bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8
Bookmark

Simak Cara Investasi Reksadana di Usia 20 Tahun

Investasi, Reksadana, nabung

Setiap orang pasti ingin mempunyai kehidupan lebih mapan dan nyaman di masa depan. Karena itu harus menyiapkannya sejak masih muda. Salah satu caranya dengan mengelola keuangan dan berinvestasi. Cara investasi reksadana yang mudah dan cuan bisa menjadi alternatif sehingga generasi usia 20 bisa mempunyai kondisi finansial yang baik.  

Menjawab pertanyaan apa itu investasi reksadana bisa dijelaskan bahwa investasi ini merupakan produk yang cocok untuk investor pemula maupun profesional. Investor tidak harus terlibat langsung dalam pengelolaan dana sehingga bisa tetap fokus pada kesibukan lain namun bisa mendapatkan passive income dalam jumlah lumayan.

Cara Investasi Reksadana di Usia 20 Tahun

Di usia 20 tahun biasanya anak muda baru memulai karir dan sudah bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Ini merupakan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi. Sebelumnya perlu mengetahui cara investasi reksadana agar bisa mempertimbangkannya sebagai instrumen dalam mengembangkan aset yang baru mulai dikumpulkan. 

Belum semua anak muda paham mengenai apa itu investasi reksadana. Karena itu perlu mencari informasi terlebih dulu. Jenis investasi ini termasuk cuan dan memiliki resiko yang minim. Apalagi jika bisa mendapatkan manajer investasi terpercaya.

Manajer investasi adalah orang atau perusahaan yang bertujuan mengelola modal dalam bentuk reksadana. Cara investasi reksadana adalah: 

1. Buat rencana keuangan jangka pendek dan panjang

Tidak sedikit anak muda yang menyesal karena dari awal berkarir tidak membuat perencanaan keuangan. Akibatnya gaji yang diterima tidak jelas alokasinya, bahkan habis untuk hal yang tidak penting. Resikonya merasa sia-sia sudah bekerja keras karena tidak ada hasilnya. 

Untuk menghindari hal tersebut, dari awal harus membuat perencanaan keuangan baik jangka panjang maupun pendek. Sedangkan untuk jangka pendek misalnya mempunyai tabungan sekian juta sebelum satu tahun ke depan. Untuk jangka panjang contohnya membeli kendaraan dalam lima tahun ke depan, membeli rumah lima tahun ke depan dan lainnya. 

Perencanaan keuangan ini akan mendorong untuk teratur dalam menggunakan uang sehingga tidak habis sia-sia. Cara investasi reksadana yang simpel bisa menjadi pilihan terbaik bagi investor pemula, termasuk anak muda usia 20 tahunan yang baru awal berkarir. 

2. Pastikan mempunyai pos dana untuk investasi

Berkaitan dengan apa itu investasi reksadana, untuk bisa memiliki investasi ini perlu menyediakan dana khusus. Jika hanya mengandalkan sisa gaji di akhir bulan tidak akan bisa membeli produk investasi.

Tidak masalah memulai dengan dana yang terbatas asal konsisten dalam berinvestasi. Karena merupakan produk yang hasilnya baru bisa terlihat setelah beberapa waktu, investor harus bersabar sehingga modalnya bisa menghasilkan cuan. Cara investasi reksadana yang benar memang harus dengan teratur dan sabar. 

Pos dana untuk investasi sebaiknya dikeluarkan pada awal bulan setelah menerima gaji. Dengan mengalokasikan dana dari awal, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak berinvestasi karena tidak mempunyai uang. Cara investasi reksadana seperti ini akan membuat konsisten dan bisa cepat cuan. 

3. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang investasi

Terkait apa itu investasi reksadana, sedikit banyak sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya. Namun, tidak ada yang salah jika Anda harus mau mencari informasi sebanyak-banyaknya agar lebih mantap berinvestasi. 

Selain itu, dengan banyak informasi yang didapatkan, Anda pun mempunyai banyak pertimbangan dan semakin yakin untuk mengalokasikan dananya dalam bentuk investasi. 

Saat ini untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai produk investasi sangat mudah. Apalagi kesadaran masyarakat untuk berinvestasi semakin meningkat. Ini merupakan hal positif. Anak muda jangan sampai ketinggalan dan harus segera mulai berinvestasi. 

Perlu diketahui bahwa reksadana ada beberapa jenis, sebaiknya ketahui semua, termasuk kelebihan dan kekurangannya sehingga bisa memilih yang paling sesuai. Semua jenis investasi mempunyai resiko, jadi pertimbangkan sebelum mengalokasikan dana untuk hal tersebut. 

4. Tambah sumber pendapatan

Masa muda merupakan waktu yang tepat untuk mencoba banyak hal, termasuk mencari sumber pendapatan lain di luar gaji. Meski belum mempunyai banyak tanggungan bukan berarti bisa bersantai. Justru saat tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal sehingga ketika dewasa bisa mendapatkan kebebasan finansial. 

5. Belanja produk investasi secara berkala

Terakhir, belanja produk investasi secara berkala. Sebagaimana penjelasan mengenai apa itu investasi reksadana, untuk berhasil dalam berinvestasi harus dengan perencanaan tepat dan melakukannya secara berkala. 

Cara investasi reksadana sangat mudah, bahkan banyak bank yang menyediakan aplikasi investasi dengan sistem autodebet sehingga investor yang ingin berinvestasi secara berkala tidak perlu khawatir takut lupa. Setiap tanggal tertentu, sistem akan mendapat sejumlah uang yang telah ditentukan jumlahnya untuk dibelanjakan dalam produk investasi. 

Investasi Reksadana Pilihan Tepat untuk Anak Muda

Investasi, nabung, Reksadana

Setelah memahami cara investasi reksadana, saatnya Anda mencari tempat berinvestasi yang aman dan cuan. Sebagai alternatif bisa memilih Aplikasi digibank by DBS yang menyediakan berbagai produk investasi terpercaya. Dana yang diinvestasikan akan dikelola secara maksimal sehingga menghasilkan banyak keuntungan.

Tidak sulit untuk memahami apa itu investasi reksadana dan memulai berinvestasi. Reksadana di Aplikasi digibank by DBS merupakan pilihan tepat bagi investor pemula maupun profesional. Karena ditangani oleh manajer investasi terpercaya, dana yang diinvestasikan bisa menghasilkan banyak profit. Keunggulan Reksadana pada Aplikasi digibank by DBS adalah: 

  • Ada lebih dari 50 jenis produk investasi
  • Tersedia jenis investasi yang bisa dipilih menggunakan 3 fitur kategori yaitu: kinerja terbaik, terpopuler serta scoring terbaik.
  • Dapat memulai investasi dengan dengan modal terjangkau yaitu Rp 100.000
  • Bisa membeli produk secara berkala dan fleksibel
  • Semua transaksi mulai dari daftar SID (Single Investor Identification), jual beli dan switch produk dapat dilakukan dalam satu Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses dari smartphone
Pemahaman mengenai cara investasi reksadana bisa mendorong investor untuk segera mengalokasikan dananya pada instrumen cuan ini. Siapa pun, baik investor pemula maupun profesional berpotensi untuk mendapatkan profit maksimal dengan berinvestasi Reksadana, tertarik berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS? Cek caranya di sini https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana


Posting Komentar

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kritik dan saran yang membangun demi berkembangnya blog ini:)