bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

HP Kemasukan Air? Lakukan Ini Untuk Mengatasinya!

Air merupakan musuh semua barang elektronik, termasuk HP. Terkadang terjadi kecelakaan dimana HP tercebur ke dalam air, kena rembasan hujan di dalam tas, atau hal-hal lainnya yang membuat HP kena air.

HP yang kemasukan air tentunya harus diatasi dengan segera jika tidak ingin rusak lebih parah.

Buat kalian yang belum tahu cara mengatasi HP yang terkena air, maka simak artikel ini sampai habis karena saya akan membahas tips-tips nya berdasarkan pengalaman pribadi.

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air



1. Matikan HP dan Copot SIM Card & Memori Eksternal

Begitu HP tersebur ke dalam air, pastikan kalian langsung mematikan HP tersebut dengan SEGERA. Kemudian copotlah kartu SIM dan memori eksternal (jika ada).

Jika HP tersebut masih memakai baterai yang bisa dilepas, seperti pada HP lawas, maka copot juga baterainya.

Ini langkah pertolongan pertama yang wajib kalian lakukan.

2. Lap HP dan Keringkan

Lap dengan kain lembut pada bagian-bagian HP yang bisa dilap, seperti bagian LCD, karena LCD ini sangat sensitif dan jika dibiarkan dalam waktu lama, maka akan muncul flek hitam pada LCD.

Setelah itu keringkan saja dalam ruangan, dan jangan langsung menaruh HP di bawah terik sinar matahari karena ini bisa merusak komponen bagian dalam.

Juga, dilarang untuk mengeringkan menggunakan hair dryer karena ini akan menyebabkan suhu komponen listrik pada hp akan meningkat dikarenakan suhu hair dryer yang terlalu panas.

3. Gunakan Silica Gel

Jika kamu sering beli produk kemasan, pasti sering menemui bungkusan kecil berwarna putih yang isinya butiran kaca. Bungkusan tersebut disebut dengan silica gel yang merupakan bahan pengawet agar produk lebih tahan lama.

Silica gel ini, jika kamu punya banyak, maka bisa digunakan untuk membantu mengeringkan HP yang terkena air.

Karena salah satu fungsi silica gel adalah kemampuan menyerap air nya yang sangat baik. Sehingga akan mampu mengeringkan HP yang kemasukan air jika kita taruh di dalam tumpukan silica gel.

4. Bawa HP ke Tempat Servis

Nah jika ketiga tips di atas tidak berhasil, maka solusi terakhir untuk memperbaiki HP yang terkena air yaitu membawanya ke tempat servis.

Tukang konter biasanya lebih paham bagaimana langkah-langkah untuk memperbaikinya. Jika kamu masih gagal untuk memperbaikinya sendiri, maka tidak ada salahnya menyerahkan masalah ini pada ahlinya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)