bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

5 Software Animasi 2D dan 3D Gratis Terbaik 2021

driacom.com - Pada artikel sebelumnya kita sempat membahas 10 software animasi 3D yang cocok untuk pemula, namun rasanya tidak lengkap jika kita tidak membahas software animasi untuk 2 dimensi. Software animasi 2 dimensi ini dapat membantu anda dalam membuat karakter, latar belakang serta efek-efek dalam bentuk 2 dimensi.

Bagi Anda yang bergelut di dunia animasi 2D maupun 3D, tentu sangat membutuhkan software yang cocok untuk membuat animasi agar hasil animasi yang dihasilkan kan dapat sesuai dengan ekspektasi.

5 Software animasi 2D dan 3D Gratis Terbaik 2021

Software 2D

Saat ini sudah banyak software untuk membuat animasi yang tersebar di luar sana, namun dari banyaknya software tersebut tidak semua cocok untuk kebutuhan setiap orang. Karena setiap orang memiliki kemampuan dan imajinasi yang berbeda-beda.

Berikut ini kami rangkum 5 deretan software animasi 2D dan 3D gratis terbaik 2021 yang bisa anda gunakan baik untuk pemula ataupun yang sudah profesional.

1. Blender

Bagi kalian yang sudah lama terjun di dunia animasi mungkin sudah tidak aneh dan asing lagi ketika mendengar nama software animasi yang satu ini, yeah Blender.

Blender merupakan software animasi 3D yang bersifat open source, yang sudah pasti bisa anda gunakan secara gratis. Saat ini sudah banyak para animator menggunakan software ini, mulai dari animator pemula hingga animator profesional. Dan sudah banyak menghasilkan karya-karya animasi 3D yang berkualitas. Software ini dapat digunakan oleh berbagai platform mulai dari Windows, Linux dan lain sebagainya.

Kerennya, blender memiliki beberapa fitur yang keren yang tidak kalah dengan software animasi berbayar, diantaranya :

  • Mendukung berbagai jenis format file.
  • Memiliki tools modelling yang cukup lengkap, mulai dari sculpting, curve, modelling dan lain sebagainya.
  • Animasi tools dan rigging pada blender bisa dikatakan sangat cepat.
  • Menggunakan cycles rendering. Memiliki tools standar untuk membuat untuk membuat game 3D, membuat script dan editing video.
  • Didukung oleh alat simulasi yang kuat.
  • UI blender sangat human friendly, sehingga sangat mudah untuk disesuaikan sesuai dengan keinginan kita.

2. Toon Boom Harmony

Selanjutnya, salah satu software animasi yang yang cukup dikenal oleh para animator dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi kalau bukan Toon Boom Harmony.

Toon Boom merupakan salah satu software animasi 2 dimensi yang cukup user friendly, karena tampilan antarmuka dan tools yang disediakan di dalam software ini sangat mudah dimengerti dan digunakan oleh pemula. Meskipun terlihat sederhana, namun jika dipakai oleh para animator profesional maka akan menghasilkan karya animasi yang sangat luar biasa.

Perlu anda ketahui, bahwasannya software ini sudah sering digunakan oleh studio animasi ternama di dunia, seperti Universal Studio, Toei animation, Tezuka production, Dream works dan masih banyak lagi studio ternama yang memakai software ini.

Berikut ini beberapa fitur menarik yang disediakan oleh software Toon Boom ini :

  • Telah dilengkapi tools brush dan palette warna untuk gambar bitmap maupun vektor.
  • Terdapat fitur animasi tradisional (frame by frame).
  • Dapat mengontrol dengan baik saat Elemen 3D diintegrasikan dengan karakter 2D.
  • Terdapat fitur untuk membuat asset game 2D dengan mudah.
  • Sangat kompatibel dengan berbagai format pipelines.

3. OpenToonz

Sama halnya seperti Blender, OpenToonz juga merupakan software animasi yang bersifat open source, sehingga kita lebih leluasa untuk bisa mengubah atau memodifikasi kode software sesuai dengan keinginan kita.

Software ini sudah sering digunakan oleh studio-studio animasi ternama, seperti Kamikaze Douga, Studio madhouse, Studio Gibli dan Studio Ponoc.

Tak ingin kalah dengan yang lain, OpenToonz juga menawarkan beberapa fitur yang mumpuni, diantaranya :

  • Terdapat fitur untuk mengubah gaya gambar.
  • Fitur untuk membuat distorsi bergelombang.
  • Fitur untuk menghasilkan cahaya yang mendramatisir.
  • Fitur untuk memindai 4 jenis gambar dalam 1 produk sekaligus.

4. KeyShot

Software animasi selanjutnya yang bisa anda gunakan secara gratis yaitu KeyShot. Berbeda dengan blender, software ini dapat anda gunakan untuk membuat animasi 3 dimensi dan juga animasi 2 dimensi.

Salah satu kelebihan yang menjadi nilai tambah dari software ini ialah memiliki Real Time Rendering. Sehingga anda tidak butuh waktu lama untuk bisa melihat langsung hasil karya yang telah Anda buat, hal ini sangat menguntungkan karena dapat mengurangi durasi yang diperlukan untuk membuat sebuah produk yang berkualitas.

Adapun beberapa fitur yang ditawarkan oleh KeyShot, diantaranya :

  • Fitur Real Time Render Quality, berfungsi untuk memberikan hasil rendering yang maksimal.
  • Fitur tekstur dinamis, berfungsi untuk mensimulasikan tampilan landscape di dunia nyata.
  • Fitur kontrol kamera, berfungsi untuk mensimulasikan perilaku kamera di dunia nyata.
  • Fitur Fokus caustics, berfungsi untuk mengecek dan memastikan agar pencahayaan objek dilakukan dengan benar.
  • Bisa menggunakan mouse ataupun touchscreen untuk mengaksesnya.

5. Moho Pro 12

Software animasi terakhir yang akan kita bahas yaitu Moho Pro 12. Software ini merupakan salah satu software animasi untuk profesional.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh software moho Pro 12 ini yaitu memiliki sistem rigging 2D yang sangat baik karena bisa mengkombinasikan dengan alat animasi tradisional (frame by frame). Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan hasil profesional yang berkualitas dengan mudah dan cepat.

Software ini sempat digunakan pada pembuatan animasi penghargaan OSCAR, seperti Song of The Sea dan The Breadwinner.

Berikut ini fitur-fitur yang ditawarkan oleh moho Pro 12, diantaranya:

  • Desain UI yang sederhana dan intuitif.
  • Memiliki tools frame by frame.
  • Telah dilengkapi motion graphic.
  • Telah dilengkapi motion tracking.
  • Memiliki timeline profesional.
  • Dilengkapi dengan smart bones, bezier dan smart warp untuk mengoptimalkan animasi.

Itulah uraian singkat terkait 5 software animasi 2D dan 3D gratis terbaik 2021 yang bisa anda gunakan secara gratis. Sebagian besar dari software-software di atas yang kami kumpulkan merupakan software yang bersifat open source atau gratis. Jadi kalian tidak perlu khawatir terkait lisensi atau pun masalah biaya yang harus anda tanggung.

Bagi Anda yang senang dalam dunia animasi Anda bisa membuat video animasi buatanmu sendiri dengan mencoba beberapa software animasi yang telah kami rangkum di atas. Untuk mencobanya Anda bisa langsung mendownload software-software tersebut di website resminya masing-masing.

Tingkatkan kreatifitas anda dan mulailah mencoba membuat video animasi 2D ataupun 3D sebagai hasil karya anak bangsa.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat mencoba.


Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)