bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Perbedaan HTTPS dan HTTP Lengkap dengan Cara Kerja dan Fungsinya

Perbedaan HTTPS dan HTTP Lengkap dengan Cara Kerja dan Fungsinya

Driacom - Apa itu HTTPS, Bagaimana Cara Kerjanya, Fungsi-fungsinya dan Apa Perbedaannya dengan HTTP? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Saat ini, hampir semua orang menggunakan internet di kehidupan sehari-harinya. Mungkin Anda sudah akrab dengan HTTPS atau HTTP yang sering muncul sewaktu mengakses internet. Bagi Anda yang penasaran tentang apa itu HTTPS, bagaimana caranya bekerja, fungsinya dan perbedaan dengan HTTP, mari kita pelajari lebih lanjut!

Kita sering melihat kata HTTPS muncul di awal alamat website dan itu bukanlah tanpa fungsi. Menerapkan HTTPS membuat website Anda aman dari berbagai serangan hack dan ini sangat penting, terutama ketika website menyimpan sejumlah besar informasi penting. Dengan demikian, semua data di dalam website akan tetap aman.

Jangan tertipu oleh penamaan yang serupa! HTTPS dan HTTP adalah protokol yang berbeda dan memiliki tingkat keamanan dan performa SEO yang berbeda. Mengerti hal ini penting untuk menggunakannya dengan benar, agar Anda dapat memaksimalkan manfaatnya bagi perusahaan Anda.

Jika Anda ingin mengenal dan menggunakan HTTPS, maka berikut ini adalah informasi yang wajib Anda ketahui. Kita akan ulas pengertian, cara kerja, fungsi serta perbedaan antara HTTPS dengan HTTP. Yuk kita simak bersama!

Apakah Anda penasaran tentang HTTPS? Kami akan membahas arti, cara kerja, fungsi dan perbedaannya dengan HTTP.

Pengertian

HTTPS merujuk pada Hypertext Transfer Protocol Secure, yang merupakan struktur protokol internet untuk melindungi data penting terhadap serangan hacker. Ini juga menggunakan enkripsi Secure Socket Layer atau SSL. Sertifikat SSL inilah yang dipakai untuk mencegah para hacker dari percobaan curi data di website atau blog kita.

Cara Kerja Https

Ketika menjelajah di internet, browser Anda akan melacak situs web dan memeriksa apakah itu telah didukung oleh sertifikat SSL atau tidak. Apabila website tersebut didukung SSL, maka data transfer yang dikirimkan akan aman. Ciri lainnya yang secara visual Anda lihat adalah gambar gembok berwarna hijau di bagian alamat web, yakni lambang bahwa situs web tersebut benar-benar aman untuk dikunjungi.

Perbedaan HTTPS dan HTTP Lengkap dengan Cara Kerja dan Fungsinya

Fungsi Https

1. Kemanan Data Website

Mengenal pentingnya keamanan website, kita dapat menerapkan HTTPS dan memasang sertifikat SSL untuk menghalau ancaman hacker. Dengan HTTPS dan sertifikat SSL, data akan dienkripsi dan tampil secara acak sehingga website kita lebih terlindungi.

2. Menarik Kepercayaan Pengunjung

Ketika berselancar di dunia maya, para pengguna selalu diingatkan untuk lebih berhati-hati dan teliti saat mengakses suatu website. Terutama ketika melakukan transaksi berkaitan dengan keuangan online. Dengan demikian, muncul HTTPS untuk membantu meredam rasa takut terhadap keamanan data dalam website. Platform web yang memiliki protokol SSL akan memberikan perlindungan lebih besar bagi para pengunjungnya.

3. Kredibilitas Website Meningkat

HTTPS merupakan cara yang aman untuk mengunci permintaan internet di jaringan. Selain kualitas keamanannya, penerapan SSL juga akan memberikan reputasi positif untuk website Anda. Ini akan membuat para pengguna melihat website tersebut lebih profesional dan membangun kredibilitas yang baik.

4. Membenahi Kesalahan Situs Web

Google sudah berkomitmen untuk mengimplementasikan HTTPS dan menggunakan sertifikat SSL. Dengan demikian, situs web Anda tidak akan dianggap sebagai situs yang tidak aman oleh semua pengunjung. Juga, anda terlindung dari masalah tidak dapat mengakses alamat website karena telah menerapkan HTTPS.

5. Memaksimalkan SEO

HTTPS memiliki berbagai macam keuntungan yang telah kita bahas sebelumnya. Namun, yang tak boleh terlupakan adalah manfaatnya untuk meningkatkan SEO website Anda. Dengan pemasangan HTTPS, website Anda akan lebih mudah untuk ditemukan di Google. Hal ini karena algoritma mereka diatur agar menempatkan website dengan enkripsi HTTPS lebih cepat dalam hasil pencarian.

Perbedaan antara HTTPS dan HTTP

HTTPS dan HTTP adalah dua protokol yang berbeda untuk mentransfer data melalui internet. HTTPS menggunakan koneksi yang lebih aman daripada HTTP dan biasanya digunakan untuk transaksi online atau aktivitas lain yang memerlukan keamanan tingkat tinggi.

Salah satu perbedaan signifikan antara HTTP dan HTTPS adalah keamanan. HTTPS adalah versi yang lebih aman, karena ia menggunakan sistem enkripsi untuk membuat website tidak mudah ditembus oleh hacker. Oleh karena itu, penggunaan HTTPS sangat disarankan bagi website yang berhubungan dengan data sensitif seperti informasi pelanggan.

Jika Anda berencana membuat sebuah situs web atau blog, Anda harus mengetahui tentang HTTPS dan cara kerja, fungsi, dan perbedaan dengan HTTP. Sebagai informasi tambahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menerapkan protokol HTTPS. 

Terima kasih sudah berkunjung ke driacom.com.

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)