bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis Untuk Pemula

driacom.com - Seiring berkembangnya popularitas budaya Korea atau Korean wave di Indonesia, bahasa Korea mulai digandrungi dan disukai oleh para kaum millennial, khusus nya penggemar K-Pop dan Drama Korea.

Meskipun pengucapannya terbilang sulit, bahasa Korea menjadi salah satu bahasa di dunia yang paling banyak diminati. Pasalnya beberapa orang mulai mempelajari bahasa Korea, salah satu tujuannya ialah agar bisa lebih menikmati musik atau drama Korea kegemarannya tanpa harus membaca subtitle atau mendengarkan dubbing.

Bagaimana cara belajar bahasa Korea dengan mudah?

Saat ini sudah banyak cara dan metode yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Korea dengan mudah, salah satunya dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa. Dengan menggunakan aplikasi Anda bisa belajar dengan mudah melalui smartphone kapan saja dan dimana saja.

Pasalnya sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk mempelajari bahasa Korea. Kerennya, tidak hanya tulisan bahasa Korea saja, Anda juga bisa belajar kosa kata baru, hingga percakapan langsung dengan orang lain yang sama-sama sedang belajar bahasa Korea.

Nah, bagi Anda yang bertanya-tanya aplikasi apa yang cocok untuk belajar bahasa Korea secara gratis, berikut ini kami rangkum beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bisa Anda coba secara gratis kapanpun dan dimanapun.

10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis Untuk Pemula

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

1. Duolingo

Aplikasi pertama untuk belajar Bahasa Korea secara gratis ialah Duolingo. Dengan Duolingo ini Anda bisa mempelajari macam berbagai bahasa asing, termasuk bahasa Korea. Anda bisa dengan mudah mempelajari kosa kata dan kalimat umum yang sering digunakan sehari-hari. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengasah kemampuan grammar dengan mengisi soal-soal kuis yang akan meningkatkan level bahasamu.

Pada aplikasi Duolingo ini Anda bisa mengatur jadwal belajar sendiri. Anda bisa memasang alarm pada jam belajar yang Anda inginkan. Ketika sudah mencapai jam tersebut, Duolingo akan mengingatkan Anda agar tidak melewatkan kegiatan belajar. Keren bukan?

Anda bisa mengunduh aplikasi Duolingo ini di Google play store ataupun AppStore. Selain itu Anda juga bisa mengaksesnya melalui web browser di laptop atau komputer Anda. Jika Anda ingin menghilangkan iklan dan ingin belajar bahasa Korea secara offline di aplikasi Duolingo ini, Anda harus meng-upgrade nya ke opsi Plus.

2. Memrise

Selanjutnya, ada Memrise. Aplikasi ini cukup populer untuk keperluan belajar bahasa asing, termasuk bahasa Korea secara gratis. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang menarik seperti pelajaran tata bahasa, kosa kata hingga kuis yang disajikan lewat permainan dengan konsep mix and match. Dengan dilengkapi audio pelafalan, spelling dan lain sebagainya akan menambah sensasi tersendiri saat belajar bahasa Korea.

Sebagai pemula, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda coba. Pasalnya pada aplikasi ini Anda bisa mengenal alfabet bahasa Korea, grammar dasar, frase, cara pengucapan dan materi lainnya yang disediakan langsung oleh pengajar ahli.

3. HelloTalk

Aplikasi HelloTalk ini sangat cocok bagi Anda yang lebih suka praktik dibandingkan pembahasan materi. Dengan aplikasi ini Anda dapat menemukan dan memilih teman yang sama-sama ingin belajar bahasa baru. Contohnya, jika Anda menguasai bahasa Indonesia namun ingin belajar bahasa Korea, Anda akan dipasangkan dengan orang lain yang menguasai bahasa Korea namun ingin belajar bahasa Indonesia. Sama-sama menguntungkan bukan?

Setelah memilih dan menemukan teman yang cocok, Anda bisa langsung mempraktikkannya dengan cara saling mengajarkan bahasa yang dikuasai masing-masing. Dengan adanya fitur chat yang dilengkapi dengan voice note pada aplikasi ini, akan sangat membantu Anda dalam mengoreksi pengucapan kata atau kalimat secara bersama-sama.

4. Bravo Language

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda pilih ialah Bravo Language. Pada aplikasi ini Anda bisa melakukan pencarian kosakata secara instan. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengatur ukuran huruf sesuai dengan keinginan Anda.

Setiap kosakata yang tersedia di aplikasi ini ditampilkan dalam bentuk huruf Korea (Hangul) dan latin nya, dan juga tersedia potongan audio untuk membantu Anda dalam mempelajari pengucapan kata atau kalimat dengan baik dan benar. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan untuk membacanya.

