bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Cara Dapat Uang dari Blog Pemula tanpa Modal

Halo sobat blogger, selain menjadi wadah untuk menuangkan bakat menulis, blog juga dapat menghasilkan uang lohhh.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang kamu kelola, mulai dari google adsense, endorsment dan masih banyak yang lainnya.

Sudah banyak contoh seorang blogger sukses yang mendapatkan penghasilan utamanya dari blog, dan jangan dianggap sepele, penghasilan mereka bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah perbulan.

Tak hanya blog-blog besar aja yang bisa menghasilkan uang, namun blog pemula pun memiliki kesempatan untuk bisa menghasilkan uang. Dengan catatan harus konsisten.

Perlu diingat, untuk mencapai kesuksesan tersebut butuh proses yang tidak mudah. Butuh kerja keras dan semangat tinggi untuk mencapai hal tersebut, karena tidak semudah apa yang kita bayangkan. 

Mungkin jika kamu seorang blogger pemula akan merasakan hambatan dan rintangan yang kadang membuat patah semangat, seperti pengunjung blog yang sepi, kesusahan mencari ide dan bahkan ditolak Google Adsense.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan kita membuat blog yaitu agar bisa menghasilkan uang. Dan pada awalnya mungkin kita bingung cara agar blog diterima oleh Google Adsense. Karena memang kita berfikir hanya dengan mendaftar pada google adsense kita akan mendapatkan uang. Nyatanya masih banyak sumber penghasilan yang bisa kamu dapatkan selain dari google adsense.

Nah, oleh sebab itu pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog pemula dengan mudah. Penasaran? Langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Cara Dapat Uang dari Blog Pemula tanpa Modal

Cara dapat uang dari blog pemula

1. Cara dapat uang dari Google Adsense

Google Adsense merupakan sumber penghasilan yang paling umum untuk seorang blogger. Karena pada dasarnya ketika kamu masuk ke dunia blogging hal pertama yang kamu inginkan ialah diterima google adsense.

Yah memang kita tidak bisa menutup mata, jika Google Adsense menjadi layanan periklanan yang paling populer saat ini. Layanan ini ditujukan bagi para publisher atau pemilik website untuk bisa menampilkan iklan.

Lalu bagaimana cara agar bisa menampilkan iklan?

Jika blog atau web kamu belum terdaftar pada Google Adsense, lakukan beberapa langkah dibawah ini.

  • Daftar akun di google adsense, kemudian isi informasi kamu berupa url blog atau web kamu, alamat billing dan lain sebagainya.
  • Masukkan kode verifikasi, kamu akan menemui sebuah kode html pada halaman google adsense. Salin kemudian letakkan kode tersebut diantara <head> dan </head> pada edit html tema blog kamu.
  • Tunggu hingga proses peninjauan selesai. Google butuh beberapa hari atau bahkan hingga berminggu-minggu untuk meninjau situs kamu.

Jika blog kamu sudah diterima adsense, kamu bisa langsung menampilkan iklan pada blog kamu. Untuk prosesnya sangat mudah, diantaranya:

  • Sebagai pemilik website atau blog, kamu hanya tinggal meletakkan kode iklan di website atau blog.
  • Nanti nya advertiser atau pengiklan akan melakukan penawaran untuk iklan, kemudian penawaran harga terbesar akan ditampilkan pada website atau blog kamu.
  • Kamu akan mendapat bayaran setiap klik iklan yang dilakukan oleh para pengunjung blog atau web kamu.
  • Otomatis Google sendiri yang akan mengurus penagihan ke pengiklan dan memastikan kamu menerima bayaran.

2. Cara dapat uang dari Endorsment

Mungkin kamu pernah melihat beberapa blogger yang melakukan promosi produk atau layanan tertentu pada konten blog mereka. Baik itu berupa review, unboxing, atau sejenisnya.

Nah, seperti itulah yang dinamakan endorsment. Seorang Blogger bisa bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk tertentu. Tentu hal ini saling menguntungkan satu sama lain. Blogger tersebut mendapat benefit dan perusahaan tersebut juga diuntungkan karena produk mereka mungkin bisa dilihat banyak orang.

Terkait benefit itu beragam, tergantung kesepakatan antara keduanya. Bisa mendapat uang tunai hingga produk yang diberikan secara gratis.

Sebagai seorang blogger, kamu sangat memiliki peluang dan kesempatan untuk melakukan endorsment. Dengan catatan, blog yang kamu bangun dan kelola itu memiliki kualitas yang baik, agar bisa dilirik oleh berbagai perusahaan.

3. Cara dapat uang dari Afiliasi

Cara mendapatkan uang dari blog lainnya yaitu dengan cara program afiliasi. Metode ini hampir mirip dengan konten sponsor. Kamu hanya perlu membuat artikel yang dapat menguntungkan mitra bisnis kamu.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uangnya?

Melalui program afiliasi ini, kamu akan dibayar atau mendapatkan komisi dari setiap pengunjung yang melakukan pembelian atau melengkapi data melalui link afiliasi atau banner afiliasi yang tersedia.

Untuk perhitungan komisi itu tergantung perusahaan yang bekerja sama dengan kamu. Biasanya kamu bisa diberikan komisi sebesar 25% hingga 50%.

4. Cara dapat uang dari Situs Membership

Selanjutnya yaitu dengan cara situs membership. Cara ini cukup menggiurkan lohh.. kita ambil contoh seperti Netflix, untuk bisa terus menonton tayangan dari platform streaming berbayar ini kamu mesti membayar setiap bulannya.

Sudah kebayangkan kamu akan mendapatkan uang setiap bulannya, dan tentunya traffic blog kamu juga akan meningkat. Kok bisa? Karena setiap pengunjung yang membayar layanan kamu, mereka akan selalu mengunjungi situs kamu secara teratur.

5. Cara dapat uang dari Penawaran Jasa

Cara mendapatkan uang di blog selanjutnya ialah dengan cara menawarkan jasa. Di blog, tidak selalu mengedepankan adsense sebagai sumber penghasilan. Kamu juga bisa menawarkan jasa kepada para pengunjung yang tentunya akan mendapatkan keuntungan. Seperti jasa penulisan artikel, jasa pembuatan website, jasa pembuatan desain dan masih banyak yang lainnya. Tentu yang sudah kamu kuasai yaa...

6. Cara dapat uang dari Jual Produk

Jika kamu memiliki bakat dalam berwirausaha, tentu ini menjadi peluang untuk bisa menghasilkan uang. Kamu bisa menjual berbagai produk melalui blog, entah itu produk digital atau produk fisik.

Tak hanya itu, jika kamu sangat ahli dalam menulis, kamu juga bisa memanfaatkan keahlian itu sebagai sumber penghasilan. Bagaimana caranya? Kamu bisa menulis berbagai macam tutorial yang tentu sangat dibutuhkan banyak orang, kemudian dijadikan e-book yang nantinya bisa dijual.

7. Cara dapat uang dari Webinar

Mungkin ini bukan cara terakhir untuk bisa menghasilkan uang, masih banyak cara lainnya yang tentu bisa menjadi sumber penghasilan. Tetapi karena kami hanya merangkum 7 cara saja, jadi bisa kami katakan ini cara terakhir yang sudah kami rangkum sebagai sumber penghasilan pada blog.

Okay kita balik ke pokok pembahasan, Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari blog yaitu dengan cara webinar. Jika kamu sudah merasa profesional dan ahli dalam bidang tertentu, kamu bisa membuka webinar yang bisa diikuti oleh banyak orang.

Di Webinar ini nantinya kamu akan berbagi ilmu dan pengalaman yang positif pada peserta. Tentunya peserta webinar harus membayar biaya tertentu untuk bisa mengikuti dan mendapatkan ilmu dari kamu. Menarik bukan?

Nah, itulah informasi tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog pemula. Mungkin cara ini hanya sebagian dari banyaknya cara mendapatkan uang dari blog. Setidaknya informasi ini dapat membangkitkan semangat untuk para blogger khususnya pemula untuk terus mengembangkan blog agar memiliki kualitas yang baik.

Memang untuk bisa mendapatkan uang dari blog tidaklah mudah, butuh banyak proses yang harus dilalui dan pastinya menguras pikiran dan tenaga. Tapi yakinlah, dengan kegigihan dan konsisten yang tinggi suatu saat kamu bisa berhasil. Karena usaha yang sungguh-sungguh akan memberikan hasil yang luar biasa. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 👍

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)