bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Cara Memperbaiki HP Kemasukan Air Paling Mudah

driacom.com - Handphone yang kemasukan air memang bisa membuat kita panik, bagaimana tidak? HP yang terkena air atau kemasukan air memang berpotensi rusaknya komponen yang ada di dalam handphone tersebut sehingga bisa menyebabkan HP mati total atau tidak bisa digunakan lagi.

Jika ini terjadi pada handphone Anda, jangan cemas dan panik! Ada beberapa cara memperbaiki HP yang kemasukan air yang paling mudah untuk Anda coba sebelum membawanya ke tempat servis. Pada kali ini driacom.com akan coba memberikan beberapa cara efektif untuk mengatasi hp yang kemasukan air, apa saja caranya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Cara Memperbaiki HP Kemasukan Air Paling Mudah

Cara Memperbaiki HP Kecebur

1. Amankan segera HP dari genangan air

Jika ponsel Anda jatuh ke dalam air, tentu hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengangkat dan mengamankan HP anda secepat mungkin. Hal ini dilakukan agar air yang masuk ke dalam ponsel tidak terlalu banyak.

2. Jangan langsung menyalakan HP

Hal penting yang harus Anda lakukan setelah mengamankan HP anda dari genangan air ialah jangan sekali-kali untuk mencoba menghidupkan ponsel. Karena kebanyakan orang yang panik akan langsung menghidupkan ponsel mereka untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak.

Padahal hal tersebut sangat beresiko, pasalnya saat ponsel anda terendam air, kemungkinan besar ada air yang masuk ke dalam beberapa bagian ponsel. Sehingga ketika Anda langsung menyalakan ponsel, akan rentan terjadinya korsleting atau kerusakan yang lebih luas. Dan jikalau ponsel Anda berada dalam keadaan hidup, segera matikan ponsel tersebut untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

3. Lepaskan beberapa bagian ponsel yang bisa dilepas

Langkah berikutnya ialah melepaskan bagian ponsel yang bisa dilepas, seperti melepas cover ponsel (softcase/hardcase), SIM card, memori card, serta melepas baterai jika ponsel Anda bukan tergolong baterai tanam. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut di area-area tersebut.

4. Keringkan seluruh bagian HP

Yang pertama harus Anda keringkan ialah bagian layar atau LCD. Sebab bagian ini termasuk bagian yang paling rentan terjadinya kerusakan apabila kemasukan air. Oleh sebab itu, jika dibiarkan terlalu lama bisa mengakibatkan munculnya titik atau bercak hitam di bagian layar LCD ponsel.

Untuk mengeringkannya anda bisa menggunakan lap kering atau tisu yang mudah menyerap air. Jangan coba-coba untuk mengeringkan ponsel menggunakan alat yang bisa memancarkan elektromagnetik yang berpotensi merusak ponsel kalian, seperti alat pengering rambut.

5. Kubur HP ke dalam beras beberapa hari

Cara unik ini terbilang cukup ampuh untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam HP, sebab beras memiliki sifat menyerap kelembaban yang membantu penyerapan air dari dalam ponsel lebih cepat dan mudah. Caranya cukup mudah :

  • Bungkus dan tutup rapat handphone anda dengan tisu,
  • Masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi beras,
  • Diamkan beberapa hari agar kering dengan sempurna,
  • Kemudian cek apakah ponsel bisa dinyalakan.

6. Gunakan Silica Gel

Selain beras, ternyata silica gel memiliki sifat yang sama yaitu mampu menyerap kelembaban. Pada perangkat elektronik, silica gel ini dipercaya mampu mencegah kelembaban dan pengembunan. Cara menggunakan nya hampir sama dengan metode penggunaan beras, anda cukup mengubur handphone anda di dalam tumpukan silica gel dan diamkan beberapa hari untuk memastikan semua air dapat terserap dan benar-benar kering.

7. Jangan simpan HP di freezer

Langkah penting yang terakhir ialah jangan memasukkan ponsel ke freezer. Banyak sekali yang mengira bahwa cara terbaik mengeringkan ponsel adalah dengan membungkusnya lalu memasukkan ke dalam freezer. Ternyata cara tersebut sangat tidak dianjurkan. Karena ketika air beku dari freezer tersebut meleleh dan mencair, itu malah akan menambah jumlah air yang masuk dan menyebar ke komponen lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan ponsel yang serius.

Itulah informasi penting terkait Cara Memperbaiki HP Kemasukan Air Paling Mudah, yang terpenting jika hp anda tercebur kedalam air, jangan panik, lakukan hal mudah seperti yang dijelaskan di atas sebelum terburu-buru membawa nya ke tempat servis. Membawa nya ke tempat servis adalah langkah terakhir, Apabila cara-cara di atas belum berhasil. Semoga artikel ini dapat bagi yang membacanya, khususnya bagi yang handphonenya kemasukan air. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut. Sekian dan terimakasih.


Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)