bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Perbedaan WhatsApp dan Telegram Lengkap Terbaru

Perbedaan WhatsApp dan Telegram - Di zaman yang modern ini teknologi semakin canggih, kita dimudahkan dalam segala hal khususnya berkomunikasi. Saat ini kita tidak perlu repot-repot untuk bertemu hanya untuk berbincang-bincang saja. Cukup bermodalkan handphone dan koneksi internet saja kita bisa berkomunikasi dengan orang yang kita sayangi.

Saat ini, banyak sekali aplikasi chatting yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Salah satunya ialah Aplikasi WhatsApp dan Telegram. 2 aplikasi besar ini sudah tidak asing bagi yang mendengarnya, karena sudah ribuan bahkan jutaan orang telah menggunakannya.

Pertanyaannya kira-kira mana yang lebih unggul antara WhatsApp dan Telegram? Oke, di artikel kali ini kita akan bahas tuntas mengenai perbedaan WhatsApp dan Telegram dari segi fitur dan segi keamanan. Tanpa berlama-lama langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan WhatsApp dan Telegram Lengkap Terbaru

Perbedaan WhatsApp dan Telegram Lengkap Terbaru

Perbedaan WhatsApp dan Telegram dari segi keamanan

1. Teknologi Enkripsi yang digunakan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa aplikasi WhatsApp dilindungi secara end-to-end.

Apa itu end-to-end? End-to-end adalah sistem enkripsi dimana enkripsi dilakukan secara otomatis oleh aplikasi antar perangkat yang berkomunikasi, yang mana kunci enkripsi dan deskripsi hanya tersimpan pada perangkat yang bersangkutan.

Maksudnya gimana? Sederhana nya seperti ini, ketika kamu chatting bersama teman atau orang terdekat mu melalui aplikasi chatting yang sudah menggunakan sistem enkripsi end-to-end, maka yang bisa lihat pesan kalian ya cuma kamu dan temanmu itu.

Lalu apakah pihak WhatsApp nya bisa lihat? Kan mereka yang buat aplikasi nya, mungkin tau dong.

Jawabannya tidak! Pihak WhatsApp tidak akan bisa lihat. Karena kunci enkripsi dan deskripsi hanya dimiliki oleh kamu dan temanmu saja. Pihak WhatsApp tidak memiliki kunci enkripsi dan deskripsi dari pesan yang kamu kirim. Sehingga pihak WhatsApp tidak bisa melihat isi pesan yang kamu kirimkan.

Nah, walaupun WhatsApp dan Telegram sama-sama menggunakan enkripsi, ternyata keduanya memiliki enkripsi yang berbeda, loh...

WhatsApp menggunakan enkripsi dari perusahaan yang bernama Open Whisper System. Pada tiap layanan, WhatsApp menggunakan layanan enkripsi yang berbeda. Untuk layanan chatting mereka menggunakan Signal Protocol sebagai teknologi enkripsi nya, sedangkan untuk layanan telepon WhatsApp menggunakan teknologi SRTP.

Namun ternyata WhatsApp tidak menggunakan teknologi enkripsi pada awal peluncuran nya lhooo, Berbeda dengan telegram yang sudah lebih dulu menggunakan enkripsi.

Telegram menciptakan teknologi enkripsi buatannya sendiri yang dinamai MTProto. Enkripsi ini dibuat langsung oleh pendiri telegram, Nikolai Durov.

Teknologi enkripsi yang diciptakan telegram berbasiskan enkripsi AES 256 bit, enkripsi RSA 2048 dan Diffie-Hellman. Dengan teknologi ini telegram mengklaim bahwa tidak akan ada seorang pun yang bisa membobol sistem yang mereka ciptakan.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, bahwa pada Telegram layanan Enkripsi akan diberikan kepada pengguna ketika pengguna menggunakan fitur secret chat, jadi pada chat biasa percakapanmu tidak akan terenkripsi.

2. Privasi Pengguna

Di Telegram, pengguna memiliki privasi yang baik dan aman karena mereka bisa bertukar pesan tanpa perlu mengetahui nomor ponsel mereka masing-masing. Dengan adanya username, pengguna telegram bebas berkomunikasi dan berinteraksi kepada siapapun tanpa perlu mengeluarkan identitasnya, termasuk nomor telepon.

Berbeda dengan WhatsApp yang tidak menyediakan username, sehingga untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain setidaknya harus memiliki nomor telepon sebagai identitas nya, agar dapat muncul di daftar kontak WhatsApp.

Perbedaan WhatsApp dan Telegram dari Segi Fitur :

1. Telegram memiliki channel sedangkan WhatsApp tidak.

Telegram memiliki salah satu fitur yang unik, yaitu channel. Channel pada Telegram bisa dikatakan sebuah grup dimana yang bisa mengirim pesan hanyalah sang pemilik atau admin yang ditunjuk.

Setiap pengguna Telegram yang berlangganan di channel akan masuk ke channel tersebut dan akan menerima pesan broadcast yang dipublikasikan oleh pemilik atau admin channel.

Bedanya channel dengan grup adalah anggota tidak bisa mengetahui siapa saja yang bergabung atau berlangganan pada channel tersebut.

Bagaimana dengan WhatsApp? Sayangnya WhatsApp tidak memiliki fitur channel seperti Telegram.

2. Kapasitas Anggota Grup

Meskipun sama-sama memiliki layanan pembuatan grup, akan tetapi layanan yang diberikan sangatlah berbeda. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa grup WhatsApp hanya mampu menampung sebanyak 257 anggota, sedangkan grup Telegram bisa menampung hingga 200.000 anggota. Jadi sudah jelas grup Telegram lebih besar kapasitasnya dibandingkan dengan grup WhatsApp.

3. Ukuran file yang dapat dibagikan

Ukuran maksimal file berupa gambar, audio maupun video yang dapat dibagikan pada WhatsApp hanya 100 MB, sedangkan Telegram mampu mengirimkan berbagai jenis file hingga mencapai 1,5 GB. Jauh sekali bukan perbandingan nya?

4. Fitur Story

Salah satu fitur yang dimiliki oleh WhatsApp namun tidak dimiliki oleh Telegram adalah Story. Ya, fitur story ini mengadopsi gaya Instagram dan mungkin terinspirasi dari Instagram, hanya saja fitur Stories pada WhatsApp lebih sederhana dibandingkan fitur story yang dimiliki oleh Instagram.

5. Fitur Video Call

Fitur ini menjadi sangat penting di zaman sekarang ini, baik untuk urusan pekerjaan, pendidikan maupun kegiatan sehari-hari yang tidak lepas dari penggunaan video call. Banyak yang mengeluhkan bahwa Telegram masih belum sebaik WhatsApp dalam hal kemudahan penggunaan video call.

Mengingat video call pada Telegram masih kurang memuaskan karena hanya dibatasi untuk 1 orang saja per panggilan. Berbanding terbalik dengan WhatsApp yang memiliki fitur video call yang mumpuni. Dikabarkan, WhatsApp menambah kapasitas panggilan hingga mencapai 8 orang pada setiap sesinya yang semakin memanjakan penggunanya.

6. Telegram Bisa Multi Akun Sedangkan WhatsApp Tidak

Di Telegram, kamu bisa login dengan banyak akun sekaligus dan bisa login dalam waktu yang sama pada perangkat yang berbeda. Sedangkan WhatsApp sendiri tidak memiliki fitur multi akun, sehingga dalam satu aplikasi WhatsApp hanya bisa digunakan login untuk satu nomor telepon saja.

Kesimpulan dari Perbedaan WhatsApp dan Telegram

Untuk segi keamanan, WhatsApp dan Telegram sama-sama memiliki fitur keamanannya masing-masing, baik untuk teknologi enkripsi maupun privasi penggunanya.

Untuk segi fitur, Telegram lebih unggul karena memiliki banyak fitur yang belum dimiliki oleh WhatsApp bahkan mungkin belum dimiliki oleh aplikasi lain.

Seperti itulah Perbedaan WhatsApp dan Telegram Lengkap Terbaru, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan serta bisa menjadi pertimbangan untuk kalian yang ingin menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment