bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tidak Cepat Habis

driacom.com - Baterai merupakan salah satu komponen penting dari laptop yang sering mengalami kendala bahkan kerusakan, salah satu contohnya yaitu boros dan cepat habis. Oleh sebab itu, daya tahan baterai menjadi pertimbangan yang penting ketika hendak membeli sebuah laptop. Mengapa demikian? Karena daya tahan baterai yang baik akan sangat membantu Anda dalam menunjang kegiatan sehari-hari dengan maksimal.

Oleh karena itu, Peranan baterai pada laptop sangatlah penting, karena jika baterai laptop Anda cepat habis maka pekerjaan Anda akan sangat terhambat. Dan kesalnya lagi, Anda harus selalu dekat dengan sumber listrik untuk mengisi daya untuk mengantisipasi agar laptop tidak mati tiba-tiba.

Kita sebagai pengguna yang cerdas tentu akan mencari cara agar laptop yang kita gunakan bisa bertahan lama. Salah satunya kita dapat melakukan pencegahan dengan cara merawat baterai laptop kita agar tidak cepat rusak.

Untuk itu, jika hal ini tidak ingin terjadi pada baterai laptop Anda, ikuti beberapa tips yang telah kami rangkum ini agar baterai laptop awet dan tidak cepat habis.

Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tidak Cepat Habis

Cara Agar Baterai Laptop Awet

1. Gunakan Charger Original

Pastikan Anda menggunakan charger original atau bawaan pabrik laptop. Karena seperti yang kita tau bahwa fungsi dari charger ialah memberikan sumber daya listrik dan mengisi daya baterai pada laptop. Jadi jangan sekali-kali anda menggunakan charger yang KW, karena dikhawatirkan output listrik yang dihasilkan akan berbeda dan arus listrik yang distabilkan pun akan berbeda. 

2. Perhatikan Suhu Laptop Ketika Charging

Jangan biarkan laptop Anda melakukan charging ketika suhu laptop terlalu panas. Mengapa? Karena hal ini akan menyebabkan laptop Anda bekerja lebih keras, dan tentu akan menguras daya lebih besar sehingga efek buruknya akan kehilangan kemampuan menyimpan daya.

3. Atur Kecerahan Layar

Salah satu faktor yang menguras banyak daya baterai adalah layar monitor. Kecerahan layar yang terlalu terang akan menyebabkan baterai laptop cepat habis, oleh sebab itu, atur kecerahan layar jangan sampai terlalu terang, dan juga jangan sampai terlalu gelap, agar tetap bisa nyaman melihatnya.

4. Jangan Sampai Laptop Mati Total

Ketika Anda sedang menggunakan laptop, jangan sekali-kali menggunakan laptop hingga baterai habis 0% atau mati total. Karena kebiasaan buruk ini akan mengakibatkan usia baterai laptop anda menjadi pendek. Mengisi daya saat kondisi mati total akan membuat kinerja baterai menjadi berat untuk mengisi daya.

Akibatnya suhu laptop menjadi panas dan baterai laptop akan cepat rusak, seperti melemahnya komponen power yang ada dalam baterai tersebut. Jadi alangkah baiknya, ketika baterai dibawah 30% segera lah untuk mengisi daya, untuk meminimalisir kerusakan pada baterai.

5. Gunakan Mode Power Saver

Dengan menggunakan mode ini setidaknya akan menghemat daya yang digunakan laptop anda dan akan membatasi penggunaan daya dengan melakukan pengurangan performa. Setidaknya dengan melakukan ini, baterai laptop Anda tidak bekerja terlalu berat. Untuk mengaktifkan mode power saver ini, anda bisa klik icon baterai yang ada di pojok kanan bawah taskbar, lalu pilih power saver.

Itulah beberapa cara agar baterai laptop Anda awet dan tidak cepat habis. Nah setelah membaca artikel ini, sekarang teman-teman sudah tau kan apa yang bisa di lakukan untuk merawat baterai laptop teman-teman? Tapi perlu diingat, Dengan melakukan semua cara di atas bukan berarti baterai laptop anda tidak bisa rusak ya kawan, setidaknya cara di atas dapat meminimalisir kerusakan pada laptop Anda.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment