bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Perhatikan! Ini 5 Tips Ngecas HP Agar Baterai Tidak Cepat Rusak

Baterai merupakan salah satu komponen penting sebuah ponsel.

Baterai biasanya menjadi komponen yang akan rusak pertama jika pemakaian HP sudah di atas 4 tahunan.

Pada HP yang sudah berumur, penyakit baterai yang rusak biasanya ditandai seperti baterai cepat boros, sering ngedrop, baterai kembung, dicas tidak bisa, baterai cepat panas dan lain sebagainya.

Salah satu faktor yang menyebabkan baterai cepat rusak adalah kebiasaan ketika ngecas. Karena mengisi daya HP secara ngawur akan menyebabkan baterai tidak awet untuk jangka panjang.

Nah, buat kamu yang ingin baterai HP nya awet sampai 4 tahun ke atas, maka maka kamu perlu memperhatikan tips-tips ngecas HP yang baik dan benar, seperti yang saja jelaskan di bawah ini.

Cara Ngecas HP yang Benar Agar Baterai Tidak Cepat Rusak


Tips Ngecas HP Agar Baterai Tidak Cepat Rusak


1. Jangan Gunakan HP Saat Ngecas

Menggunakan HP saat sedang dicharge bisa bikin proses pengisian daya tambah lama, selain itu juga bisa menambah beban pada baterai.

Jika memang bukan keadaan darurat, sebaiknya biarkan saja HP saat dicas sampai baterai penuh. Jangan dipake, apalagi digunakan sambil main game, contohnya main Mobile Legend, push rank sampai HP panas kayak setrika. Ini gak boleh ya.

2. Gunakan Adaptor dan Kabel Original

Pastikan kamu menggunakan adaptor dan kabel charger yang asli dari pabrikan HP tersebut. Tujuannya untuk menghindari kerusakan karena HP dan charger tidak kompatibel.

Kebanyakan HP sekarang sudah dibekali cas-casan bawaan (kecuali beberapa Sams*ng dan ipon).

Jadi gunakanlah charger bawaan tersebut, tapi jika rusak sebaiknya beli charger dengan model yang sama, dan pastikan harus original dari pabrikannya.

3. Hindari Suhu Ekstrem

Jangan ngecas HP di tempat yang terlalu panas atau dingin karena ini dapat merusak baterai.

Baterai merupakan komponen yang sensitif pada suhu ekstrem, misalnya pada tempat yang panas sekali, ini bisa berbahaya jika ngecas HP karena dikhawatirkan bikin baterai rusak permanan.

Selain itu, suhu dingin yang ekstrem bikin pengecasan menjadi lambat karena harus mengimbangi pengosongan yang dipercepat.

Intinya, sebaiknya kamu mengisi daya smartphone di tempat yang sejuk dan kering. Ini yang paling aman.

4. Jangan Menunggu Hingga Baterai Habis

Jangan tunggu sampai beterai HP benar-benar habis (sampai 0%) baru dicas. Ini bisa menambah jumlah siklus pengisian dan memperpendek umur baterai.

Baterai lithium-ion yang digunakan dalam smartphone modern memiliki jumlah siklus pengisian yang terbatas.

Sebaiknya cas baterai secara parsial dan menjaganya dalam kisaran optimal (biasanya antara 15% hingga 90%), ini bisa membantu memperpanjang usia baterai.

5. Jangan Ngecas HP di PC atau Laptop

Port USB pada PC atau laptop biasanya memiliki arus yang lebih rendah dibandingkan dengan charger smartphone yang dirancang khusus untuk pengisian daya.

Ada 2 alasannya:

  • Arus USB Standar: Secara standar, port USB mengeluarkan daya 5 volt, tetapi arus yang dikeluarkan berbeda-beda. Charger HP biasanya mengeluarkan arus antara 0,8 Ampere - 2 Ampere, sedangkan port USB pada laptop atau komputer hanya sekitar 0,5 Ampere.
  • Waktu Ngecas Lebih Lama: Dengan arus yang lebih kecil dari port USB laptop atau komputer, waktu yang dibutuhkan untuk ngecas baterai hp akan lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan charger asli.

Jadi tidak cocok ya ngecas HP di laptop. Karena Port USB di laptop atau komputer memang ditujukan untuk koneksi data atau sinkronisasi, bukan powerbank.

Ngecas melalui PC atau laptop hanya bisa menjadi pilihan ketika keadaan darurat, misalnya jika tidak ada sumber listrik yang akan dipakai buat ngecas HP.

Demikianlah 5 tips dari saya mengenai cara mengecas HP yang benar agar baterai tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)