bn2v154MDaRwUuRjzbo7E5tA7HFKoHvHqpphWhL8

5 Perbedaan Antara Blog dan Website, Jangan Sampai Tertukar!

Apa itu blog dan website?

Blog dan website merupakan media yang digunakan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dalam menyampaikan informasi baik berupa teks, gambar, video ataupun audio kepada banyak orang.

Mungkin sebagian dari kalian masih bingung dengan perbedaan blog dan website. Sehingga kamu bingung menentukan mana platform yang terbaik yang cocok untuk kamu pilih.

Nah, sebelum mengetahui perbedaan keduanya secara mendalam, hal pertama yang harus kamu cari tau ialah tentang pengertian blog dan website itu sendiri. Baiklah, kita ulas sedikit mengenai definisi blog dan website.

Pengertian Singkat Blog dan Website

Blog merupakan singkatan dari web log yang berisi konten seperti opini, pengalaman atau aktivitas penulis. (Sumber : Hubspot)

Contoh blog itu seperti : 

  • www.driacom.com
  • www.mastimon.com
  • www.masvalven.com
  • Dan masih banyak yang lainnya

Website merupakan kumpulan halaman online yang terhubung dalam satu domain, biasanya dikelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi atau pemerintah. (Sumber : Merriam Webster)

Contoh website itu seperti :

  • www.facebook.com
  • www.wordpress.com
  • www.blogger.com
  • www.twitter.com
  • Dan masih banyak lainnya

5 Perbedaan Antara Blog dan Website, Jangan Sampai Tertukar!

Blog dan website

1. Segi Pengguna

Dari segi pengguna nya, blog biasanya digunakan oleh kalangan masyarakat umum yang ingin menyalurkan bakat menulisnya kepada banyak orang. Seperti menceritakan pengalaman hingga aktivitas sang penulis yang memiliki nilai positif.

Sebaliknya, website biasanya dikelola oleh kalangan profesional atau perusahaan yang membutuhkan media untuk menginformasikan sesuatu kepada banyak orang melalui internet.

2. Tipe Konten

Perbedaan yang signifikan antara blog dan website dapat dilihat dari segi konten yang disuguhkan. Blog cenderung mempublikasikan konten yang berisi artikel, video atau aktivitas penulis yang menceritakan tentang bermacam-macam topik/tema yang diminati oleh pemilik blog.

Sedangkan website akan memberikan konten yang berisi informasi tertentu secara detail tentang produk, jasa ataupun profil perusahaan.

3. Gaya Bahasa

Untuk penggunaan bahasa pun cukup berbeda. Penggunaan gaya bahasa pada blog biasanya lebih personal, tujuannya agar pembaca tidak bosan ketika membaca artikel yang ada pada blog. Jadi tidak ada batasan terkait gaya bahasa, yang terpenting sopan dan dapat dipahami.

Penggunaan gaya bahasa pada website biasanya menggunakan bahasa yang lebih formal dan profesional. Tujuannya agar membangun citra perusahaan yang baik di mata pengunjung ataupun kompetitor yang serupa.

4. Arah Komunikasi

Perbedaan selanjutnya terdapat pada arah komunikasi. Untuk arah komunikasi pada blog cenderung lebih interaktif, karena pengunjung blog bisa memberikan komentar pada setiap postingan artikel yang dirilis. Tak hanya itu, para pengunjung blog juga bisa membagikan artikel tertentu melalui berbagai media.

Berbeda dengan website, arah komunikasi pada website cenderung lebih ke satu arah. Karena biasanya website tidak menyediakan kolom komentar pada kontennya. Tetapi website menyediakan call center perusahaan yang dapat membantu pengunjung mengetahui lebih lanjut terkait konten tertentu.

5. Fitur Subscribe

Fitur subscribe pada halaman blog bertujuan agar tidak ketinggalan update konten terbaru. Jadi pembaca atau pengunjung blog bisa mendapatkan notifikasi setiap ada artikel atau konten terbaru.

Beda halnya dengan website, fitur subscribe pada halaman website digunakan untuk mengirimkan newsletter yang berisi produk, layanan baru atau jasa baru yang ditawarkan.

Baca Juga :

Nah itulah 5 perbedaan antara blog dan website yang paling dasar. Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, apakah kamu sudah menentukan platform mana yang lebih baik untuk kamu gunakan?

Sebenarnya blog dan website sama saja, karena keduanya sama-sama penting untuk menjalankan bisnis online. Jadi kamu harus selektif dalam memilih mana yang cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu.

Dengan memahami perbedaan kedua media ini, setidaknya dapat menjadi pertimbangan dalam memilih media tersebut. Jika masih bingung, kamu bisa kirimkan komentar pada kolom yang tersedia.

Semoga bermanfaat,

driacom.com




Related Posts

Related Posts

Post a Comment