bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

36 Situs Belajar Online Terbaik 2022

36 Situs Belajar Online Terbaik 2022 - Jika dahulu ada pepatah yang mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Maka dengan kondisi di masa sekarang yang serba canggih, dengan adanya internet maka Anda tidak lagi diharuskan pergi jauh untuk bisa memperoleh ilmu.

Dengan adanya internet, maka selain kegunaannya untuk hiburan, kegunaannya juga bisa untuk menambah pinter. Kini di internet sudah banyak bertebaran situs-situs yang berisi pengetahuan dan belajar online.

Oleh karena itu manfaatkan situs-situs yang bisa menambah wawasan dan membuat Anda lebih pintar, hari gini internet cuma digunakan untuk FB-an sama Twitteran saja? Kasian banget.

Berbagai hal yang bisa membuat kita tumbuh dan berkembang untuk menjadi lebih baik, maka bisa diperoleh dari internet.

Daftar Situs Belajar Online

Situs belajar online, web belajar online, situs daring, belajar daring, belajar online
Ilustrasi belajar online

Nah, untuk sobat driacom yang ingin memperoleh ilmu dan pengetahuan dengan cara yang berbeda ini, maka kali ini driacom akan merincikan berbagai website untuk belajar secara online.

1. Ilmugrafis.com

Bagi Anda yang memiliki hobi atau ketertarikan dengan dunia ilmu desain, maka Anda dapat belajar dan mengasah skill yang dimiliki di werbiste Ilmu Grafis ini.

Ketika mengunjungi situs ini maka nantinya Anda akan memperoleh berbagai tutorial yang disajikan secara gratis untuk diakses, disamping itu tutorial yang disajikan dilengkapi dengan gambar tiap-tiap langkahnya, sehingga akan lebih memudahkan untuk dipratekkan.

Pada tutorial yang tersedia, mencakup animasi dengan Swishmax dan Flash. Selain itu terdapat desain 3D dengan AutoCAD, 3dsMax, Cinema 4D, hingga tutorial mengedit video.

2. BelajarInggris.net 

Di website ini bisa Anda manfaatkan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Nantinya setelah mengunjungi situs ini, disana Anda akan menemukan berbagai kategori yang berguna untuk mempelajari bahasa inggris dasar, belajar grammar, tenses, vocabulary, hingga percakapan.

Dengan situs ini, Anda nantinya bisa memperkaya kosakata. Terdapat banyak ilmu pelajaran gratis yang bisa diperoeh saat ini, walaupun jika ingin lebih lanjut maka situs ini lebih bersifat kursus online, tidak semua ilmu dibagikan secara gratis di situs ini.

3. Instructables.com

Situs Instructable bisa Anda manfaatkan untuk membuat suatu barang, dengan cara memanfaatkan barang-barang lainnya yang tidak terpakai, atau dengan menggunakan barang-barang sederhana yang mudah ditemukan di lingkungan.

Nantinya di situs Instructable Anda akan mendapatkan berbagai cara pembuatan yang disertai dengan daftar bahan-bahan yang perlu dipersiapkan.

Jika Anda mau membuat barangnya nanti, maka setiap artikel yang terdapat di situs ini bisa dijadikan dalam bentuk dokumen PDF, tersedia fitur Download to PDF pada halaman yang ingin disimpan.

Mengenai situs Instructables ini, bahwa berkarya dan berkreasi tentu butuh tempat untuk menyalurkan. Sehebat apapun kreatifitas maka kurang elok jika tidak memiliki tempat untuk menunjukkan hasil karya pada orang lain.

Situs ini menjadi wadah yang saya kira sangat amazing, dimana setiap orang tentunya mempunyai cara berbeda dan unik dalam berkreasi dan berkaya.

Di situs komunitas online ini Anda bisa memposting tentang apa saja hal kreatif yang dimiliki. Instructables hanya menargetkan penggunanya yang merupakan orang-orang yang kreatif dan hobi untuk berkreasi dan merakit sesuatu.

Nantinya, Anda akan melihat hampir semua tutorial disajikan secara detail, hingga dilengkapi dengan instruksi gambar dan video, sehingag membuat Anda bisa lebih mudah untuk memahami informasi atau ilmu yang diberikan.

Sebenarnya situs Instructables ini adalah sebuah produk yang dkembangkan Autodesk Inc, yang telah eksis sekitar 10 tahun. Anda bisa mendaftar menjadi anggota komunitas online ini secara gratis, namun penggunaan bersi gratis tentunya dengan fitur terbatas.

Apabila Anda ingin memperoleh fitur lebih, seperti bisa memperoleh ebook, all step view, download dalam bentuk PDF dan beberapa fitur lainnya, maka harga yang dibandrol untuk bisa mengakses fitur secara lengkap adalah mulai dari $1.95, dan $3.99 per bulannya, atau $39.99 untuk akses fitur premium seumur hidup dimana selama 2 tahun Anda menjadi member Pro.

Berikut tempat komunitas online lainnya yang mempunyai kesamaan dengan Instructables:
  1. Lifehacker.com
  2. Makezine.com
  3. Wonderhowto.com
  4. Hackaday.com
  5. Zedomax.com

4. Cookingforengineers.com

Website Cooking for Engineers ini, seperti terlihat dari namanya merupakan web yang ditujukan bagi mereka yang hobi memasak. Ketika mengunjungi website ini, maka Anda akan diperlihatkan berbagai resep masakan dan minuman, yang nantinya akan dijelaskan cara pembuatannya.

Dengan begitu, apabila Anda pemula dan ingin belajar memasak dengan penjelasan dan panduan yang lengkap, maka sangat disarankan agar Anda menjelaahi isi dari website ini, akan ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh.

5. Books.google.co.id

Ini merupakan situs Google Buku Indonesia, dimana situs ini terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga membuat pengguna menjadi lebih nyaman dan mudah dalam menggunakannya.

Apabila selama ini Anda menggunakan atau mengetahui Google hanya sebagai mesin pencari, maka selain itu perusahaan Google juga mengembangkan produk Google Buku, disana Anda dapat mencari buku apapun yang diingini, ada banyak kategori buku yang bisa Anda cari dan baca.

Bisa dikatakan Google Buku ini adalah sebuah perpustakaan besar yang berisi banyak sekali buku yang tersedia di dalamnya dengan berbagai kategori. Dapat dikatakan koleksi bukunya sangat lengkap.

6. Wolframalpha.com

Bagi Anda yang ingin belajar matematika secara online dan mudah maka situs belajar WolframAlpha ini bisa menjadi pilihan. WolframAlpha merupakan situs belajar matematika online. Nantinya ketika mengunjungi situs ini, Anda akan melihat banyak sekali contoh soal matematika bisa dipelajari dan dipahami.

Di situs WolframAlpha memberikan pelajaran tentang matematika dasar, matematika diskrit, analisis, geometri, teori, kalkulus, algebra, logika hingga pelajaran matematika yang bersifat lanjut / rumit.

Situs WolframAlpha ini juga memberikan fitur pembelajaran matematika dengan berdasarkan kategori, ada banyak ilmu matematika yang bisa diperoleh disini.

7. Gutenberg.org/wiki/Main_Page

Situs gutenberg ini menyediakan banyak sekali koleksi buku digital, yang jumlahnya hingga puluhan ribu buku. Buku-buku yang terdapat di situs gutenberg terdiri dari berbagai bahasa, yang siap dibaca dan juga bisa didownload secara gratis.

Selain terdapat buku-buku baru yang memberikan segudang ilmu, juga tesedia buku-buku klasik yang kini susah dtemukan. Dengan begitu, pada situs ini Anda bisa menemukan buku-buku berkualitas dan juga buku-buku lama.

8. Slideshare.net

Untuk situs Slideshare ini lebih pasnya dikatakan sebagai tempat e-slide daripada e-book. Namun dengan tampilan berbentuk slideshare justru terlihat sangat menarik karena berisi dokumen-dokumen pengetahuan yang ditampilkan dengan lebih simpel dan juga penuh warna.

Pada situs Slideshare ini terdapat banyak sekali slide presentasi yang dibuat oleh para ahli, pakar, hingga perusahaan yang membahas hal-hal besar dan serius. Sehingga karya-karya buatan mereka layak sekali untuk dicermati, dan membacanya akan semakin menambah pengetahuan dan wawasan.

9. Coursera.org

Agak berbeda dengan situs WolframAlpha yang pelajarannya dan pembahasannya lebih berkosentrasi pada ilmu matematika, pada situs Coursera berisi tentang pembelajaran atau ilmu yang lebih umum.

Nantinya terdapat banyak sekali pilihan bidang ilmu yang Anda temui, dimana Anda juga bisa menemukan minat Anda disini. Lebih bagus lagi bahwa situs Coursera memiliki hubungan kerjasama dengan banyak universitas besar di dunia. Sehingga kualitas pembelajaran situs ini sangat tinggi.

10. Ilmukomputer.org

Untuk Anda yang ingin mencari buku-buku tentang ilmu komputer, serta ingin mempertajam skill dalam dunia komputer dan internet, maka situs khusus berbahasa Indonesia ini dapat diandalkan untuk hal itu. Pada situs online Ilmu Komputer ini terdapat banyak e-book dan tutorial yang bisa Anda pelajari nantinya.

11. Youtube.com

Situs Youtube tentunya sudah tidak asing lagi. Jika orang-orang berpikir bahwa video Youtube hanya untuk hiburan, maka itu salah besar. Terdapat banyak sekali video Youtube yang memiliki nilai edukasi yang bisa Anda pelajari, yang menambah ilmu dan wawasan Anda.

Oleh karena itu, manfaatkanlah Youtube secara cerdas, disana terdapat banyak sekali video pembelajaran yang bisa Anda tonton dengan berbagai kategorinya, dalam jumlah ribuan bahkan jutaan.

12. Duolingo.com

Dengan situs Duolingo ini maka Anda bisa mempelajari beberapa bahasa dunia, seperti bahasa Spanyol, Jerman, Prancis, Italia, Belanda, Portugis, Ukrainia, dan banyak lainnya. Jika Anda memiliki keinginan untuk belajar berbagai bahasa asing maka manfaatkan situs ini.

Selain itu, Anda dapat juga belajar bahasa melalui smartphone Android, dengan memasang aplikasi Duolingo di Android.

Link download aplikasi Duolingo
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.duolingo

13. Freebookspot.es/Catalogue.aspx

Pada situs ini menyediakan banyak sekali buku-buku kuliah, situs ini sangat berguna untuk para mahasiswa yang sayang keluar uang untuk menyiapkan budget membeli buku-buku anak kuliahan yang umumnya tebal-tebal.

Di situs ini selain menyediakan buku kuliah, juga menyediakan buku-buku yang bersifat fiksi. Namun konten-konten atau buku yang terdapt di situs ini hanya support untuk bahasa Inggris saja.

14. Codecademy.com

Code Academy ini merupakan website yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar bahasa pemrograman secara gratis. Nah, jika Anda memiliki keinginan untuk belajar coding secara online maka web ini bisa menjadi pilihan.

Nantinya ada website Code Academy ini menyediakan berbagai jenis pembelajaran, berupa belajar bahasa pemrograman PHP, HTML & CSS, jQuery, Python, Ruby, JavaScript, dan lainnya.

Pembelajaran di situs Code Academy ini didesain agar Anda nantinya dibimbing dari mulai dasar sampai menjadi ahli dalam bahasa pemrograman yang dipelajari.

Web lainnya yang juga menyediakan pembelajaran bahasa pemograman yaitu: https://www.w3schools.com

15. Brainly.co.id

Brainly disarankan untuk dikunjungi oleh pelajar SD sampai SMA, banyak manfaat yang nantinya bisa diperoleh. Melalui situs ini maka Anda  bisa bertanya persoalan pelajaran dan juga bisa membantu memberikan jawaban.

Selain itu Anda bisa mengakses ke 19 mata pelajaran yang umumnya pelajaran disusun sesuai dengan kurikulum pendidikan di Indonesia. Anda bisa mencari pelajaran seperti Fisika, Kimia, Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Sosial, PPKn dan lainnya.

Website belajar online Brainly ini dikembangkan oleh pengusaha Eropa yaitu Lukasz Haluch, Michal Borkowski dan Tomasz Kraus, untuk membantu pelajar Indonesia dalam memperdalam pelajaran, bertanya serta membantu untuk mengerjakan PR yang diberikan di sekolah.

Nantinya para siswa jika mengalami masalah pada pelajaran yang tidak dimengerti, maka bisa mengajukan suatu pertanyaan, yang nantinya pertanyaan tersebut akan dijawab oleh orang lain yang bisa menjawabnya.

Dimas Mukhlas Widiantoro yang merupakan country manager untuk Brainly Indonesia, mengatakan bahwa Brainly akan bertekad menjadi “kelas raksasa” bagi seluruh siswa di Indonesia yang mau belajar dengan sungguh-sungguh.

Brainly sebagai wadah untuk mendapatkan pengetahuan dan berbagi. Bisa dikatakan bahwa Brainly merupakan situs jejaring sosial khusus bagi para siswa.

16. Quora.com

Situs Quora memiliki konsep yang tidak terlalu jauh dari Brainly, dimana pada situs belajar online Quora ini lebih menyasar pengguna secara umum, tidak hanya dari kalangan pelajar saja.

Selain itu, pada situs ini tidak ada batasan pendidikan atau pekerjaan. Sehingga hal ini membuat topik-topik yang ditanyakan bisa berbagai macam jenisnya, yang terkesan tanpa batas.

Hanya saja situs ini secara umum menggunakan bahasa Inggris, namun dengan cangkupan yang lebih luas (seluruh dunia) maka hal ini membuat bentuk tanya-jawab yang ada pada situs Quora sangat berkualitas.

Pada situs Quora, Anda dapat bertanya tentang berbagai hal, seperti komputer, teknologi, hukum, sosial, kesehatan, tempat wisata dan banyak hal lainnya. Selain bertanya, Anda juga bisa memberikan jawaban.

17. Zenius.net

Zenius merupakan website belajar online yang menyediakan pembelajaran secara interaktif yang sangat bagus dan berkualitas. Pada situs ini terdapat video pembelajaran interaktif, sehingga seolah-olah pengguna sedang belajar dikelas.

Wisnu yang merupakan CEO Zenius, mengatakan bahwa pihaknya sangat ingin meningkatkan pendidikan di Indonesia. Dimana menurutnya salah satu problem utama bagi bangsa Indonesia adalah kualitas pendidikan yang masih belum sesuai harapan. Pada zenius, pembelajaran dibuat dan didesain agar efektif dan efisien.

18. Udemy.com

Pada situs Udemy nantinya pengguna akan belajar tentang banyak hal. Disediakan kelas-kelas khusus berdasarkan minat pengguna, sehingga pembelajaran akan dilakukan secara mendalam. Pada setiap kelas akan terdapat instruktur yang mentransfer ilmu dan memandu hingga peserta mahir dalam bidang yang dipelajari.

Udemy juga menyediakan akses interaktif dan dokumen pembelajaran sebagai pendukung untuk belajar di rumah.

Situs Udemy ini tampaknya cocok bagi mereka yang benar-benar serius untuk menekuni suatu bidang pilihannya. Ada beberapa kategori pembelajaran yang bisa dipilih yaitu programming, marketing, keuangan, desain grafis, java, Microsoft Office, fotografi, desain web, phyton programming, dan banyak lainnya.

19. Ruangguru.com

Ruangguru adalah website belajar online, dimana pada web ini nantinya guru dan murid akan bertemu dalam sebuah wadah interaktif. Dengan begitu pada web ini guru dan murid melakukan kegiatan pembelajaran antar pihak.

