bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Cara Memperbaiki Speaker Hp Rusak Kena Air Paling Mudah

driacom.com - Saat ponsel kemasukan air, kemungkinan besar bagian lain dalam ponsel akan terkena dampaknya, salah satunya yaitu speaker. Speaker merupakan bagian ponsel yang sangat rawan dan sensitif terhadap kerusakan. Kerusakan yang bisa terjadi apabila tidak segera diatasi adalah bunyi atau suara yang dihasilkan menjadi kecil, pecah atau sember, bahkan malah tidak dapat mengeluarkan suara sama sekali.

Nah, bagi anda yang tengah mengalami permasalahan tersebut ataupun pernah mengalaminya dan ingin mengetahui cara penangan yang tepat untuk mengatasi speaker HP yang kemasukan air, ikuti beberapa cara ini agar tidak melakukan kesalahan dalam mengatasi hp yang tercebur air.

Cara Memperbaiki Speaker Hp Rusak Kena Air Paling Mudah

Cara Memperbaiki Speaker Hp

1. Cek Volume Speaker HP

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bagian speaker HP yang kemasukan air atau terkena air adalah mengecek volumenya terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk mengetahui apakah suara yang dihasilkan masih normal atau tidak.

Nah, ketika anda melakukan pengecekan, cobalah anda perhatikan kualitas suaranya. ketika suara nya jelas dan normal kemungkinan besar speaker HP anda aman dan tidak bermasalah. Dan sebaliknya, jika suara yang dihasilkan kecil, tidak jernih, kemungkinan air telah masuk kedalam bagian speaker. Jika itu terjadi lakukan langkah selanjutnya.

2. Bersihkan Speaker HP dari Air dan Debu

Langkah selanjutnya, saat terkena air, sisa air dan debu masih bisa menempel pada speaker. Kotoran inilah yang bisa mengakibatkan suara sember dan pecah. Bersihkan kotoran dari speaker dengan menggunakan kapas atau tisu, kemudian anda bisa menggunakan alat berukuran kecil seperti jarum atau peniti, kapas atau tisu tadi taruh dan padatkan di ujung jarum tersebut, kemudian masukkan ke dalam sela-sela lubang speaker untuk membersihkannya sekaligus mengeringkan sisa-sisa air.

3. Keringkan Speaker dengan Kipas Angin

Cara ini cukup mudah dan aman untuk ponsel anda, anda cukup menggantungkan atau taruh ponsel anda di depan kipas angin dan atur agar arah anginnya fokus ke ponsel. Tunggu beberapa saat sampai ponsel benar-benar kering dengan sempurna.

4. Test Kembali Suara Speaker HP

Setelah langkah 1-3 telah anda lakukan semua, maka langkah selanjutnya ialah mengetes suara speaker. Kamu bisa melakukan pengetesan dengan cara menaikkan volume hingga maksimal. Perhatikan dan dengarkan kualitas suara yang keluar dari speaker, jika terdengar suara yang jelas dan keras berarti speaker anda sudah normal kembali.

5. Bawa Ke Service Center

Langkah terakhir jika setelah melakukan pengetesan suara, namun suara yang dihasilkan speaker tidak normal alias masih bermasalah, maka anda harus membawanya ke tempat servis pilihan terbaikmu. Karena untuk kasus kerusakan yang disebabkan oleh air (akibat kesalahan diri sendiri) tidak akan mendapatkan garansi karena termasuk kesalahan pengguna.

Itulah informasi mengenai Cara Memperbaiki Speaker HP Rusak Kena Air Paling Mudah, memperbaiki Speaker HP Rusak Terkena air memang tidak semudah apa yang kita bayangkan, karena kita tidak tahu apakah komponennya masih normal atau tidak. Namun jangan khawatir, Cara diatas saya tulis sebagai solusi untuk mengatasi speaker HP rusak yang kemasukan air, karena saya sendiri pernah mengalaminya dan menerapkan cara di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan. Cukup sekian dan terimakasih.


Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)