bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

Tips SEO Paling Penting yang Blogger Harus Tahu

Tips SEO Paling Penting yang Blogger Harus Tahu - Bagi blogger membuat tulisan yang memberikan banyak manfaat untuk pembacanya seperti sebuah kepuasan tertentu. Tetapi, untuk meraihnya, hal pertama kali yang harus dilakukan oleh blogger ialah membuat tulisan mereka bisa diketemukan oleh pembaca diantara ‘lautan artikel' di internet.

Disini keutamaan optimisasi SEO (Search Engine Optimization) mempunyai tujuan supaya tulisan atau artikel bisa menempati ranking paling atas di hasil penelusuran Google. Dengan demikian, karena itu artikel yang dibikin berkesempatan besar agar bisa di-click dan dibaca oleh beberapa pemakai internet.
Untuk beberapa blogger, kemungkinan mengaplikasikan tehnik optimisasi SEO dirasakan terlampau susah, karena ada dua tipe optimisasi SEO yang perlu dilaksanakan, yakni optimisasi SEO On Page dan Off Page.

Manfaat SEO Untuk Web dan Blog

Disamping itu ada banyak manfaat yang dapat kamu dapatkan dari optimisasi SEO, yakni:

  • Meningkatkan trafik blog
  • Blog atau web jadi lebih populer
  • Meningkatkan penghasilan dari produk atau jasa yang dijajakan di blog, atau dari service iklan yang dipasang (Contoh Google AdSense).

Artikel ini akan membantu Anda mengaplikasikan beberapa tehnik SEO berdasarkan up-date algoritma terkini dari Google. Tehnik SEO selalu berbeda mengikuti up-date algoritma Google. Bila sepuluh tahun lalu artikel 300 kata yang dipenuhi keyword (stuffing kata kunci) dapat menempati rangking paling atas Google, sekarang tehnik SEO seperti itu tidak berlaku. Google selalu mengupdate algoritmenya untuk memberinya hasil penelusuran terbaik ke pemakainya. Hasil penelusuran yang sanggup jawab pertanyaan pencarian selengkapnya.

Tips SEO Paling Penting yang Blogger Harus Tahu

Tips seo

1. Meningkatkan Kecepatan Web

Kecepatan web ialah aspek khusus dalam SEO. Masalahnya Google sudah jadikan kecepatan web sebagai salah satunya faktor rangking yang penting. Tidaklah aneh, web yang lamban pasti membuat pengunjung frustasi dan memutuskan untuk keluar halaman blogmu.

Langkah yang dapat kamu kerjakan untuk meningkatkan kecepatan websitemu dengan menyingkirkan komponen yang bisa memperlambat loading. Misalkan dengan menonaktifkan plugin yang tak perlu, membereskan sidebar halaman web, dan yakinkan foto atau gambar yang kamu unggah tidak lebih dari 100 kb.

2. Selipkan Internal dan Outbound Link dengan Content yang Berkaitan

Internal link ialah link yang ke arah halaman lain di websitemu. Dan outbound link ialah kebalikannya, yakni link yang ke arah web lain di luar websitemu.
Menyelipkan baik internal atau outbound link ke tulisan, sama penting dalam optimisasi SEO. Seharusnya link yang kamu masukan ke arah content yang berkaitan. Khusus untuk outbound link, yakinkan web yang kamu beri link ialah web yang mempunyai rekam jejak yang bagus.

3. Buat Tulisan yang SEO dan Human Friendly

Menulis artikel yang gampang dicari oleh mesin perayap dengan mengaplikasikan aturan SEO penting, tetapi tidak boleh lupakan jika yang membaca tulisanmu ialah manusia.

Oleh karenanya, bikinlah tulisan yang ramah mesin perayap (SEO friendly) sekalian membuat manusia, sebagai pembacamu, berasa nyaman (human friendly). Langkah yang dapat kamu aplikasikan misalkan dengan memakai keyword yang pas pada tulisan, sesuaikan tipe dan ukuran font, dan jarak antara baris yang nyaman di mata pembaca, memasuk gambar simpatisan, dan yang lain.

4. Daftarkan Website ke Google Search Console

Kamu bisa memakai Google Analytics dan Google Search Console, atau software situs analysis yang lain untuk melakukan analisis performa websitemu. Dengan kontribusi web analysis, kamu akan ketahui berkenaan pengunjung blogmu.