Website Ruangguru ini bisa digunakan untuk mereka yang merupakan siswa sekolah menengah sampai jenjenag perguruan tinggi.

Adapun pengajar pada web ini bukan hanya dari kalangan dari guru formal, selain itu orang-orang umum yang menguasasi pelajaran tertentu bisa menjadi guru di web ini.

Untuk bentuk pembelajarannya maka dapat dilakukan secara online (jarak jauh) atau belajar dengan bertemu di suatu tempat. Hal ini sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Ruangguru bisa dikatakan salah satu bimbel online populer di indonesia.

20. StartupBisnis.com

Ini adalah situs belajar bisnis online, dimana diantara ratusan situs belajar bisnis online di Indonesia, Startupbisnis merupakan salah satu situs terbaik dan populer untuk belajar bisnis online.

Di dalamnya menjelaskan tentang strategi bisnis online, dengan konten artikel yang berkualitas dan tidak setengah-setengah. Hal lainnya yang membuat situs StartupBisnis ini populer karena tersedia wadah fitur Komunitas.

Dengan fitur komunitas berguna agar para pengguna bisa bertanya dan berbagi segala hal tentang bisnis online. Selain itu tersedia ebook gratis tentang bisnis online.

21. Belfot.com

Belfot adalah situs untuk belajar fotografi yang sepertinya berbahasa Indonesia. Nah, bagi para pecinta fotografi bisa mengunjungi situs Belfot.com ini. Padanya Anda bisa mempelajari ilmu tentang fotografi. Dimana di situs ini akan diberikan informasi yang cukup lengkap tentang kiat-kiat dan trik fotografi.

Para untuk pemula sangat disarankan untuk memperlajari tentang dunia fotografi di situs Belfot. Anda bisa mengakses ribuan artikel yang telah dipublish di situs Belfot secara gratis.

Selain itu, ada sebuah kategori 'inspirasi' yang kontennya tentang cerita orang-orang yang sukses di dalam dunia fotografi. Sehingga dengan kategori inspirasi ini maka akan bisa memotivasi para pembaca agar sungguh-sungguh mempelajari berbagai ilmu tentang fotografi.

22. Matematikastudycenter.com

Situs ini khusus untuk kalian yang suka dengan pelajaran matematika. Pada situs ini nantinya Anda akan melihat berbagai latihan soal yang disertai dengan pembahasannya.

Selain itu, tersedia kumpulan rumus-rumus yang lengkap. Situs ini tidak hanya ditunjukan untuk anak SMA saja, tetapi juga menyediakan pembahasan pelajaran matematika bagi para siswa tingkat SD hingga SMA.

Situs ini cocok sekali bagi Anda yang sangat haus dengan soal-soal matematika dan pembahasannya. Pada situs ini juga tersedia laman try out.

Intinya, situs ini bagus sekali untuk berlatih soal-soal matematika.

23. Fisikastudycenter.com

Jika pada no.22 adalah versi matematikanya, adapun situs no.23 ini merupakan versi fisikanya yang . akan membahas tentang pelajaran ilmu pengetahuan fisika.

Ketika mengunjungi situs ini, Anda akan mendapatkan banyak sekali latihan soal latihan dan  pembahasannya. Selain itu Anda akan melihat berbagai kumpulan rumus dan juga tersedia laman untuk try out.

Selain itu, terdapat laman yang berisi tentang pembahasan soal-soal fisika, juga terdapat tabel-tabel konstanta, terdapat materi mengenai astronomi, dan berbagai tips mengenai ilmu fisika ini, serta masih banyak hal lainnya yang tersedia di situs ini.

24. Fisikanet.lipi.go.id

Maih dalam pelajaran fisika, situs yang satu ini sedikit berbeda, dimana pada situs akan lebih fokus untuk membahas tentang fenomena alam yang ada, yang dikaitkan dengan konsep fisika. Nah, seru kan?

Ketika Anda mengunjungi situs ini, Anda akan melihat bentuk pertanyaan-pertanyaan seperti ''kenapa air padam jika diguyuri air?'' maka nantinya jawabannya akan dijelaskan secara rinci.

Anda akan menemukan berbagai artikel yang berkaitan dengan ilmu fisika. Situs ini sangat disarankanuntuk dikunjungi bagi Anda yang sangat cinta dengan pelaaran fisika.

25. Erin.ne.jp/id

Erin merupakan website yang berisi pelajaran bahasa Jepang, yang bisa bisa dipelajari oleh para pemula sekalipun secara gratis. Ketika belajar di situs ini maka Anda akan belajar menggunakan video yang disertai dengan teks kanji dan romaji.

Pelajaran akan mengaitkan bahasa Jepang dengan bahasa Indonesia. Hal lainnya pada website ini terdapat materi pelajaran dengan melalui manga, serta terdapat pertanyaan-pertanyaan kuis. Selain Erin, terdapat beberapa website lainnya untuk belajar bahasa Jepang.

https://www.nhk.or.jp/lesson/indonesian/learn/list
Situs NHK World memberikan materi pembelajaran bahasa Jepang dengan menyediakan buku digital dan audio, hal ini agar bisa memudahkan Anda dalam belajar bahasa Jepang.

Hal lainnya, web NHK memberikan akses berita tentang negara Jepang dan radio seputar Jepang, yang berguna agar Anda bisa memperoleh informasi seputar Jepang.

http://wkwkjapan.com
Pada situs WKWKJapan nantinya Anda akan diajarkan langsung oleh pengajar dari Jepang, dengan metode media belajar online. Dan agar bisa bergabung dengan WKWKJapan maka Anda perlu mendaftar sebagai murid. Anda uga bisa bergabung di grup Kursus Belajar Bahasa Jepang Online bersama gurunya dari negara jepang.

Materi pelajaran bahasa jepang dibuat secara praktis dan konsisten. Sehingga nantinya pelajar bisa bertanya dan langsung memahami pelajarann secara rinci dan jelas.

Pada laman Quizlet.com memberikan fasilitasi bagi orang-orang untuk belajar memakai flashcards. Nantinya Anda bisa menguji kemampuan berbahasa Jepang yang dimiliki.

Selain itu, Anda nantinya juga bisa melakukan permainan untuk mencocokkan kata dan jenis permainan lainnya. Terdapat tiga level yaitu Easy, Medium, dan Hard.

http://jepang-indonesia.co.id
Situs ini merupakan kamus belajar bahasa jepang, dengan situs ini Anda dapat mencari kata dalam bahasa Indonesia dari A-Z, bahasa Jepang, dan juga romaji. Dalam mengartikan kata bisa dari Indonesia ke Jepang, ataupun dari Jepang ke Indonesia.

26. Sibejoo.com

Website ini merupakan website belajar online yang memfokuskan terhadap materi materi IPA saja, seperti biologi, kimia, fisika dan matematika. Pada web ini juga menyediakan materi-materii UN dan SNMPTN.

Berbagai materi yang terdapat pada website ini dikemas video yang interaktif, semua konten yang ada pada situs ini gratis.

27. TED.com

Website terkenal sering disebut dengan TED Talks, dimana web ini adalah suatu yang sangat tepat dan bagus bagi Anda yang ingin mengasah skill berbicara di depan publik.

Pada website ini Anda akan mendapatkan banyak sekali pembicara hebat, yang berasal dari berbagai universitas dunia.

Para pembicara merupakan orang-orang yang ahli dibidangnya masing-masing. Kunjungi web ini maka Anda akan menemukan sangat banyak pembicara handal, yang dimana Anda bisa belajar banyak dari mereka.

28. Inibudi.org

Pada web ini menyediakan materi pelajaran yang dikemas dengan bentuk video interaktif. Terdapat pelajaran IPA dan IPS yang dibahas pada web ini. Selain itu terdapat pengetahuan umum sampai video-video mengenai profesi. Semua video pada website ini dapat diakses secara gratis.

29. Pak-anang.blogspot.com

Pada blog ini menyediakan banyak sekali materi mengenai SBMPTN, SNMPN tulis, USM STIS, USM STAN, dan banyak lainnya. Nantinya juga tersedia soal-soal latihan dan pembahasannya. Hal menarik lainnya pada blog ini adalah Anda akan diberi tahu trik cepat menjawab soal, yang trik ini khusus diberikan Pak Anang bagi para pengunjung blog.

30. Goodreads.com

Jika Anda merasa bingung dalam mencari buku yang bagus, maka situs ini mungkin bisa membantu untuk mengatasi kebingungan Anda. Pada situs ini Anda akan mengetahui buku-buku apa saja yang direkomendasikan para pembaca. Pada situs Goodreads nantinya bisa diketahui informasi yang lengkap pada sebuah buku, beserta dengan ratingnya hingga komentar dari pembaca-pembacanya.

31. Arlinadzgn.com

Ini merupakan situs belajar mendesain template blog, apabila Anda hobi untuk mengedit bentuk template blog maka situs ini cocok untuk Anda pelajari, agar kemampuan Anda dalam mendesain blog meningkat.

Di Web Arlina Design ini menjelaskan tentang tutorial untuk memperindah dan mendesain template blog. Dengan membahas ilmu kode pemograman HTML, PHP, CSS, JS, dan lainnya. Situs ini dikelola oleh Arlina Fitriyani.

32. Eko-rudiawan.com

Ini merupakan situs belajar online mengenai mikrokontroler atau perangkat elektronik. Selain itu, terdapat situs sejenis yang bisa Anda pelajari yaitu:
- http://arduino.web.id
- http://kelasrobot.com

33. Linuxsec.org

In merupakan situs belajar online mengenai sistem operasi linux. Situs-situs lainnya yang sejenis, yang support bahasa Indonesia, yaitu:
- http://omahlinux.net
- http://migrasilinux.or.id

34. Urbandictionary.com

Situs ini berguna untuk mengetahui arti kata-kata bahasa Inggris yang tidak ada di kamus pada umumnya. Dengan kata lain situs ini berguna untuk mencari slang words alias bahasa gaul dari bahasa inggris.

35. Polishmywriting.com

Situs ini tampaknya berguna untuk meningkatkan kemampuan grammar bahasa Inggris. Situs ini berguna untuk Anda yang suka menulis artikel dalam bahasa Inggris, akan tetapi takut salah grammar-nya.

Maka dengan situs ini, tinggal Anda copy tulisannya ke kotak yang tersedia, lalu klik. Maka dengan begitu tulisan Anda bakal bisa diketahui jika terdapat grammar yang salah. Selain itu akan diberikan penjelasannya secara detail, serta diberikan pilihan kata penggunaannya yang benar.

36. Panduanim.com

Ini merupakan situs untuk belajar bisnis online, internet marketing dan seo. Pada situs panduan IM membahas tentang panduan-panduan belajar internet marketing secara detail, sehingga tidak heran bahwa rata-rata tulisan pada situs ini sangat panjang.

Penjelasan dari situs ini mengenai ilmu internet marketing sangat bagus, situs Panduan IM sangat direkomendasikan bagi Anda untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara membuat website yang berkualitas.

Situs ini dikelola oleh mas Darmawan, yang merupakan seorang blogger profesional di bidang Internet Marketing.

Pada situs ini juga dijelaskan secara gamblang tentang cara membuat artikel yang berkualitas sehingga bisa masuk di urutan terdepan mesin pencari google. Panduan pada situs ini sangat lengkap dan detail.

Situs belajar blogging lainnya ini dikelola oleh seorang blogger profesional bernama Sugeng Riyadi (www.sugeng.id). Blognya ini membahas panduan belajar blog secara lengkap. Di blognya ini, mas sugeng ini mendalami pembahasan tentang berbagai  tips blogging yang benar, hal itu karena banyak di luaran sana yang sering salah dalam memberikan tips blogging.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)