Kerennya, di aplikasi ini Anda bisa menggunakan fitur perekaman dan pemutaran ulang. Jadi Anda bisa langsung mengevaluasi hasil kemampuan berbahasa Anda dengan cara membandingkan hasil rekaman suara Anda dengan rekaman audio dari aplikasi ini. Menarik bukan?

5. LingoDeer

Hampir mirip dengan Duolingo, LingoDeer ini merupakan salah satu aplikasi khusus untuk belajar bahasa asing. Hanya saja, LingoDeer ini hanya berfokus pada bahasa-bahasa dari negara Asia, seperti bahasa Indonesia, Korea, Jepang, Vietnam dan negara Asia lainnya.

LingoDeer menyediakan berbagai macam materi pembelajaran dan berbagai format kuis yang terstruktur. Sehingga setiap pelajaran baru yang ditambahkan akan selalu berhubungan, jadi Anda akan lebih mudah untuk menghafal dan mengingatnya.

6. Drops : Language Learning

Drops telah menyediakan materi pembelajaran lebih dari 30 bahasa asing sekaligus, termasuk bahasa Korea. Aplikasi ini didesain lebih unik dari aplikasi belajar bahasa Korea lainnya, pasalnya proses pembelajaran di aplikasi ini dibuat lebih seru dan menyenangkan seperti game.

Berbeda dengan aplikasi belajar bahasa Korea yang lain, Drops lebih fokus terhadap pembelajaran kosakata dan frasa. Setiap kosakata disajikan dengan tampilan visual yang menarik, sehingga Anda bisa lebih mudah menghafal dan mengingatnya. Sayangnya, di versi gratisnya Drops hanya memberikan waktu 5 menit saja setiap sesinya. Namun, jika Anda rajin lambat laun akan menambah pengetahuan bahasa Korea Anda.

7. Naver Dictionary

Perlu Anda ketahui, Naver merupakan salah satu mesin pencari paling populer di Korea. Naver telah menciptakan aplikasi khusus untuk belajar bahasa Korea, yang diberi nama Naver Korean Dictionary.

Dengan mengunduh aplikasi Naver Korean Dictionary ini, Anda dapat belajar bagaimana cara penggunaan kosakata, kalimat-kalimat populer hingga struktur tata bahasa Korea yang baik dan benar.

Naver Dictionary ini tersedia dalam 33 bahasa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jadi tentu saja hal ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan bahasa Korea ke bahasa lain, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur rekaman audio yang akan membantu Anda dalam melatih pengucapan bahasa Korea yang baik dan benar.

8. EggBun

Selanjutnya, EggBun. Disini Anda bisa belajar membaca, menulis, mendengarkan hingga berbicara dalam bahasa Korea. Tapi bagaimana jika kita masih pemula? Tenang saja, di aplikasi EggBun ini terdapat maskot lucu berbentuk telur, yaitu Lanny. Jadi Lanny inilah yang akan membantu Anda dalam proses belajar bahasa Korea.

Selain itu, semua materi pembelajaran yang tersedia disini sudah disusun dengan baik dan rapih, sehingga pemula tidak akan merasa kebingungan saat ingin belajar bahasa Korea.

9. Talk to Me in Korean

Selanjutnya, Talk to Me in Korean. Aplikasi ini dapat digunakan oleh semua kalangan, baik itu pemula, kelas menengah bahkan yang sudah mahir sekalipun. Disini Anda bisa belajar bahasa Korea mulai dari pengenalan huruf-huruf Hangul, cara pengucapan yang baik dan benar, frase, kosakata, bahkan Anda bisa sekaligus belajar bahasa slang Korea.

Selain melalui aplikasi ini, Anda dapat belajar bahasa Korea melalui podcast, Instagram dan channel YouTube mereka. Namun tak hanya itu, jika Anda ingin belajar secara offline Anda bisa mendapatkan semua materi dalam bentuk buku, lhoo..

10. TenguHo Hangul

Aplikasi terakhir yang bisa Anda pilih sebagai sarana belajar bahasa Korea ialah TenguHo Hangul. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini benar-benar ditujukan untuk para pemula yang baru belajar bahasa Korea dan ingin mengenal huruf-huruf alfabet Korea (Hangul).

Hal yang menarik dari aplikasi ini ialah Anda bisa belajar bahasa Korea sekaligus mengetahui informasi sejarah pembuatan Hangul, tentu ini sangat menambah ilmu pengetahuan teman-teman.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea gratis untuk pemula yang sudah kami rangkum untuk Anda. Dari beberapa aplikasi di atas memiliki cara atau metode pembelajaran yang berbeda-beda. Anda tinggal memilih mana yang lebih cocok dengan gaya belajar Anda.

Eitss jangan lupa jika Anda sudah mencoba beberapa aplikasi belajar online di atas, share pengalaman Anda ketika belajar bahasa Korea di kolom komentar di bawah ini ya.. selamat mencoba.

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)