Misalkan seperti pada mana mereka, bagaimana mereka terhubung blogmu, umur mereka, dan lain lain. Kamu dapat ketahui jumlah lawatan ke blogmu, halaman mana yang terbanyak didatangi.

Beberapa data itu bisa kamu gunakan untuk optimasi SEO pada tulisanmu. Salah satunya misalnya yakni saat data dari web analysis memperlihatkan jika mayoritas pengunjungmu memakai smartphone dalam terhubung situsmu, karena itu kamu harus memaksimalkan penampilan versus mobile situsmu.

5. Buat Meta Description yang Unik dan Berkaitan

Salah satunya tehnik optimisasi SEO penting yang kerap diacuhkan ialah membuat meta description. Walau sebenarnya meta description sebagai sisi pertama sesudah judul yang disaksikan users saat Google tampilkan hasil penelusuran.

Maksimalkan dengan membuat meta description yang unik dan berkaitan berisi artikelmu, yang bisa menarik pembaca. Unik dalam pengertian berlainan dari situs yang lain mengulas topik sama.

Untuk kamu pemakai WordPress, kamu dapat meng-install plugin Yoast, lalu scroll sampai ke bawah ke sisi kolom Meta Description.

6. Pakai URL yang Simpel dan Bisa Dibaca


Coba lihat contoh URL berikut ini:

www.seomaster.com/artikel270421

Apa kamu dapat menerka isinya? Saya percaya tidak. Demikian juga dengan pembacamu. Nah, bila pembacamu tidak bisa membaca dan pahami URL-mu, peluang Google pun tidak dapat.

Hal tersebut karena beberapa angka tidak memberinya panduan apapun mengenai topik yang diulas dalam content. Harus diingat jika Google ikuti pengetahuan pemakainya. Karena itu, benar-benar tidak direferensikan memakai URL semacam itu.

Bikinlah URL yang simpel dan bisa dibaca semacam ini:

www.driyacom.com/optimasi-seo-off-page

Disamping itu, berikut sejumlah tips optimisasi pembikinan URL:

  • Jauhi memakai angka
  • Tidak memakai huruf kapital
  • Jauhi pemakaian watak lain selainnya dash (-)

7. Gunakan Media Sosial Untuk Memperoleh Social Signal

Sosial media jadi elemen simpatisan penting dalam optimisasi SEO. Dengan membagi tulisanmu di sosial media yang kamu punyai, maka membuat social signals yang punya pengaruh pada rangking hasil mesin perayap.

Social signals ialah sebuah patokan atau penilaian sebuah web berdasar like, sharing, subscribe, vote, pin, follower. Beberapa pakar SEO sudah menunjukkan jika social signals punya pengaruh otomatis pada rangking sebuah web.

Yang bisa kamu kerjakan untuk memperoleh social signals ialah:

Bikinlah tulisan atau artikel yang berguna dan pantas untuk dibagi di semua basis media sosialmu.

Pastikanlah kamu mempunyai tombol sharing ke sejumlah sosial media pada tulisanmu.

Meminta seseorang untuk membagi tulisanmu.

Mention dan kaitkan sosial media influencer dalam tulisanmu dan beritahukan mereka.

8. Pakai Kata Kunci yang Pas pada Gambar

Gambar penting dalam optimisasi SEO. Selain tulisan, Google menampilkan gambar pada halaman hasil penelusuran atas keyword yang dipakai.

Karena itu, kamu harus juga melakukan optimisasi dengan tempatkan keyword yang pas pada gambar, seperti di bagian alt teks dan judul gambar. Dianjurkan untuk menukar nama file gambar saat sebelum diunggah dengan keyword yang ditarget, supaya Google lebih gampang mendeteksinya.

9. Bikinlah Tulisan Secara Rutin

Mesin perayap Google sudah menambah fresh faktor dalam melakukan penilaian rangking web. Satu diantaranya yakni dari berapa kerap satu web melakukan up-date atas isinya.

Content yang diupdate secara stabil akan memperoleh fresh skor dari Google, dibanding content yang jarang-jarang diupdate.

Penutup

Melakukan optimisasi SEO memanglah tidak gampang, dan hasilnya juga tidak instant. Tetapi bila kamu stabil, karena itu kamu akan memperoleh lebih beberapa pengunjung ke blogmu. Tentu saja kamu harus juga tingkatkan kualitas tulisan yang kamu bikin supaya memberikan manfaat semakin banyak ke beberapa pembacamu. Selamat mempraktikkan!

Related Posts

Related Posts

Post a Comment