bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Cara Dapat Internet Gratis Dari Pemerintah Terbaru

driacom.com - Tahun ajaran baru 2021/2022 telah dimulai, seluruh pelajar dan guru di seluruh Indonesia siap untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar jarak jauh. Mengingat masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar pun harus dilakukan dari rumah secara online.

Untuk bisa mengikuti kegiatan belajar secara online, tentunya harus memiliki kuota internet untuk mengaksesnya. Lalu bagaimana jika tidak punya uang untuk membeli kuota internet? Tenang saja, kabar gembira bagi pelajar dan guru, karena pemerintah kembali memperpanjang subsidi/bantuan kuota internet gratis yang ditujukan untuk pelajar dan guru hingga akhir tahun 2021.

Sesuai dengan pernyataan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, melalui akun Instagram pribadinya yang mengumumkan bahwa pemerintah berencana akan memperpanjang bantuan kuota internet hingga akhir tahun 2021.

Perlu kamu ketahui, Kebijakan/program bantuan kuota internet gratis ini sudah berjalan sejak bulan Januari 2021 dan telah menghabiskan dana sebesar 3 Triliun Rupiah. Dengan memperpanjang kebijakan ini, maka total anggaran dana yang harus dikeluarkan pemerintah pun ditambah menjadi sebesar 8,54 Triliun Rupiah.

Cara Dapat Kuota Gratis Dari Pemerintah Terbaru 2021

Internet gratis dari pemerintah

Bantuan kuota internet gratis ini akan disalurkan langsung ke nomor pelajar dan guru yang telah terdaftar di sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Namun, apabila pelajar dan guru belum mendaftarkan nomor handphone atau telah mengganti nomor handphone yang sudah terdaftar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerima bantuan kuota internet gratis tersebut.

1. Calon penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum masa penyaluran untuk mendapatkan kuota internet gratis dari pemerintah (Kemendikbud).

2. Pimpinan atau Operator satuan pendidikan harus Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor yang berubah atau nomor baru pada laman Kemendikbudristek di https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ atau https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (Untuk jenjang pendidikan tinggi).

Rincian besaran bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbudristek Tahun ajaran 2021/2022.

Besaran bantuan kuota gratis yang diterima akan berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing pelajar/mahasiswa. Berikut rinciannya.

1. Peserta didik (pelajar) jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan menerima bantuan kuota umum sebesar 7GB per bulan.

2. Peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) akan menerima bantuan kuota umum sebesar 10GB per bulan.

3. Pendidik (guru) dari jenjang PAUD hingga SMA akan menerima bantuan kuota umum sebesar 12GB per bulan.

4. Dosen dan mahasiswa akan menerima bantuan kuota umum sebesar 15GB per bulan.

Catatan : Bantuan kuota internet gratis ini hanya dapat diakses/digunakan untuk layanan pembelajaran, sehingga tidak bisa digunakan untuk media sosial, bermain game online atau konten hiburan lainnya.

Untuk memastikan apakah Anda telah mendapatkan bantuan kuota gratis atau tidak, Anda bisa mengeceknya sesuai operator SIM yang anda gunakan.

Cara Cek Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Cek Internet Gratis Dari Pemerintah

Pengguna Telkomsel :

• Melalui SMS dari Telkomsel atau dengan menghubungi *888# atau melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pengguna Indosat :

• Melalui aplikasi myIM3 atau dengan menghubungi nomor USSD *123*075# kemudian pilih nomor satu.

Pengguna Tri :

• Melalui aplikasi Bima+ atau dengan menghubungi nomor USSD *123*10*3#.

Pengguna XL dan Axis :

• Melalui aplikasi myXL dan AxisNet atau dengan menghubungi nomor USSD *123# lalu pilih info.

Itulah informasi singkat terkait Cara Dapat Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu bagi anda yang bingung agar dapat bantuan kuota gratis dari Kemendikbud. Selamat mencoba.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment