bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik Untuk Siswa 2021

driacom.com - Di tengah pandemi virus Covid-19 ini, pemerintah meminta masyarakat khususnya di bidang Pendidikan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah. Hal ini ditujukan agar penyebaran virus Covid-19 ini dapat terputus dan mencegah bertambahnya korban dari virus tersebut.

Penting sekali bagi pihak sekolah dan para orang tua untuk bekerja sama dalam melakukan aktivitas belajar mengajar jarak jauh dari rumah.

Oleh sebab itu, untuk mendukung kegiatan tersebut pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bekerja sama dengan berbagai platform yakni menyediakan aplikasi pembelajaran berbasis online. Sehingga kegiatan belajar dan mengajar jarak jauh bisa berjalan efektif dan mobilitasnya bisa teredam.

Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik Untuk Siswa 2021

Aplikasi Belajar Online

Terdapat banyak sekali layanan gratis yang disediakan oleh startup pendidikan dan perusahaan teknologi, dari mulai sekelompok fitur untuk guru/sekolah agar bisa membuat "Kelas Daring", program belajar mandiri, hingga program live teaching layaknya sekolah harian biasa. Berikut ini rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik Untuk Siswa 2021 yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar di rumah di tengah pandemi Covid-19 ini.

1. Ruangguru

Ruangguru adalah salah satu perusahaan startup teknologi asal Indonesia yang menawarkan platform pembelajaran berbasis kurikulum sekolah melalui video animasi dan video tutorial interaktif oleh guru. Ruangguru membuka program sekolah online gratis setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00-12.00 WIB. sekolah online tersebut bisa diakses di aplikasi Ruangguru.

2. Zenius

Zenius Education adalah aplikasi belajar online yang menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Pengguna bisa mengakses puluhan ribu video materi belajar lengkap dari jenjang SD, SMP, SMA/K, untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013 dan kurikulum 2013 revisi. Selain disediakan untuk persiapan Ujian Nasional, Siswa juga dapat mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan SPMB STAN, SIMAK UI, UTUL UGM. Aplikasi Zenius ini dapat Anda dapatkan di Play Store ataupun App Store.

3. Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan beragam materi pelajaran yang dapat diakses melalui aplikasi maupun situs resminya. Materi pelajaran yang disajikan telah disusun rapi dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal dan Yayasan Diponegoro.

Aplikasi Sekolahmu mempunyai sebuah visi mulia yaitu memastikan semua anak Indonesia sukses mencapai kompetensi dan meraih kesuksesan di masa depan dengan memberikan mutu pelayanan pendidikan berpihak kepada anak secara merata, serta menyediakan akses pembelajaran terintegrasi digital dengan struktur kurikulum yang personal dan fleksibel.

Saat ini, Aplikasi Sekolahmu telah menghadirkan program belajar tanpa batas dengan menyediakan live streaming mata pelajaran yang dipandu oleh guru dari berbagai sekolah.

4. Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah salah satu platform yang memberikan akses gratis selama satu bulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia. Kelas Pintar menyediakan beragam materi ajar untuk para siswa. Selain itu, Kelas Pintar menyajikan berbagai fitur canggih yang memudahkan penggunanya, seperti fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online.

Tak cukup sampai situ, ada fitur Tanya yang bisa digunakan oleh siswa untuk bertanya kepada guru secara online mengenai soal atau materi pelajaran. Aplikasi Kelas Pintar tak hanya hadir di Indonesia, melainkan sudah hadir di Singapura, India, UEA dan Afrika Selatan.

5. Quipper School

Quipper School adalah platform sekolah online gratis yang menerapkan sistem teknologi Learning Management System (LMS). Dimana guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Begitupun dengan siswa, siswa bisa mengerjakan tugas, perkejaan rumah dan ujian dari rumah secara online dengan mudah.

6. Meja Kita

Pada platform Meja Kita ini tidak hanya konten pembelajaran yang disajikan, melainkan penggunanya dapat berbagi berbagai macam pengetahuan dalam pendidikan. Pada platform ini juga memberikan kemudahan dan keuntungan untuk para penggunanya dengan membagikan konten edukasi catatan atau jawaban dari pertanyaan pengguna lainnya.

Aplikasi Meja Kita menyediakan materi pembelajaran dari jenjang SD hingga SMA/K yang cukup lengkap dan gratis pastinya. Aplikasi Meja Kita memiliki beberapa fitur diantaranya Diskusi PR, berbagi catatan, diskusi kelompok, materi belajar, latihan rumus dan soal.

7. Kipin School

Aplikasi terakhir yang termasuk kedalam rekomendasi Aplikasi belajar online terbaik dan gratis untuk siswa dan guru ini ialah Kipin School. Kipin School merupakan sebuah aplikasi yang berisi pustaka pembelajaran lengkap dan sistem ujian yang ditujukan untuk sekolah di seluruh Indonesia sebagai sarana belajar dan berlatih dalam satu paket yang dibuat untuk siswa tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Kerennya, para pengguna yakin siswa dapat langsung mencoba evaluasi hasil belajar nya sendiri sebab hasil nilainya akan muncul langsung di aplikasi yang dipakai ini. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan teknologi anatosi, dimana pengguna dapat mencorat-coret pada halaman e-book. Misalnya untuk menggaris bawahi kalimat atau untuk highlight kalimat yang dirasa penting.

Itulah informasi terkait 7 Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik Untuk Siswa 2021. Semoga dengan informasi ini, dapat membantu para orang tua untuk sang anak agar dapat memudahkan dalam pemilihan aplikasi belajar online yang efektif untuk kegiatan belajar dan mengajar jarak jauh dari rumah. Salam Rahayu dan sukses selalu.

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)