bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Spek Komputer Untuk Instal Windows 11

driacom.com - Pada bulan Juni 2021 kemarin, Microsoft resmi meluncurkan Sistem Operasi Windows 11 dan perusahaan memastikan bahwa ada beberapa syarat spek minimum yang harus dipenuhi agar komputer dapat menggunakan sistem operasi baru tersebut.

Disamping itu, untuk bisa melakukan instalasi windows 11, perangkat (komputer) anda harus mengaktifkan Trusted Platform Module 2 (TPM 2). Lalu bagaimana cara mengaktifkan TPM 2 tersebut? Langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Spek Komputer Untuk Instal Windows 11

Spek Komputer Untuk Instal Windows 11

Berikut syarat spek minimum untuk windows 11 dan cara mengaktifkan TPM 2.

Spek komputer yang memenuhi syarat :

  1. Memiliki RAM minimal 4 GB.
  2. Memiliki ROM atau Ruang Memori Internal minimal 64 GB.
  3. Prosesor minimal berkecepatan 1GHz.
  4. Kartu Grafis (VGA Card) yang kompatibel dengan DirectX12 dan Windows Display Driver Model 2.0
  5. Layar monitor komputer minimal 9 inci dan mendukung resolusi minimal 720p. 

Catatan tambahan : untuk mengecek resolusi layar, anda bisa pergi ke Settings > System > Display. Jika rekomendasi layar anda minimal 1280p x 720p, maka perangkat anda bisa menginstal windows 11.

Cara mengaktifkan TPM 2.

Tidak cukup sampai disitu, untuk bisa menginstal windows 11, anda juga perlu mengaktifkan Trusted Platform Module atau TPM 2.0. TPM sendiri berbentuk chip yang terpasang di motherboard untuk mengamankan enkripsi dan hardware dari serangan cyber maupun booting.

Jika tidak ada pada motherboard Anda, anda bisa membeli TPM secara terpisah. Namun umumnya TPM otomatis tersedia di chipset AMD ataupun Intel yang dirilis dalam waktu 5 atau 7 tahun terakhir ini.

Di Intel, teknologi ini dinamakan Intel Platform Trust Technology (Intel PTT). Sementara untuk AMD sendiri, teknologi ini biasanya dinamai AMD Platform Security Processor (AMD PSP fTPM).

Intel dan AMD ini sudah jauh-jauh hari menambahkan teknologi TPM ke produk-produk mereka yang dirilis sejak tahun 2013 silam. Teknologi ini rata-rata sudah mendukung TPM 2.0.

Untuk mengecek apakah perangkat (Laptop / Komputer) anda sudah mendukung TPM 2.0 atau belum, anda bisa ketik tpm.msc di kolom pencarian windows 10 atau bisa ketikkan di shortcut Windows+R.

Kemudian, pengguna akan diarahkan TPM Management on Local Computer. Jika statusnya tertulis "The TPM is ready for use", maka anda bisa melanjutkan untuk proses instalasi Windows 11.

Itulah informasi singkat terkait Spek Komputer Untuk Instal Windows 11 yang dapat sampaikan. Setelah membaca artikel ini Apakah laptop atau komputer anda memenuhi syarat?

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)