bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

9 Tips Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Terhindar dari Kerusakan

driacom.com - Kamera digital merupakan barang elektronik yang membutuhkan perawatan ekstra. Mengapa demikian? karena kamera memiliki banyak komponen yang sensitif yang rentan terhadap kerusakan apabila kita tidak hati-hati memakainya.

Pada zaman modern sekarang ini sudah banyak kamera digital yang sangat canggih, baik dari segi fitur, komponen dan bentuknya. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan oleh sebagian orang yang bergelut di dunia fotografi ataupun videografi, agar hasil foto dan video yang dihasilkan sesuai dengan ekspektasinya.

Perlu Anda ketahui, meskipun Anda sudah sangat mahir dalam menjalankan ataupun mengoperasikan kamera, tidak semua dari pengguna kamera tersebut mengetahui bagaimana cara merawat kamera dengan benar agar terhindar dari kerusakan dan berumur panjang.

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips perawatan kamera dan lensa agar kamera bisa berfungsi dengan baik dan maksimal serta berumur panjang. Tanpa berlama-lama langsung saja simak informasi berikut ini.

9 Tips Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Terhindar dari Kerusakan

9 Tips Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Terhindar dari Kerusakan

1. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari

Hal yang pertama yang bisa anda lakukan ialah menjaga kamera agar tidak sampai terjemur atau terkena cahaya matahari secara langsung dan berlebihan. Apabila itu terjadi pada kamera anda maka bersiaplah untuk menanggung risikonya. Karena suhu panas yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi, yang tentunya dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari bahan plastik dan karet serta komponen elektronik yang lainnya.

2. Hindari guncangan atau gerakan yang berlebihan

Untuk tips ini anda bisa menggunakan tas khusus kamera untuk menaruh kamera, yang bertujuan menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan atau device. Oleh sebab itu, untuk menjaga kamera agar tetap aman simpanlah kamera di tempat yang tahan terhadap guncangan, contohnya tas khusus kamera.

3. Hindari kamera dan lensa dari kapur barus

Mengapa kamera atau lensa harus dijauhkan dari kapur barus? Karena kapur barus termasuk benda perusak yang sangat cepat terhadap barang elektronik khususnya kamera. Karena kapur barus dapat masuk kedalam bagian kamera yang sensitif.

Seperti contoh kapur barus dapat masuk kepada jalur tempat chip-chip kamera yang terpasang. Tidak hanya itu bahkan uap yang dihasilkan kapur barus pun dapat membuat flek atau noda pada lensa kamera.

4. Bersihkan kamera dan lensa setelah dipakai

Bagi Anda yang menjadikan kamera sebagai penunjang untuk memenuhi kebutuhan ataupun pekerjaan sehari-hari, kamera dan lensa yang Anda pakai harus dibersihkan setidaknya sekali dalam seminggu, atau bila diperlukan Anda bisa membersihkannya secara teratur atau berkala untuk menjaga umur dari kamera Anda.

Anda bisa menggunakan lap kering yang bersih dan tak kasar tentunya untuk membersihkan bagian luar fisik kamera. Sedangkan untuk bagian dalam ataupun komponen-komponen kecil dalam kamera, Anda bisa menggunakan dust blower atau peniup debu khusus yang banyak dijual di toko kamera. Tidak hanya itu Anda juga bisa menggunakan kuas khusus yang halus yang belum pernah digunakan pada benda yang lain.

Berbeda dengan lensa kamera, Anda perlu perawatan khusus untuk membersihkan lensa yang terkena flek atau noda misalnya terkena jari minyak dari si pemakainya, Anda bisa menggunakan tisu khusus yang banyak dijual di toko kamera. Jangan sekali-kali membersihkan lensa kamera menggunakan lap kasar yang bisa merusak lensa kamera.

5. Jagalah lensa agar terhindar dari goresan

Goresan pada lensa akan menyebabkan lensa tidak dapat bekerja dengan maksimal, lebih buruknya lensa kamera Anda bisa mengalami kerusakan. Daripada Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti lensa yang rusak, lebih baik sejak awal Anda mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli filter untuk melindungi lensa anda.

Anda bisa menggunakan jenis filter UV (UltraViolet) dan pasang secara permanen di bagian depan lensa. Sedangkan untuk melindungi bagian luar atau bagian belakang lensa dari goresan Anda bisa memasang body cup penutup saat lensa dilepaskan dari badan kamera.

6. Jagalah kamera atau lensa dari percikan air laut

Air laut bisa dengan cepat menyebabkan karat yang berlebih terhadap kamera. Jadi apabila anda menggunakan kamera di dekat pantai atau di laut jagalah kamera atau lensa anda dari percikan air laut. Karena kerusakan yang disebabkan oleh air laut dapat berlangsung sangat cepat bahkan bisa dalam hitungan menit setelah tercebur atau terkena air laut.

Jadi jika anda mengalami hal tersebut, disarankan untuk segera melakukan pembilasan, jika telat kemungkinan kamera yang tercebur kedalam air laut akan rusak dan tak akan bisa diselamatkan.

7. Hindari LCD dari goresan

Ternyata tidak hanya lensa saja yang rentan dari goresan, LCD kamera pun sangat mudah sekali untuk tergores yang nantinya akan menyebabkan LCD menjadi buram. Untuk mencegah hal ini terjadi anda butuh alat pelindung LCD yang banyak dijual di toko kamera.

8. Jagalah kamera atau lensa agar terhindar dari jamur

Untuk mencegah terjadinya jamur pada lensa atau kamera anda, anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini :

  • Simpen kamera dan lensa ditempat yang sejuk kering dan kedap udara.
  • Gunakan lampu dengan daya kecil ( 5 watt ) dan letakkan pada jarak kurang lebih 60 cm diatas kamera.
  • Gunakan Silika gel atau penyerap udara untuk mengontrol tingkat kelembaban.

9. Bawa ke service center yang terpercaya

Jangan menunggu kamera Anda rusak baru kemudian dibawa ke service center. Jika anda merasa tidak mampu untuk merawat kamera dengan baik, langkah terakhir yang bisa anda lakukan yaitu membawa kamera Anda ke service center terpercaya untuk segera merawat atau membersihkan kamera dan lensa anda.

Itulah uraian singkat terkait 9 tips cara merawat kamera dan lensa agar terhindar dari kerusakan, kami harap setelah membaca artikel ini anda menjadi lebih hati-hati dalam menggunakan kamera guna mencegah terjadinya kerusakan dan agar kamera yang Anda gunakan bisa lebih awet dan berumur panjang. Sekian dan semoga bermanfaat.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment