini bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah karena bisa jadi aliran air itu malah semakin masuk ke dalam ponsel yang malah bisa menyebabkan korsleting pada ponsel.

2. Dilarang Menekan / Memencet Tombol yang ada di Ponsel.

Mengapa memencet tombol dengan sembarang saat hp dalam keadaan basah itu dilarang? Karena Anda tidak tahu, air yang masuk ke dalam ponsel itu sudah sejauh mana. Jangan sampai air itu masuk ke komponen hardware akibat sembarang memencet tombol yang ada di ponsel.

3. Meniup HP Sehingga Air Menjadi Semakin Masuk Ke Dalam

Meniup HP merupakan salah satu hal yang refleks dilakukan saat HP terkena air, terutama jika tidak ada alat-alat yang bisa membantu untuk mengeringkan atau mengeluarkan air dari HP.

Padahal cara ini sama sekali tidak dianjurkan, karena bisa menyebabkan air semakin masuk ke bagian dalam yang dapat menimbulkan kerusakan yang fatal. Untuk itu, lebih disarankan untuk anda agar mengeringkan ponsel dengan baik dan letakkan di tempat dengan udara hangat dibandingkan harus meniup ponsel.

4. Mengeringkan HP Menggunakan Alat Pengering Rambut

Menggunakan alat pengering rambut / hair dryer kurang baik untuk ponsel anda, pasalnya panas yang ditimbulkan bisa membuat komponen listrik di dalam ponsel mengalami kenaikan suhu dan beresiko menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Terlebih jika masih ada air di dalam komponen ponsel anda, dorongan uap bisa membuatnya menyebar semakin luas.

5. Mengisi Daya saat HP Kemasukan Air

Hal fatal terakhir yang tidak boleh anda lakukan saat ponsel anda kemasukan air adalah mengisi daya / charging. Karena menyambungkan HP dengan charger dalam keadaan basah dapat menimbulkan korsleting.

Hal ini juga berlaku pada HP anda yang terkena air dalam keadaan mengisi daya. jika hal itu terjadi, cara terbaik yang bisa anda lakukan ialah segera melepaskan konektor dari charger.

Mengapa demikan? karena jika sampai terjadi korsleting, maka kerusakan pada beberapa komponen seperti kerusakan pada speaker, baterai, resistor, kapasitor dan lain sebagainya akan cepat terjadi.

Itulah hal-hal yang tidak boleh anda lakukan pada ponsel anda yang kemasukan air, untuk mencegah kemungkinan anda mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaiki ponsel anda yang terkena air, tentu jangan menyimpan ponsel anda dekat sumber air.

Yang terpenting jangan selalu mengedepankan insting saat hp Anda kemasukan air, jika Anda tidak mengerti cara-cara yang harus dilakukan saat hp kemasukan air, anda bisa mencari informasi terlebih dahulu. Karena saat ini sudah banyak informasi yang disediakan dari berbagai media.

Sekian informasi singkat yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan pembaca. Terimakasih.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment