bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

34 Software Desain Grafis Terbaik Gratis & Berbayar 2023

Software, designer, desain
sumber : freepik

Dengan pesatnya perkembangan teknologi seperti yang kita ketahui saat ini, maka perkembangan dunia visual juga meningkat secara drastis. Sekarang banyak pelaku bisnis yang menyampaikan pesannya secara visual, sehingga hal inilah yang membuat semakin banyaknya bermunculan para desainer grafis yang handal.

Pada peminat desain grafis semakin meningkat, bidang pekerjaan ini terus berkembang.
Nah, Anda bisa juga memiliki ‘hobi’ sebagai desain grafis, jika Anda berbakat maka Anda bisa menjadi profesional dalam bidang ini.

Terdapat banyak software desain grafis yang bisa digunakan, baik yang gratis maupun berbayar.
Penggunaan yang versi gratis umumnya telah memberikan fitur yang sudah cukup baik, bagi anda pemula dalam desain grafis, maka Anda disarankan mencoba menggunakan program yang versi gratis terlebih dahulu.

Berikut di bawah ini berbagai software desain grafis yang bisa Anda gunakan:

Software Desain Grafis Gratis Terpopuler

1. PosteRazor

Apabila ingin menghias kamar atau rumah maka bisa dengan menempatkan beberapa poster di dinding. Hanya saja yang menjadi problem, ukuran kertas untuk poster tidak bisa dicetak dengan printer biasa.
Masalah ini bisa diatasi dengan adanya software PosteRazor, untuk mencetak poster dengan ukuran yang besar di printer biasa.

Pada PosteRazor, nantinya pengguna bisa memilih ukuran lembaran kertas yang ingin digunakan, serta bisa mengatur pemberian spasi antara porongan kertas gambar, agar menghindari kesalahan dalam pengguntingan gambar.

Dengan PosterRazor, menjadi  hal yang mudah untuk mencetak poster dari printer biasa.
PosteRazor memotong gambar raster menjadi potongan-potongan, yang setelah itu bisa dicetak dan dirakit untuk menjadi sebuah poster. PosteRazor menjadi software gratis yang sangat bagus untuk membuat poster. Dengannya, mempermudah Anda untuk membuat poster atau billboard.

Pada program ini, potonglah gambar raster menjadi potongan-potongan, untuk kemudian dicetak dan dikumpulkan menjadi poster.
Uuran halaman dan orientasi printer dimana poster akan dicetak, nantinya bisa Anda atur secara manual, atau terdapat pilihan yang tersedia secara default yaitu DIN A4, DIN A3, Hukum, Surat, Tabloid.

Untuk batas ukuran satu halaman adalah 5 meter (16,4 kaki). Dimana PosteRazor hadir dengan kemampuan cetak per raster. Anda bisa menyimpan poster ke dalam format PDF. PosteRazor tersedia untuk berbagai platfrom yaitu: Windows, OSX dan Linux. Program ini gratis dan bersifat open source.

2. Inkscape

Inkscape adalah software gratis untuk desain vektor, yang mendukung sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Software Inkscape bersifat open source. Padanya terdapat tool seperti spidol, klon, dan alpha blending.

Software Inkscape ini berfungsi sebagai pengolah vector. Jika Anda selama ini mendengar tentang software Corel Draw dan Adobe Illustrator, maka fungsinya seperti itu.
Dengannya Anda bisa membuat dan merancang suatau desain vector. Diluar sana terdapat banyak program desain vektor, Inkspace adalah salah satunya yang cukup bagus digunakan.

Dibuat dengan kaya akan fitur, terdapat banyaknya tool penting untuk editing. Anda bisa menggunakan banyak sekali tool: spidol, membuat teks, klon, alpha blending, pola, transformasi, gradien, dan grouping.

Program ini support creative Commons metadata, editing XML, mengedit node. Meskipun gratis, fitur-fitur yang ada pada software Inkspace lumayan bagus.
Inkscape juga telah digunakan oleh kalangan profesional dalam membuat logo, ilustrasi, icon, diagram, peta, brosur, poster, pamflet, web grafis dan desain lainnya.

Inkscape memiliki tools untuk menggambar yang secanggih Adobe Illustrator ataupun CorelDRAW. Inkscape memiliki kemampuan untuk mengimport berbagai format file seperti : PNG, SVG, AI, EPS, PDF, dan PS. Tidak ada salahnya untuk mencoba Inkscape.

Ini merupakan software buatan Adobe System yang banyak digunakan oleh para desainer untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah dan buku.
Dengan Adobe Indesign memudahkan untuk desain visual dan berkreasi. Di Indonesia sendiri, program ini banyak digunakan untuk membuat layout koran dan majalah.

Adobe Indesign adalah software berbayar dan harganya sangat mahal, namun kemampuannya benar-benar premium. Program ini berbeda dengan Adobe Photoshop yang lebih fokus untuk digunakan dalam editing gambar. Dimana Adobe Indesign ini bias digunakan untuk membuat sebuah layout media cetak. Bagi para desainer yang masih pemula, dapat memakai dan beradaptasi dengan program ini secara mudah, tersedia tutorialnya untuk diikuti.

Penggunaan tool-toolnya didesain agar semudah mungkin. Terdapat tool yang berupa efek (seperti dimiliki oleh Adobe Photoshop) seperti glow, shadow, bevel, dan lainnya.
Lalu terdapat tool untuk mem-blur gambar, efek artistik, membuat tabel, hingga konversi gambar ke format .pdf.

Walau Adobe Indesign diklaim sebagai program terbaik untuk mendesain majalah, koran, dan lainnya, terdapat beberapa hal yang kurang memuaskan. Dimana untuk penggunaan format teks rata kanan kiri (justify), tidak jarang jarak antar teks tampak tidak natural (bisa terlalu jauh atau terlalu dekat).
Program ini tidak dapat diandalkan untuk mendesain logo yang lebih rinci dan leluasa, untuk kemampuan dalam hal ini maka ada pada software Adobe Illustrator.

Software Adobe indesign ini sering dijadikan kursus oleh orang-orang (pengajar), karena software ini sudah cukup terkenal, dan kemampuann telah teruji dan memuaskan.
Adobe Indesign sering digunakan pihak penerbit buku untuk membuat layout. Penggunaannya diandalkan untuk mengatur layout, tapi apabila yang Anda inginkan adalah software untuk membuat desain grafis yang lebih detail dan leluasa maka Adobe Indesign tidak cocok untuk hal itu.

Pada program Adobe Indesign nantinya tersedia pilihan efek layout yang beragam. Program ini banyak digunakan oleh para desainer grafis profesional, untuk desain tata letak (layout) seperti buku, majalah, koran, company profile, annual report, dll.

4. LibreCAD

LibreCAD adalah software gratis yang bisa digunakan di OS Windows, Mac & Linux, dengannya Anda bisa membuat desain blue print.
Ini merupakan aplikasi Desain CAD 2D gratis dan bersifat open Source. LibreCad merupakan pprgoram percabangan dari QCad yang dikembangkan sejak 2010-an. Qcad sendiri merupakan aplikasi Cad 2D yang memiliki versi gratis dan berbayar.

Pada awalnya LibreCad dibuat untuk membangun kemampuan di bidang CAM menggunakan “matchmate cnc router”. Walau program ini gratis, tapi fitur yang disediakannya bisa dikatakan cukup banyak. Software ini mendukung banyak bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
AutoCAD merupakan aplikasi populer untuk mendesain gambar secara 2D atau 3D, aplikasi ini banyak digunakan oleh para arsitek, insinyur mesin, teknik sipil, hingga desainer interior. Hanya saja AutoCAD harganya mahal.

Nah, Anda bisa menjadikan LibreCAD yang berukuran kecil sebagai alternatif, dimana penggunaannya hanya bisa untuk mendesain gambar secara 2D saja. Fitur-fitur yang disediakan untuk mendesain gambar 2D bisa diandalkan.
Fungsi drawing dan dimensioning bisa diakses dengan mudah pada menu utama.

5. Google SketchUp

Aplikasi ini berguna untuk desain interior, sejak bulan Juni 2012, program ini sudah berganti pemilik dari Google menjadi Trimble Navigation Limited, dan namanya saat ini Sketch Up.
Sketchup digunakan untuk membuat model 3D, termasuk juga memiliki kemampuan untuk konversi gambar 2D menjadi 3D. Kegunannya biasanya untuk membuat obyek 3D profesional.

Fitur-fiturnya berupa menggambar (drawing), efek dan tekstur. Dengannya, bisa membuat gambar 3D tanpa batas, termasuk untuk membuat desain arsitektur, map, blueprint dan lainnya.
Hal yang bagus, program ini kompatibel dengan layanan aplikasi Google Earth dan Google Maps, hal ini untuk memudahkan jika layanan aplikasi tersebut diperlukan dalam projek.
Program ini support format gambar JPG, PNG, TIF, BMP, SKP dan DEM. Untuk penyimpanan, supprt format PNG, JPG, SKP, BMP, TIF, DAE dan KMZ.

Terdapat fitur 3D Modelling, pengukuran yang akurat, solid tool, duplikasi data, dan banyak lainnya.
Pada bagian Analysis & Advanced Operations, tersedia fitur perangkat Kamera, pembuatan laporan, perhitungan area dan volume, pembuatan obyek dari foto, dll.

Sketchup Pro memberikan sangat banyak fitur yang lebih kompleks. Saat program ini masih dimiliki Google bisa digunakan secara gratis (saat itu namanya Google Sketchup), namun sekarang untuk memakai Sketchup Pro harus membayar $590 untuk bisa menggunakan versi pro (untuk memperoleh fitur lengkap).

Anda bisa menggunakan Sketchup Make yang merupakan versi lamanya, yang bisa Anda download secara gratis dari pihak ketiga.

6. AAA Logo

Ini adalah software gratis yang bisa digunakan untuk mendesain & membuat logo secara praktis, software ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows.

Software AA Logo ini cocok bagi para pemula yang ingin membuat logo secara praktis. Dalam pembuatan logo, Anda bisa menyesuaikan warna, efek, dan huruf. Selain itu terdapat lebih dari 8000 obyek yang bisa digunakan.

7. LibreOffice Draw

Program ini gratis, yang bisa digunakan untuk membuat grafis, diagram dan grafik sederhana. Seperti namanya, program ini merupakan bagian dari software produktivitas LibreOffice suite yang bersifat open source.

Dengannya, Anda bisa membuat karya seni yang kompleks, disamping juga cocok untuk digunakan dalam membuat grafik dan diagram.

8. DrawPlus Starter Edition from Serif 

Ini merupakan software gratis untuk desain Graphic yang digunakan di OS Windows. Program ini sebagai editor grafis vektor 2D yang dengannya Anda bisa menggambar, merancang, mengedit dan membuat desain.

DrawPlus memiliki beberapa fitur hebat yang memungkinkan pengguna untuk bisa membuat objek 3D. Penggunannya bisa untuk membuat logo, gambar teknik, animasi, dll. Terdapat berbagai template yang bisa digunakan, serta ada tutorial untuk pengguna pemula.

9. SVG-Edit

Ini merupakan program desain grafis vektor di browser, dengannya Anda bisa mereproduksi gambar atau vektor seni secara terprogram, Scalable Vector Graphics [SVG] adalah formatnya. Program ini bersifat open source, yang berarti Anda bisa mendownload dan men-tweak kode untuk memprogramnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa merancang atau mengedit elemen SVG. Anda bisa dengan cepat mengedit dan memproses vektor 2D.

11. Ultimate Paint

Ini merupakan program yang berisi alat manipulasi gambar untuk sistem operasi Windows. Ultimate Paint adalah program grafis Windows 32-bit dengan fitur lengkap untuk pembuatan gambar, terdapat tool manipulasi.

Terdapat semua fungsi dasar secara lengkap. Format gambar yang didukung untuk diedit yaitu PEG, GIF, PNG, BMP, PCX, AVI (hanya baca), TGA, WMF / EMF, ICO (hanya baca), IFF / LBM, WAPP.

12. SmoothDraw NX

SmoothDraw NX bisa digunakan secara gratis untuk pengguna tablet, dengannya Anda bisa membuat gambar berkualitas tinggi. Terdapat banyak tool dalam menggambar seperti pena, pensil, sikat, alat retouch, dll.

13. Fat Paint

Fat Paint merupakan software desain grafis gratis yang menyediakan tool pembuat logo, cat, ilustrasi vektor, serta bisa mengedit foto dan merancang produk secara online.

14. Paint.net

Ini merupakan software editing gambar gratis untuk Windows, terdapat alat editing gambar dengan beberapa fitur dasar dan canggih. Fitur-fiturnya cukup bisa diandalkan dalam pengeditan.

15. GIMP

GIMP adalah program manipulasi gambar yang banyak digunakan untuk retouching foto, manipulasi gambar, penulisan gambar dan pengaturan komposisi gambar, dll.

Software ini adalah software desain grafis gratis yang populer, bahkan dikenal sebagai alternatif Photoshop. Software GIMP tersedia untuk Windows, Mac OS X, dll.

Pada Pixlr, Anda bisa memilih lebih dari 2 juta kombinasi efek, hamparan, dan batas bebas untuk mempersonalisasi gambar.

17. Sumo Paint

Ini adalah program desain grafis online yang bisa digunakan secara gratis. Dengannya Anda bisa mengedit foto.

18. Image Magick

Software ini bisa digunakan di Windows, Linux, Mac OS X, iOS, dan Android. Image Magick adalah program yang ampuh untuk mengkonversi gambar dari satu versi ke versi lainnya. Misalnya mengubah .JPEG ke .PNG.

Dengannya Anda juga bisa membuat, menulis, mengedit dan mengubah gambar bitmap ke versi lain.

19. Daz Studio

Software ini bisa digunakan untuk membuat model 3D dan animasi 3D, bagi Anda pengguna Windows dan Mac bisa menggunakan software ini.

Terdapat cukup banyak tutorial penggunaan software ini. Dengan software Daz Studio Anda bisa membuat karakter 3D khusus, avatar, elemen desain grafis, atau gambar lainnya.

Software ini gratis, bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan kemampuan desain gambar 3D Anda.

20. Blender

Software Blender ini gratis dan bersifat open source, berguna untuk membuat gambar 3D. Support untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

21. Anim8or

Software ini bisa digunakan di sistem operasi Windows. Anim8 memiliki banyak fitur canggih, seperti modeler 3D untuk membuat dan memodifikasi model 3D, dengan dukungan font TrueType untuk teks 2D dan 3D.

22. Google Developers

Google Chart ditawarkan oleh pengembang Google yang kegunannya untuk membuat dan menyesuaikan grafik dari berbagai data di web.

Ini adalah alat visualisasi data gratis yang membantu Anda dalam membuat diagram lingkaran interaktif, diagram garis, diagram kolom, bagan area, peta pohon, batang, dan lainnya.

Dengannya, Anda bisa dengan mudah membuat visual representasi data, Anda juga bisa memperoleh kode untuk menyematkannya ke dalam laman web, spreadsheet, dll.

23. Visual.ly

Dengan program ini Anda bisa membuat infografis yang interaktif. Ini merupakan aplikasi perancangan visual terbaik untuk membuat infografis yang menakjubkan. Anda bisa menggunakannya secara gratis.

24. Infogr.am

Program ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat Infografis dan grafik visual secara online. Penggunannya hanya dalam 3 langkah sederhana: pilihlah template, visualisasikan data Anda, kemudian terbitkan.

Dalam penggunannya, Anda bisa memilih dari lebih dari 30 jenis grafik interaktif termasuk bar, garis, area, peta dan banyak lagi secara gratis.

25. Easel.ly

Ini adalah program pembuat infografis yang hebat, Anda hanya perlu mengklik template infografis, lalu memasukan data-data dengan mudha.

26. Visualize.me

Dengannya Anda bisa memvisualisasikan infografis secara gratis. Terdapat lebih dari 500.000 infografis yang telah dibuat. Ada banyak tool canggih yang disini yang membantu Anda dalam membuat infografis.

Software Desain Grafis Berbayar Terpopuler

Software, designer, Desain
Sumber : Freepik

27. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah software desain vektor terbaik, dengan fitur super lengkap dan canggih, namun software ini berbayar.

Hal ini seperti CorelDraw yang juga menjadi software vektor yang paling populer di Indonesia, karena harganya yang lebih murah dibandingkan Adobe Illustrator. Namun, patut diakui hingga saat ini Adobe Illustrator masih menjadi “raja” dari software desain vektor.

Fitur Adobe Illustrator dinilai lengkap, terdapat palet layar seperti yang ada di Adobe Photoshop, serta memiliki beberapa efek yang juga ada di photoshop.

Software ini sering digunakan pada desainer profesional dalam mendesain logo, banner / spanduk, mendesain gambar, sketsa, ikon aplikasi, kaos baju, ilustrasi dan banyak kegunaan lainnya.

28. Corel Draw

Ini adalah saingin berat software Adobe Illustrator, dengan fungsi yang sama diantara keduanya. Hanya saja, Adobe Illustrator memang memiliki kualitas dan fitur yang lebih baik, namun masyarakat Indonesia lebih memilih Corel Draw karena harganya yang lebih terjangkau.

Banyak percetakan di Indonesia yang menggunakan software Corel Draw ini. Pengaturan layout-nya yang mumpuni dan cepat dalam pengerjaannya.

29. Macromedia Flash

Software Macromedia Flash akan sangat penting bagi mereka yang hobi atau kerjanya sebagai desainer web, atau juga sebagai pembuat iklan. Software ini sangat bagus sebagai alat untuk membuat animasi.

Bahkan, software Macromedia Flash juga mampu digunakan untuk membentuk game. Para profesional pembuat desain animasi sering menggunakan software ini dalam memunculkan karya-karya yang hebat.

30. Macromedia Freehand

Program ini digunakan untuk membuat grafik vektor 2 dimensi, yang tersedia untuk pengguna Windows dan Mac OS X. Fungsi software Macromedia FreeHand mirip dengan Adobe Illustrator.

Sebagai sebuah program yang fleksibel, FreeHand sering digunakan dalam pembuatan sistem layout halaman, pembuatan grafik vektor untuk printing dan web.

31. Corel Photo Paint

Corel Photo Paint digunakan untuk untuk mengedit photo, kemampuan yang dimilikinya kurang lebih sama dengan Adobe Photoshop, seperti bisa memanipulasi gambar dan lainnya.

Seperti halnya Adobe Photoshop, software Corel Photo Paint ini merupakan software berbayar yang sangat bisa diandalkan dalam mengedit gambar.

32. Adobe After Effect

Ini adalah software untuk membuat efek yang dinamis, kemampuannya sungguh fantastis. Hampir semua efek yang mungkin Anda tonton di dalam film box office ternyata dibuat dengan software ini. Seperti efek chaos di lalu lintas yang dimana mobil saling menabrak seperti di film Die Hard 4. Lalu efek tembus kaca seperti yang ada di film Get Smart.

Software ini banyak diandlakan dalam pembuatan film. Tinggal membuat gambar yang cocok, lalu background pun tinggal diganti. Sehingga hal ini memungkinkan para pekerja film melakukan shooting dalam satu studio saja karena tinggal menggunakan greenscreen, lalu dengan software ini greenscreen tersebut diganti backgroundnya menjadi gambar yang diinginkan, beginilah umumnya pembuatan film yang dilakukan para profesional.

Dengan After Effect, desain anda bisa dijadikan bentuk animasi 3D, handwriting animation, grafiti, dan banyak lainnya. After Effect sangat hebat digunakan untuk menambahkan efek-efek visual pada video, serta digunakan dalam desain layout.

33. Manga Studio

Manga Studio cukup familiar dikalangan kumikus, software ini digunakan untuk membuat komik dan cartoon. Program ini memiliki fitur Line Art yang sangat bagus dalam membuat berbagai garis, dan segala jenis Pen mudah penggunannya.

Namun, kelemahan dari software Manga Studio adalah dari segi fitur pewarnaan, hal ini berbeda dengan Paint Tool SAI yang mempunyai banyak fitur pewarnaan, selain itu warnanya kuat dan tajam.

34. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan software desain grafis terbaik berbasis pixel (raster). Program ini telah menjelma sebagai aplikasi desain utama, yang bahkan dikatakan harus dimiliki oleh para desainer grafus di seluruh dunia.

Walaupun awalnya aplikasi ini dibuat untuk mengedit dan memanipulasi foto, tapi kemudian semakin dikembangkan, sehingga Photoshop memiliki fungsi yang beragam.

Kegunaannya bisa diandalkan dalam mendesain web, project layout dan graphic creation. Dengan perlengkapan yang kaya akan dwarna, serta hebat dalam mengolah gambar berbasis pixel.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)