bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Adobe Lengkap

driacom.com - Tidak asing lagi ketika mendengar kata Adobe. Yeah banyak sekali produk Adobe yang sangat terkenal. Mungkin beberapa dari kita sudah familiar menggunakannya. Produk Adobe yang sangat terkenal diantaranya Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Adobe After Effect, dan masih banyak lagi Adobe yang lainnya. Nah, apakah teman-teman semuanya tau pengertian dan fungsi dari masing-masing Adobe tersebut?

Jika belum, mari kita kupas tuntas mengenai pengertian dan fungsi dari Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Adobe After Effect dan yang lainnya. Simak baik-baik penjelasan dibawah ini ya...

Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Adobe Lengkap

Macam-Macam Software Adobe Lengkap

1. Adobe Photoshop

Software Adobe yang akan pertama kita bahas ialah Photoshop. Mungkin dari sekian banyaknya software Adobe, Photoshop ini adalah software yang paling familiar. Photoshop merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk pengolahan foto atau gambar. Jadi software ini cocok bagi kalian yang kerja di dunia design.

Dengan adanya Photoshop memungkinkan semua orang mengedit gambar atau foto menjadi lebih bagus dan menarik. Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik jika dibandingkan dengan perangkat lunak lain sejenisnya. Dapat dikatakan juga tidak ada tandingannya. Format file Photoshop mampu untuk membaca dan mengedit gambar berformat raster dan vektor, seperti png, jpeg, gif dan lain sebagainya.

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai program editor grafis vektor yang sangat populer di kalangan desainer grafis, karena kualitas warna pada file output-nya sangat baik. Adobe Illustrator mampu menampilkan parameter warna cetak CMYK pada layar monitor RGB hampir 100% presisi dengan hasil cetaknya.

Pada desain grafis cetak (printing), Illustrator sangat berguna untuk menghasilkan bentuk-bentuk bangun geometris, pola/pattern, kurva dan sebagainya. Tidak hanya itu, pada desain grafis web pun illustrator ini dapat dimanfaatkan. Hanya saja illustrator tidak dapat dimanfaatkan untuk mengelola data-data bitmap atau hasil capture kamera secara optimal, karena illustrator didesain sebagai editor grafika vektor bukan raster.

3. Adobe Premiere

Adobe Premiere merupakan perangkat lunak penyunting video yang dikhususkan untuk membuat rangkaian gambar, audio dan video. Adobe Premiere ini banyak digunakan oleh rumah produksi video, media televisi, iklan, broadcasting dan perusahaan konten video.

Beberapa fitur yang ditawarkan dalam Adobe Premiere ini antara lain capture video, trim, titler, import dan export video. Tak hanya itu, lebih dari 45 Effect Video, 30 macam transisi, 12 Effect audio ditawarkan oleh Adobe Premiere ini.

4. Adobe After Effect

Adobe After Effects merupakah perangkat lunak profesional pengolah motion graphic (grafik gerak digital) yang digunakan untuk editing konten video serta efek visual.

Software ini sangat banyak digunakan karena mampu untuk memenuhi kebutuhan pembuatan video, konten multimedia, film, bahkan web. Kemampuan utama dari software ini yaitu dapat mengubah objek menjadi animasi.

5. Adobe Flash

Adobe Flash merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar.

Adobe Flash ini dirancang khusus oleh Adobe untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Sehingga sangat cocok untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik.

6. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi gambar. Software ini dirancang khusus untuk dunia fotografi, terutama dimanfaatkan oleh para fotografer untuk melakukan retouch ataupun memainkan gradasi warna pada foto agar lebih terlihat artistik.

Software ini mirip dengan Adobe Photoshop, hanya saja perbedaannya terletak pada variasi dan komposisi tonal warnanya.

7. Adobe Indesign

Adobe Indesign merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan karya seperti majalah, poster, brosur dan sebagainya. Artinya, Software ini berfokus pada hasil percetakan.

8. Adobe Audition

Adobe Audition merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus sebagai editor dan mixer dengan fasilitas pengolahan audio atau suara. Dengan software ini, pengguna bisa melakukan perekaman suara, editing suara, menambah efek suara dan menggabungkan berbagai track suara menjadi satu track. Software ini banyak digunakan oleh produser, stasiun radio, dan lain sebagainya.

9. Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat atau menyunting halaman web. Software ini banyak digunakan oleh para programmer, designer dan developer web. Software ini menyediakan 3 jenis tampilan yaitu Code View, Split View dan Design View.

10. Adobe Fireworks

Adobe Fireworks merupakan perangkat lunak paling populer yang digunakan untuk mendesain sebuah web. Software ini memberikan fasilitas desain secara visual dengan berbagai teknologi desain yang mumpuni untuk menghasilkan sebuah desain web yang baik.

11. Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam bentuk PDF. Saat ini sudah ada versi terbaru dengan nama Acrobat Reader DC.

Hanya dengan Adobe Acrobat Reader pengguna dapat melihat, mengumpulkan, menandatangani dokumen hingga berbagi PDF secara gratis.

12. Adobe Encore

Adobe Encore merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat DVD yang diproduksi oleh Adobe System. Menu DVD dapat dibuat dan diedit dalam Adobe Photoshop menggunakan teknik layering khusus.

13. Adobe Prelude

Adobe Prelude merupakan perangkat lunak yang dirancang agar bisa bekerja sama dengan Adobe Premiere. Software ini digunakan sebagai alat pencatatan untuk menandai media dengan metadata untuk mencari alur kerja pasca-produksi dan mengatur siklus hidup rekaman.

14. Adobe Bridge

Adobe Bridge merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur file di komputer atau laptop. Software ini bisa membantu kamu untuk menampilkan slideshow dan mengubah nama file dengan jumlah banyak sekaligus menggunakan batch rename.

15. Adobe Coldfusion

Adobe ColdFusion merupakan server perangkat lunak dan framework pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak komputer, khususnya situs web dinamis.

Nah itulah informasi terkait Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Adobe Lengkap yang perlu kalian ketahui. Untuk kalian yang belum mencoba beberapa software Adobe di atas, tunggu apalagi? Gunakan software Adobe diatas sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk semua yang membacanya. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)